Pakistan Panik, 900 Anak Terjangkit HIV/AIDS Dipicu Ulah Dokter

Senin 28 Oktober 2019, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kepanikan terjadi di Pakistan disebabkan wabah HIV/AIDS menyerang hampir 900 anak-anak di kota kecil Ratudero.

Sejak diberitakan pada April 2019 oleh jurnalis lokal, Gulbahar Shaikh bahwa penyebaran HIV disebabkan oleh ulah dokter anak satu-satunya di kota itu, Muzaffar Ghanghro yang menggunakan jarum suntik bekas kepada anak-anak.

Sejak saat itu sekitar 1.100 warga atau satu dari setiap 200 penduduk mengidap virus HIV dan hampir 900 yang terjangkit berada di bawah usia 12 tahun.

Penyelidikan yang dilakukan oleh pemerintah Ratudero menemukan bahwa banyak anak terinfeksi HIV telah pergi ke dokter yang sama.

Dugaan penggunaan jarum suntik bekas terkuat setelah Imtiaz Jalbani yang berprofesi sebagai buruh menyampaikan kekhawatirannya ketika melihat Ghanghro menggeledah tempat sampah untuk kembali menggunakan jarum suntik pada putra Jalbani, Ali berusia 6 tahun yang juga terinfeksi.

Ghanghro ditangkap dan didakwa polisi karena kelalaian, pembunuhan, dan menyebabkan kerusakan tidak disengaja.

Menurut laporan CNN pada Senin, 28 Oktober 2019, Ghanghro belum dihukum dan masih bekerja sebagai dokter umum di rumah sakit pemerintah di pinggiran Ratudero.

Ganghro juga bersikeras tidak bersalah dan mengaku tidak pernah menggunakan jarum suntik bekas.

Petugas kesehatan mengatakan praktik dokter anak tidak mungkin menjadi satu-satunya penyebab wabah. Tukang cukur yang menggunakan pisau cukur yang sama ke wajah banyak pelanggan dan dokter gigi pinggir jalan yang meratakan gigi pasien dengan alat yang tidak steril disinyalir turut menjadi pemicu wabah ini.

Praktik tidak higienis ini lazim di seluruh Pakistan dan cenderung lebih umum terjadi di Ratudero, kota temiskin di Pakistan dengan tinggat buta huruf tinggi.

Dari 2010 hingga 2018, jumlah positif HIV di Pakistan hampir dua kali lipat menjadi 160.000 menurut UNAIDS, satuan tugas PBB untuk penanganan penderita HIV dan AIDS.

Pada 2016, wabah HIV AIDS menimpa sekitar 1.500 pria dewasa yang melakukan hubungan seks dengan pekerja seks terinfeksi. Tetapi wabah tahun ini di Ratodero adalah pertama kalinya anak-anak menjadi korban paling banyak dalam skala besar.

Untuk mengatasi wabah HIV/AIDS, pemerintah Pakistan pada Mei lalu mulai menutup klinik dokter yang tidak memenuhi syarat dan bank darah ilegal karena banyak ditemukan penggunaan jarum suntik. Namun penduduk setempat melaporkan beberapa bulan kemudian, beberapa klinik telah kembali dibuka.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi