Punya 7 Varietas Unggul, Sukabumi Siap Jadi Tuan Rumah Kontes Durian Indonesia

Selasa 10 Januari 2023, 14:53 WIB
Petani durian di Cikakak. Punya 7 varietas unggul, Sukabumi bahkan ingin menjadi tuan rumah kontes durian Indonesia dan dunia di masa mendatang. (Sumber: dokpim)

Petani durian di Cikakak. Punya 7 varietas unggul, Sukabumi bahkan ingin menjadi tuan rumah kontes durian Indonesia dan dunia di masa mendatang. (Sumber: dokpim)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi makin percaya diri menjadi salah satu daerah penghasilan durian lokal terbaik di Indonesia. Punya 7 varietas unggul, Sukabumi bahkan ingin menjadi tuan rumah kontes durian Indonesia dan dunia di masa mendatang.

Hal ini diungkap Wakil Bupati Iyos Somantri usai menutup rangkaian acara festival durian lokal Sukabumi di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, pada hari Minggu 8 Januari 2023. Iyos menyebut, durian unggulan Sukabumi siap bersaing di kancah nasional.

"Dengan durian unggulan ini Insya Allah kita siap bersaing dengan durian daerah lain. Kita ingin menggagas pelaksanaan festival tingkat nasional bisa dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi," ucap Wabup Iyos dikutip akun medsos resmi Pemkab Sukabumi.

Baca Juga: Distan: Juara Kontes Durian Lokal Sukabumi 2023 Raih Bendera Terbanyak Juri

Iyos menjelaskan, sejumlah varietas durian yang siap ditampilkan merupakan para jawara dari festival ini. Diantaranya durian Vanessa, Sibo, Si Sultan, Si Bugis, Si Rusa, Si Lenggut, dan Si Coklat.

"Enam varietas durian ini jadi ikon buah unggulan lokal Kabupaten Sukabumi yang punya rasa dan tekstur daging manis, lembut serta biji yang kecil," jelas Iyos.

Wabup menyebutkan varietas durian lokal di Kabupaten Sukabumi harus dikelola dengan baik, agar memberikan multiplier efek terhadap pertumbuhan ekonomi. Khususnya bagi para petani durian dan masyarakat Sukabumi.

Baca Juga: Si Bugis dari Parungkuda Jadi Jawara Kontes Durian Lokal Sukabumi 2023

“Kita dorong stakeholder terkait untuk mempromosikan varietas durian unggulan tersebut ke kancah nasional maupun internasional,” ungkap Iyos.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuti menjelaskan festival durian lokal unggulan Kabupaten Sukabumi 2023 memang bertujuan promosi. Juga mewadahi para petani untuk menunjukkan varietas unggulan masing-masing.

"Varietas durian Kabupaten Sukabumi ini cukup banyak, sehingga jangan sampai varietas ini diklaim oleh daerah lain," terangnya.

Baca Juga: Gratis! Bupati Sukabumi Undang Warga Makan Durian Lokal di Palabuhanratu

Kadistan menjelaskan, tujuh varietas durian lokal Sukabumi ini akan didaftarkan menjadi unggulan daerah dan siap berlaga dengan daerah lain. Bukan tidak mungkin durian varietas unggulan nasional dimasa mendatang berasal dari Sukabumi.

"Varietas durian Kabupaten Sukabumi diharapkan mewakili rasa penggemar fanatik durian di Indonesia dan dunia,” harapnya.

Edukasi kepada petani durian di Kabupaten Sukabumi juga akan menjadi fokus dari pendampingan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian. Mulai dari perawatan, pemupukan dan lainnya.

Baca Juga: Catat Jadwalnya! Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi Digelar Lagi di Palabuhanratu

“Intinya kita dorong agar petani punya varietas yang semakin baik," ungkap Sri.

Masih dari akun medsos Pemkab Sukabumi, salah satu wilayah di Kabupaten Sukabumi yang mulai fokus budidaya durian ada Kecamatan Cikakak. Wilayah pesisir selatan Sukabumi, bahkan sudah lebih dulu punya nama di dunia si Raja Buah, di Indonesia, dengan salah satu ikon durian lokal bernama Gandaria.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992