Para Pesaing Lionel Messi untuk Ballon d'Or 2021

Rabu 14 Juli 2021, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Setelah memenangkan trofi mayor bersama timnas Argentina, Lionel Messi disebut-sebut sebagai kandidat kuat peraih Ballon d'Or 2021. Ia membantu negaranya mengakhiri penantian 28 tahun untuk meraih gelar di kancah internasional dengan mengklaim Copa America pada Ahad kemarin.

Selain membungkam para pengkritiknya, kemenangan itu membuat Messi sebagai orang terdepan untuk memenangkan Ballon d'Or 2021. Sebagai kandidat kuat, kemungkinan gelar itu akan menjadi yang ketujuh untuk La Pulga.

Copa America, Piala Eropa, dan Piala Dunia cenderung menentukan pemenang Ballon d'Or. Dengan demikian, Messi secara otomatis dipandang sebagai favorit peraih penghargaan pesepakbola terbaik setelah menjadi juara bersama Albiceleste.

Di sisi lain, catatan statistik Messi selama musim 2020/2021 juga menjadi poin positif. Dalam 47 pertandingan sepanjang tahun ini, Messi telah mencetak 38 gol dan 14 assist, serta 26 penghargaan man of the match.

Dia menyelesaikan La Liga Santander sebagai pencetak gol terbanyak dan menyabet gelar El Pichichi. Bersama Barcelona, ia juga memenangkan Copa del Rey. Di Copa America, ia juga menjadi pemain terbaik setelah tampil sebagai top skor dengan empat gol dan lima assist. Hal itu memperlihatkan bahwa Messi terlibat dalam sembilan dari 12 gol Argentina di ajang tersebut.

Kapten timnas Argentina, Lionel Messi diangkat ke udara oleh rekan setimnya saat selebrasi kemenangan dalam final Copa America 2021 di Stadion Maracana, Brasil, 10 Juli 2021. Gelar ini juga menjadi ujung penantian panjang bagi Lionel Messi bersama Argentina. Ini menjadi gelar pertamanya bersama timnas, yang diraih pada final kelima dalam 10 turnamen besar yang diikutinya. REUTERS/Ricardo Moraes

Akan tetapi, siapa saja pemain yang mungkin menjadi pesaingnya? Dia tidak mungkin ditantang oleh beberapa pemain elite. Bintang PSG asal Prancis Kylian Mbappe bahkan tidak memenangkan Ligue 1 atau Liga Champions, begitu juga Cristiano Ronaldo yang tidak memenangkan Serie A atau Piala Eropa. Robert Lewandowski, pemain yang moncer musim lalu bersama Bayern Munchen, juga gagal melaju di Euro 2020.

Nama pemain bertahan veteran asal Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, disebut malah masuk dalam daftar persaingan meraih Ballon d'Or usai membawa Gli Azzurri juara Euro 2020.

Di samping itu, pemain Chelsea N'Golo Kante dan Mason Mount, juga masuk hitungan karena membawa The Blues meraih trofi Liga Champions. Punggawa Chelsea lain yang bisa diperhitungkan adalah Jorginho dan Emerson Palmieri.

Dikutip dari Marca, berikut adalah lima kandidat untuk meraih gelar Ballon d'Or 2021.

1. Lionel Messi

Pemain timnas Argentina yang kontraknya habis di Barcelona pada 30 Juni 2021 mungkin tidak akan menjadi pesaing serius jika tidak memenangkan Copa America. Namun, ia berhasil memenangkan trofi perdananya bersama Argentina dengan meraih trofi Copa America, trofi mayor pertama sejak 1993. Di level klub, ia juga masih berada di performa terbaik dengan membawa Barcelona meraih trofi Copa del Rey dan bersaing ketat dalam perebutan gelar La Liga.

2. Jorginho

Gelandang Italia berhasil mengawinkan gelar juara Eropa. Bersama Italia, ia berhasil meraih trofi Piala Eropa, sedangkan bersama Chelsea, ia meraih trofi Liga Champions. Baik Liga Champions dan kompetisi internasional sangat menentukan pemenang Ballon d'Or. Jadi mantan pemain Napoli itu mungkin memiliki alasan yang sama bagusnya dalam pemilihan pemain terbaik dunia untuk tahun 2021.

3. Harry Kane

Seandainya Inggris memenangkan Euro 2020, Kane mungkin menjadi favorit untuk menerima hadiah tersebut. Penyerang Tottenham membutuhkan waktu untuk melakukan pemanasan selama turnamen, tetapi ia melangkah lebih jauh di babak sistem gugur dengan mencetak empat gol untuk timnas Inggris. Namun, di final Euro 2020, dia tidak bisa melewati kawalan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, dua pemain bertahan yang brilian membawa Gli Azzurri meraih trofi kedua Piala Eropa.

4. Robert Lewandowski

Ia mungkin gagal membawa timnas Polandia melaju jauh di Euro 2020, tapi raihannya bersama Bayern Munchen tidak boleh diabaikan. Lewandowski memecahkan rekor lama Bundesliga dengan menjaringkan 41 gol dalam 29 penampilan pada 2020/21, tetapi entah bagaimana, ia masih kalah dari Erling Haaland sebagai pemain terbaik musim ini di Bundesliga Jerman.

Kapten timnas Italia Giorgio Chiellini bersama rekan setimnya melakukan selebrasi setelah kalahkan Inggris lewat adu penalti dalam pertandingan final Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, 12 Juli 2021. Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

5. Giorgio Chiellini

Bek Italia itu mungkin tidak diperhitungkan. Namun, penampilannya di Euro 2020 layak mendapat pengakuan serius. Bek veteran membangun tembok pertahanan yang kokoh di samping Leonardo Bonucci dan di depan kiper Gianluigi Donnarumma. Tanpa benteng kokoh itu, timnas Italia tidak akan memenangkan Kejuaraan Eropa. Tidak ada bek yang memenangkan penghargaan tersebut sejak Fabio Cannavaro, yang memimpin Italia ke Piala Dunia 2006.

SUMBER: MARCA/SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 18:39 WIB

5 Partai Resmi Berkoalisi di Pilkada Sukabumi 2024: Optimis Rebut Kursi Bupati

Menghadapai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, 5 partai di Kabupaten Sukabumi resmi berkoalisi, yaitu PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP.
5 partai politik resmi berkoalisi di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi, Sabtu 04 Mei 2024 | Foto : Asep Awaludin
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi