TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Belajar dari Film Smile, Simak 5 Masalah Kesehatan Mental yang Harus Kamu Tahu

Administrator
Penulis
Rabu 5 Okt 2022, 20:00 WIB
Belajar dari Film Smile, Simak 5 Masalah Kesehatan Mental yang Harus Kamu Tahu

SUKABUMIUPDATE.com - Film Smile dibintangi oleh aktor Sosie Bacon dan Jessie T. Usher merupakan genre psychological thriller yang menceritakan kejadian misterius di ruang psikologi. 

Dikutip dari Tempo.co, sekilas film tersebut mengisahkan kegiatan dokter Rose Cotter (Sosie Bacon) yang menangani pasiennya dengan ekspresi tersenyum karena memiliki kesehatan mental.

Film itu menggambarkan kesibukan Sosie Bacon yang terus memforsir diri bekerja selama 80 jam dalam sepekan. Berbagai hal aneh terus mengusiknya tak hanya selama bekerja. Rose Cotter merasa diganggu kutukan yang mengancamnya.

Rekan kerjanya di rumah sakit menyarankan,ia mengambil cuti supaya bisa beristirahat dari penat bekerja untuk memulihkan masalah mentalnya.

Namun, Rose Cotter menganggap berbagai gangguan aneh dalam dirinya bukan masalah kesehatan mental. Melainkan, itu kutukan yang sedang menghampirinya.

Selama film diputar menyebut beberapa masalah kesehatan mental terkait tokoh di dalamnya. Beberapa masalah kesehatan yang mental yang disebut, antara lain delusi, depresi, paranoid, gangguan stres pasca trauma (PTSD), dan manik.

Apa saja masalah kesehatan mental dalam film Smile?

1. Delusi

Waham atau delusi ditandai keyakinan atau pikiran yang bertentangan dengan kenyataan atas unsur yang tidak berdasarkan logika. Waham menjadi bagian dari berbagai gangguan fisik maupun mental yang berlainan, seperti skizofrenia, gangguan bipolar, dan paraphrenia. Delusi merupakan kepercayaan tidak tergoyahkan terhadap sesuatu yang tidak nyata.

Orang yang delusi menganggap khayalannya sebagai kejadian yang benar terjadi. Mengutip Verywell Mind, orang yang delusi dicirikan keyakinan tak tergoyahkan terhadap hal yang tidak nyata, walaupun sudah dijelaskan bukti, kejadian yang dialami tak sungguhan.

Merujuk Cleveland Clinic, orang delusi juga mungkin bercampur masalah antara lain kecemasan, depresi, halusinasi.


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini