15 Alun-alun di Jawa Barat yang Jadi Tempat Favorit Ngabuburit di Bulan Ramadan

Jumat 07 April 2023, 10:00 WIB
Berikut deretan alun-alun di Jawa Barat yang menjadi tempat favorit ngabuburit di bulan Ramadan | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Berikut deretan alun-alun di Jawa Barat yang menjadi tempat favorit ngabuburit di bulan Ramadan | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Di Jawa Barat terdapat banyak sekali alun-alun, hampir setiap Kota dan Kabupaten di Jawa Barat memiliki alun-alun yang ditata dengan rapi dan banyak dikunjungi warganya.

Sebagai ruang publik, alun-alun kerap dimanfaatkan untuk berbagai hal mulai dari rekreasi, tempat olahraga, bahkan tempat berkumpul menghabiskan waktu.

Contohnya di bulan Ramadan alun-alun kerap dimanfaatkan menjadi lokasi favorit untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Selain karena tempatnya yang cocok dijadikan tempat berkumpul, alun-alun juga banyak dipilih karena dianggap sebagai tujuan rekreasi yang murah meriah.

Baca Juga: 7 Tempat Berburu Takjil di Kota Sukabumi, Sekalian Ngabuburit

Dari banyaknya alun-alun di Jawa Barat, berikut 15 alun-alun di Jawa Barat yang memiliki sarana dan prasarana memadai sehingga banyak dipilih menjadi tempat favorit ngabuburit yang dikutip dari laman disparbud.jabarprov.go.id.

1. Alun-Alun Kota Bandung

Alun-alun Kota Bandung sudah dibangun sejak lama. Ruang publik ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh warga sekitar maupun wisatawan lokal dan mancanegara.

Lokasi Alun-Alun Kota Bandung berada tepat di halaman Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Selain itu, alun-alun tersebut juga berdekatan dengan Jl Braga dan Jl Asia Afrika yang selalu ramai pengunjung di sore maupun malam hari.

Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat

Baca Juga: Bunker Peninggalan Jepang, Spot Wisata Edukasi Hingga Ngabuburit di Waluran Sukabumi

2. Alun-Alun Kabupaten Sumedang

Alun-Alun ini berada di dekat Keraton Sumedang Larang dan berdiri persis di depan Masjid Agung Sumedang. Lokasinya sangat strategis sehingga mudah diakses oleh para pengguna jalan.

Dahulu, Alun-Alun Sumedang hanya berupa tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan serta pepohonan di sekelilingnya.

Namun pada 2020 lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempercantik ruang publik ini dengan membangun taman, kolam, sarana permainan anak, dan juga lampu berwarna-warni yang menjadi daya tarik di malam hari.

Alamat: Alun-Alun, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Baca Juga: Nikmati Serunya Ngabuburit Sambil Mancing di Pantai Muara Citepus Sukabumi

3. Alun-Alun Kota Bogor

Alun-Alun Kota Bogor dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektar dan bersebelahan dengan Stasiun Kota Bogor. Selain aksesnya yang mudah, Alun-Alun Bogor juga memiliki keunggulan dari segi fasilitas seperti tempat bermain serta sarana olahraga.

Pada sore hari, banyak pedagang yang mencari rezeki di sekitar Alun-Alun Kota Bogor. Dengan kondisi tersebut, tak salah jika menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot favorit untuk ngabuburit.

Alamat: Jl. Kapten Muslihat No.17 A, RT.04/RW.06, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Baca Juga: 6 Film Lawas Warkop DKI Tayang di Netflix, Cocok Ditonton untuk Ngabuburit

4. Alun-Alun Cibinong Kabupaten Bogor

Alun-Alun ini berbeda dari yang lain. Sebab lokasinya berdekatan dengan sebuah danau buatan sehingga menambah asri suasana di sekitar alun-alun.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga melengkapi ruang publik ini dengan sarana jogging track serta permainan anak. Alun-Alun Cibinong tentu jadi pilihan tepat jika ingin berekreasi bersama keluarga dan teman-teman.

Alamat: Jl. Kayu Manis No.10, Cirimekar, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Bukber di Sukabumi untuk Bulan Ramadan Ini

5. Alun-Alun Kota Bekasi

Kota Bekasi memiliki alun-alun yang bagus dan luas setelah revitalisasi yang dirampungkan pada 21 Februari 2022 lalu. Lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan Masjid Agung Al Barkah serta pusat jajanan kuliner sehingga sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin berbuka puasa dan melanjutkannya dengan ibadah salat maghrib.

Oleh Pemprov Jabar, secara resmi ruang publik ini dinamakan Alun-Alun M Hasibuan. Nama tersebut diambil dari Madmuin Hasibuan, salah satu tokoh penting di peradaban Bekasi.

Alamat: Jl. Pramuka No.59, RT.006/RW.006, Marga Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat

Baca Juga: 8 Rekomendasi Menu Bukber Bareng Teman di Rumah, Yuk Dicoba!

6. Alun-Alun Kabupaten Kuningan

Kabupaten Kuningan juga memiliki alun-alun yang indah. Rampungnya revitalisasi Alun-alun Kuningan ini ditandai dengan peresmian yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Bupati Kuningan Acep Purnama, 30 Januari 2022 lalu.

Di bagian depan alun-alun terdapat sebuah kolam air mancur dengan tiga patung kuda yang menjadi simbol Kabupaten Kuningan. Masuk ke bagian dalamnya, ada area amphitheater yang difungsikan sebagai tempat pertunjukan.

Sementara di bagian belakang, terdapat food court yang menjajakan berbagai macam kuliner hingga area khusus untuk pelaku UMKM.

Alamat: Alun-Alun, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Baca Juga: 5 Ide Outfit Bukber Perempuan: Untuk Acara Keluarga hingga Bareng Pasangan

7. Alun-Alun Kabupaten Majalengka

Lokasi alun-alun ini sangat strategis karena berada persis di seberang Kantor Bupati Majalengka dan Masjid Agung Al-Imam Majalengka.

Bangunannya dibuat sangat estetik karena didominasi warna khas terakota atau batu bata merah. Selain itu disediakan lapangan rumput sintetis yang membuat alun-alun ini menjadi lebih nyaman.

Alun-Alun Majalengka sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun keberadaannya dipercantik dan hasil revitalisasinya diresmikan Gubernur Ridwan Kamil pada 21 April 2021 lalu.

Alamat: Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Baca Juga: 7 Rekomendasi Menu Bukber Murah Meriah, Persiapan Puasa Ramadan 2023

8. Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon

Sebelum direvitalisasi, Alun-Alun Kejaksan hanya berupa lapangan yang kerap digunakan untuk upacara. Setelah direvitalisasi, Alun-Alun Kejaksan punya banyak keunggulan yang sangat istimewa.

Salah satunya adalah basement yang bisa menampung 70 mobil dan 120 motor. Selain itu dibuat shelter UMKM dan ekonomi kreatif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Alun-alun ini juga didesain sedemikian rupa agar mirip dengan bangunan keraton khas Cirebon.

Alamat: Jl. Tanda Barat II No.Samping, alun-alun, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat

Baca Juga: Berburu Takjil, Alun-Alun Palabuhanratu Jadi Tempat Langganan Bukber

9. Alun-Alun Sangkala Buana Kota Cirebon

Alun-Alun Sangkala Buana dibangun dengan konsep unik dengan empat pintu gerbang. Di bagian barat, berhadapan langsung dengan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Sementara di bagian selatan alun-alun, terdapat kompleks Keraton Kasepuhan yang sudah berdiri sejak berabad-abad silam.

