7 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Kamis 07 Desember 2023, 05:08 WIB
Pantai di Labuan Bajo. (Sumber : Pixabay.com/ Javaistan)

Pantai di Labuan Bajo. (Sumber : Pixabay.com/ Javaistan)

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun 2023 sebentar lagi akan usai, apakah kamu sudah merencanakan liburan akhir tahun? Setelah menjalankan rutinitas setahun penuh, tentunya liburan menjadi salah satu aktivitas yang dibutuhkan. Liburan biasa dilakukan untuk kembali me-recharge energi, serta sarana untuk healing bagi sebagian orang.

Jika kamu masih bingung mau liburan ke mana, inilah 7 rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang mungkin bisa jadi inspirasi kamu seperti dikutip dari laman Indonesia travel:

1. Tanjung Kelayang

Di bagian utara Kepulauan Bangka Belitung terdapat destinasi wisata yang dikenal sebagai Tanjung Kelayang. Awalnya merupakan wilayah terpencil, Tanjung Kelayang kini telah mengalami transformasi menjadi kawasan resor terpadu dan menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia.

Destinasi ini juga menyimpan berbagai keindahan tersembunyi yang dapat dinikmati, seperti Pulau Kepayang dengan pesonanya di bawah laut, Pulau Batu Berlayar yang menampilkan batu-batu eksotis, dan Pulau Lengkuas yang memukau dan menjadi salah satu ikon.

2. Gunung Bromo

Destinasi yang terletak di Jawa Timur ini menyuguhkan campuran antara kawah, padang pasir, dan perbukitan dengan pemandangan yang memukau dan mengagumkan. Di Gunung Bromo, kita dapat melakukan berbagai kegiatan menarik, seperti menjelajahi daerah gunung menggunakan mobil jip atau mengejar matahari terbit.

Baca Juga: 5 Pemandian Air Panas di Sukabumi, Cocok Jadi Lokasi Liburan Akhir Tahun

3. Labuan Bajo

Terdapat di Nusat Tenggara Timur, Labuan Bajo wajib menjadi salah satu list liburan kamu. Labuan Bajo, dikenal sebagai pintu masuk ke Taman Nasional Komodo, telah menjadi destinasi wisata utama, terutama bagi para wisatawan internasional.

Kamu dapat menikmati keindahan Pink Beach dengan pasirnya yang menakjubkan, melakukan trekking ke Pulau Padar untuk menikmati panorama bukit dan pantai yang luar biasa, merasakan keajaiban tersembunyi dari Goa Rangko, dan tentu saja, menyaksikan secara langsung komodo, hewan endemik yang sangat istimewa.

4. Mandalika

Dari Nusa Tenggara Timur, selanjutnya kita beralih ke tetangganya yaitu Nusa Tenggara Barat. Selain terkenal berkat penyelenggaraan MotoGP, Mandalika juga memiliki beragam tempat yang indah, terutama pantai-pantainya yang eksotis.

Kamu bisa menyaksikan keindahan Pantai Mawun dengan pasir putih yang mempesona, Pantai Semeti dengan kombinasi tebing batu terjal yang cantik dan air laut biru, serta Pantai Mawi yang merupakan salah satu destinasi favorit bagi para peselancar.

5. Danau Toba

Terletak di Sumatera Utara, Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia dengan keindahannya yang luar biasa. Di sekitarnya juga terdapat tempat menarik seperti Desa Paropo dan Air Terjun Situmurun.

6. Morotai

Di Indonesia Timur, tepatnya Maluku Utara terdapat surga tersembunyi bernama Morotai. Keindahan surga tropis ini di Maluku Utara tidak hanya mencakup keanekaragaman spesies ikan dan terumbu karang, tetapi juga pulau-pulau dengan pantai yang menawan, menciptakan pengalaman wisata bahari yang lengkap. Beberapa tempat menarik di Morotai yaitu Pulau Dodola dan Pulau Kokoya.

7. Likupang

Yang terakhir ini berada di Sulawesi Utara. Keelokan Keindahan alamnya dapat dinikmati dapat membuat kamu enggan untuk pulang. Likupang menawarkan beragam resor dan hotel mewah, tempat-tempat wisata yang instagramable, serta surga tersembunyi di sekitarnya.

Itulah 7 tempat wisata yang wajib ada pada daftar liburan akhir tahun mu. Tertarik kesana?

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra