TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Istirahat Seminggu dari Medsos Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Individu?

Dede Imran
Penulis
Rabu 25 Mei 2022, 14:30 WIB
Istirahat Seminggu dari Medsos Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Individu?

SUKABUMIUPDATE.com - Berhenti bermain media sosial atau medsos selama seminggu saja dapat menyebabkan peningkatan signifikan dalam kesejahteraan, mengurangi depresi dan kecemasan seperti diketahui dari hasil penelitian.

Mengutip dari Tempo.co, studi yang dilakukan oleh tim peneliti di Universitas Bath, Inggris, itu mempelajari efek kesehatan mental dari istirahat media sosial selama seminggu.

Untuk beberapa peserta dalam penelitian, ini berarti membebaskan sekitar sembilan jam dalam seminggu yang seharusnya dihabiskan untuk bermain Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

Hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal AS Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, itu menunjukkan hanya satu minggu libur dari media sosial meningkatkan kesejahteraan individu secara keseluruhan serta mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Baca Juga :

Untuk penelitian ini, para peneliti secara acak mengalokasikan 154 orang berusia 18-72 tahun yang menggunakan media sosial setiap hari ke dalam kelompok intervensi, di mana mereka diminta untuk berhenti bermain semua media sosial selama satu minggu, atau kelompok kontrol, yang dapat terus bermain seperti biasa. 

Pada awal penelitian, skor dasar untuk kecemasan, depresi, dan kesejahteraan pun diambil.

Peserta melaporkan menghabiskan rata-rata 8 jam per minggu di media sosial pada awal penelitian. Satu minggu kemudian, peserta yang diminta beristirahat satu minggu mengalami peningkatan kesejahteraan, depresi, dan kecemasan yang signifikan dibandingkan yang terus menggunakan media sosial, menunjukkan manfaat jangka pendek.

Peserta yang diminta untuk istirahat satu minggu dilaporkan menggunakan media sosial selama rata-rata 21 menit dibandingkan dengan rata-rata tujuh jam bagi yang berada di kelompok kontrol. Statistik penggunaan layar disediakan untuk memeriksa individu telah mematuhi jeda.


Dede Imran
Editor
Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini