Wanita Asal Sukabumi Ini Resmi Jadi Bos Klub Sepak Bola Tersukses di Filipina

Minggu 25 Februari 2024, 11:50 WIB
Sosok Esti Puji Lestari, wanita Sukabumi yang baru saja diumumkan secara resmi menjadi petinggi klub sepak bola elit asal Filipina, United City FC (UCFC). (Sumber : Instagram @unitedcityfootballclub)

Sosok Esti Puji Lestari, wanita Sukabumi yang baru saja diumumkan secara resmi menjadi petinggi klub sepak bola elit asal Filipina, United City FC (UCFC). (Sumber : Instagram @unitedcityfootballclub)

SUKABUMIUPDATE.com - Esti Puji Lestari, sosok wanita kelahiran Sukabumi ini baru saja diumumkan secara resmi menjadi petinggi klub sepak bola elit asal Filipina, United City FC (UCFC).

Esti resmi menjabat Chairman United City FC pada pertengahan Februari 2024 setelah menjadi investor baru untuk menandai kebangkitan klub yang punya sejarah besar di Liga Filipina tersebut.

"United City FC dengan bangga mengumumkan penunjukan Esti Puji Lestari sebagai Chairman klub yang berlaku segera," bunyi pernyataan resmi United City FC melalui media sosial, Sabtu (24/2/2024).

"Konfirmasi Esti atas investasinya pada kebangkitan United City FC menandai tonggak penting bagi klub memulai babak baru yang menarik dalam perjalanan sejarahnya."

Sebagai informasi, United City FC merupakan transformasi dari klub sebelumnya, Ceres Negros. Klub ini telah berhasil mengukir banyak prestasi di Filipina. Selain empat gelar juara berturut-turut pada 2017 hingga 2020, mereka juga rutin menjadi wakil Filipina di kancah Asia.

Esti Puji Lestari pun mengaku bersyukur dan merasa terhormat bisa menjadi bagian dari klub tersebut.

“Saya bersyukur dan suatu kehormatan bisa menjadi bagian di tim ini, tujuan saya adalah menyamai prestasi tim ini sebelumnya dan meningkatkannya di masa yang akan datang,” kata Esti dalam rilis resminya.

Ia pun menegaskan komitmennya untuk membawa United City FC bersaing di level tertinggi sepak bola Filipina. Dia juga siap membuka jalan bagi pesepak bola Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan, yang berminat untuk melanjutkan karier di sana.

“Dalam semangat kerja sama ASEAN, saya juga ingin membuka jalan bagi pemain Indonesia baik pria maupun Wanita yang ingin mengembangkan karir dan pengalamannya di tim ini,” ucapnya.

Lantas, siapa sebetulnya sosok Esti Puji Lestari? Bagaimana rekam jejaknya di dunia sepak bola Indonesia hingga akhirnya ditunjuk menjadi Chairman United City FC? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Profil Esti Puji Lestari

Sebetulnya, Esti Puji Lestari bukanlah sosok yang baru bagi dunia sepak bola di tanah air. Dia menjadi salah satu pihak yang memiliki keinginan besar untuk membangkitkan sepak bola putri di Indonesia.

Pada mulanya, Esti dikenal sebagai pemilik sekaligus petinggi klub asal Jawa Tengah, Persijap Jepara. Dia sempat menjabat sebagai Presiden klub ketika Persijap masih berkompetisi di Liga 3 alias kasta ketiga.

Setelah membeli mayoritas saham klub itu pada 2016, Esti sukses membawa Persijap Jepara merebut tiket promosi ke kasta kedua pada 2019. Setelah itu, dia mendapat tugas baru dari manajemen PS Tira-Persikabo.

Bersama klub yang dimiliki korps Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu, Esti mengemban amanah sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM). Dari sanalah, dia juga menjadi manajer tim putri, Persikabo Kartini.

Hingga akhirnya, tangan dingin Esti berhasil mengantarkan Persikabo Kartini meraih posisi runner-up Liga 1 Putri 2019 sekaligus mendapatkan penghargaan Team Fair Play.

Esti juga sempat ditunjuk menjadi asisten manajer Timnas Putri Indonesia ketika mengikuti Piala AFF Putri 2017 yang kala itu berlangsung di Laos. Ini menjadi kiprah pertamanya di level internasional.

Pada Kongres PSSI tahun 2019, Esti sebetulnya sempat mencalonkan namanya sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk periode 2019-2023. Sayangnya, dia memutuskan mengundurkan diri.

Sebelum menjadi Chairman United City FC pada tahun ini, Esti sempat mendapatkan tugas untuk menjadi CEO klub asal Liga China, Red Lion, yang berbasis di Qingdao. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).