Di bagian timur dan utara, berjejer rumah makan, kafe, hingga Tugu Poci yang menyajikan teh khas Cirebon. Di dalam alun-alun juga terdapat kios UMKM sehingga sangat memudahkan bagi siapapun yang ingin ngabuburit serta melanjutkan berbuka puasa di Alun-Alun Sangkala Buana

Alamat: Jl. Kasepuhan, Kasepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon

Baca Juga: 7 Takjil Khas Jawa Barat, Teman Nikmat Berbuka Puasa Ramadan

10. Alun-Alun Paamprokan Kabupaten Pangandaran

Alun-Alun Paamprokan kini menjadi salah satu tempat favorit warga untuk ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. Tidak sedikit warga yang berdatangan menunggu waktu magrib tiba sambil berekreasi dan berburu jajanan kaki lima.

Selain warga lokal, wisatawan juga banyak yang menyempatkan diri untuk menikmati Alun-Alun Paamprokan dengan berswafoto. Ini tentunya menambah deretan destinasi wisata yang ada di sekitar Pantai Pangandaran.

Alamat: Jl. Pamugaran No.16, Wonoharjo, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat

Baca Juga: 3 Manfaat Kolang Kaling yang Kerap Hadir Jadi Menu Takjil Puasa Ramadan

11. Alun-Alun Pangbagea Kabupaten Pangandaran

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meresmikan Alun-Alun Pangbagea di Kabupaten Pangandaran, 20 Februari 2022. Peresmian dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ibu Atalia Praratya serta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Dengan beragam kegiatan yang nantinya bisa digelar di alun-alun ini, diharapkan dapat ikut mengangkat pemulihan ekonomi bagi masyarakat Pangandaran.

Tak hanya itu, Alun-Alun Pangbagea diharapkan bisa menjadi daya tarik wisata yang ramai dikunjungi selain Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran.

Alamat: Jl. Parigi Raya, Cintakarya, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat

Baca Juga: 7 Ide Ngabuburit Nunggu Buka Puasa, Isi dengan Kegiatan Positif yang Bermanfaat

12. Alun-Alun Kabupaten Garut

Alun-Alun Garut yang terletak di Jalan Ahmad Yani kini sudah memiliki wajah baru. Usai direnovasi, Alun-alun Garut mengalami banyak perubahan seperti penambahan amphitheater, playground, tempat bermain anak, hingga tribun dan selasar.

Ruang publik ini sekarang menjadi primadona untuk warga Garut. Banyak yang mengunjunginya sekadar untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Alamat: Jl. Ahmad Yani No.22, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Baca Juga: Ngabuburit Melihat Laut Lepas dari Tanjakan Dini Geopark Ciletuh Sukabumi

13. Alun-Alun Singaparna Kabupaten Tasikmalaya

Warga Kabupaten Tasikmalaya kini memiliki tempat favorit baru sebagai ruang publik, terutama untuk ngabuburit di bulan Ramadan. Tempat tersebut adalah Alun-Alun Singaparna yang memiliki tampilan baru usai direvitalisasi.

Alun-Alun tersebut kini dilengkapi amphitheater, plaza, jogging track, dan arena bermain anak. Di sisi sekitar alun-alun, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan takjil hingga makanan berat untuk keperluan berbuka puasa.

Alamat: Jl Garut-Tasikmalaya, Singasari, Kec. Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

Baca Juga: Alun-alun Palabuhanratu Sukabumi Dipadati Warga, Ngabuburit Hingga Berburu Takjil

14. Alun-Alun Kota Depok

Alun-Alun Depok selalu ramai dikunjungi masyarakat. Tak hanya di waktu ngabuburit, ruang publik ini juga menjadi destinasi favorit sebelum datangnya Bulan Ramadan.

Alun-alun Kota Depok dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari green house, kolam retensi, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), mushola, toilet, parkir pengelola, jembatan, sculpture hingga lapangan basket dan lapangan futsal.

Terdapat pula sejumlah sarana olahraga lain, seperti BMX park, outdoor gym, skatepark, serta wall climbing.

Alamat: Jl. Boulevard Grand Depok City No.25, Jatimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat

15. Alun-Alun Kota Sukabumi

Letak Alun-alun Kota Sukabumi berada tepat di depan Masjid Agung Kota Sukabumi. Sekarang lokasinya terintegrasi dengan Lapangan Merdeka Kota Sukabumi sehingga terlihat semakin megah.

Masyarakat menjadikan tempat tersebut sebagai lokasi favorit untuk ngabuburit. Sebab di sana terdapat pusat jajanan yang menawarkan berbagai kuliner untuk berbuka puasa.

Alamat: Jl. Alun-Alun Utara No.4b, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat

Sumber: disparbud.jabarprov.go.id (Bagusthira Evan Pratama)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Mei 2024, 11:36 WIB

Peluru Masih Aktif, Polisi Ungkap Jenis Senjata Api yang Ditemukan Warga Cisaat Sukabumi

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan sejak ditemukan dua senpi itu langsung diamankan. Adapun senjata api laras panjang itu berjenis senjata bahu dengan kaliber 9 mm
Penampakan senjata api laras panjang yang ditemukan warga terkubur di Cisaat Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life01 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Bisa Jaga Rahasia, Waspada 6 Ciri Teman yang Tidak Bisa Dipercaya!

Memiliki teman yang tidak bisa dipercaya tentu sangat bebal. Apalagi sebelumnya dianggap setia, tapi justru mengkhianati lantaran bermuka dua.
Ilustrasi. Ciri teman yang tidak bisa dipercaya. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Inspirasi01 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 Jawa Barat, Usia Maksimal 25 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 Jawa Barat dengan Syarat Usia Maksimal 25 Tahun.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan D3 Jawa Barat, Usia Maksimal 25 Tahun. (Sumber : pexels/TimaMiroshnichenko)
Jawa Barat01 Mei 2024, 10:46 WIB

Berkekuatan M4.2, Bandung Jawa Barat Diguncang Gempabumi

BMKG menyebutkan Gempa M4,2 Jawa Barat dirasakan di beberapa wilayah diantaranya Majalaya, Cibereum, Pangalengan, dan Garut, Soreang hingga Kabupaten Bandung.
Gempa M4,2 Guncang Bandung Jawa Barat | Foto : X (Twitter)/@bmkgwilayah2
Life01 Mei 2024, 10:31 WIB

Ketahui 6 Ciri Orang yang Berwatak Keras Kepala, Anda Termasuk?

Ciri orang keras kepala adalah pribadi yang sangat ambisius pada dirinya sendiri dan juga sering merendahkan orang lain di hadapannya.
Ilustrasi. Ciri orang yang berwatak keras kepala. Sumber foto : Pexels/Timur Weber
Sukabumi01 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Zona Integritas, DPMPTSP Sukabumi Siapkan Mal Pelayanan Publik yang Bebas Korupsi

Bupati sukabumi Marwan Hamami melaksanakan Pencanangan dan Deklarasi Zona Integritas DPMPTSP menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM)
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menghadiri pencanangan dan deklarasi zona integritas di DPMPTSP Kabupaten Sukabumi | Foto : Dokpim
Life01 Mei 2024, 10:00 WIB

Berlatih Memaafkan, 11 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia

Berdamai dengan diri sendiri adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan kesabaran serta ketekunan.
Ilsutrasi - Berdamai dengan diri sendiri adalah proses yang berkelanjutan dan memerlukan kesabaran serta ketekunan.  (Sumber : Freepik)
Sehat01 Mei 2024, 09:00 WIB

Batasi Karbohidrat! 12 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami Bagi Penderita Diabetes

Menurunkan gula darah dapat dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan.
Ilustrasi - Menurunkan gula darah dapat dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan.(Sumber : Freepik/xb100)
Sehat01 Mei 2024, 08:00 WIB

7 Jenis Makanan Setengah Matang yang Tidak Baik untuk Penderita Gula Darah

Apa Saja Jenis Makanan Setengah Matang yang Tidak Baik untuk Penderita Gula Darah? Simak Informasinya Berikut Ini!
Ilustrasi. Telur setengah matang atau mentah bisa berisiko terkontaminasi bakteri, yang dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Life01 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Masalah

Yuk Coba Lakukan! Inilah Sederet Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Masalah.
Ilustrasi. Me Time. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Masalah. (Sumber : Pexels/KripeshAdwani)