Cerita YouTuber Alat Pancing Asal Sukabumi: Sempat Diejek, Kini Hasilkan Rupiah

Senin 18 Juli 2022, 12:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Memulai karier di dunia YouTube sejak 2017, Jovi Riadi Rachman sukses meraih puluhan ribu subscribers lewat konten review produk alat pancingnya. Pria berusia 29 tahun ini merupakan warga Kampung Cibeber Hilir RT 01/18 Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Meski semula tak sengaja, Jovi mengeklaim dirinya adalah pionir dalam mengulas produk alat pancing di platform berbasis video tersebut. Di awal kariernya, Jovi yang juga memiliki toko alat pancing, iseng membuat video sebuah reel pancing berkonsep ala-ala unboxing. Videonya ini ternyata disukai banyak orang.

"Kebetulan ayah saya juga hobi mancing dan punya usaha toko pancingan. Dari sini, kegemaran ayah turun ke saya," kata Jovi kepada sukabumiupdate.com, Senin (18/7/2022).

Baca Juga :

Di tahun kelimanya menjadi YouTuber, Jovi sudah menghasilkan 991 video dengan 96 ribu subscribers di kanal YouTube-nya, Jovi Riadi Rachman. Dari platform ini, Jovi menghasilkan pendapatan kurang lebih Rp 5 juta per bulan. Angka ini belum dihitung dengan nominal endorse yang masuk ke dirinya.

"Sempat ingin menyerah, karena pertama gajian itu setelah setahun jalan. Tapi alhamdulillah istri support terus," ujarnya.

Perjalanan Jovi menjadi content creator YouTube tidaklah mudah. Dia harus menjalani fase mendapat ejekan "hey guys" oleh teman-temannya. Jovi pun sempat membuat video hanya bermodalkan handphone dan meminjam alat pancing ke sejumlah toko di sekitar Sukabumi-Bogor, untuk konten review-nya.

"Kalau komentar-komentar negatif udah sering, tapi ya terus aja berkarya. Gak terlalu peduli sama komentar negatif penonton," kata dia.

Jovi berpesan kepada warga Sukabumi, khususnya kaum muda yang ingin berkarier menjadi content creator YouTube, untuk sedini mungkin menentukan tujuan dan fokus konten yang akan dibuat. Konsistensi juga menjadi salah satu hal yang mesti dipegang selama menggeluti dunia kreatif ini.

"Kalau gak ada alat, pakai yang seadanya aja. Jangan ngacak, fokus ke satu tema aja. Kalau bisa juga cari yang beda dari akun lain, karena sedikit berbeda itu lebih baik, dibanding sedikit lebih baik," ucap Jovi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa