Profil Franz Beckenbauer, Legenda Sepak Bola Jerman dan Bayern Munich

Selasa 09 Januari 2024, 11:45 WIB
Profil Franz Beckenbauer, Legendaris Sepak Bola Jerman dan Bayern Munich | Foto : X/FabrizioRomano

Profil Franz Beckenbauer, Legendaris Sepak Bola Jerman dan Bayern Munich | Foto : X/FabrizioRomano

SUKABUMIUPDATE.com - Franz Beckenbauer, Legendaris Sepak Bola Jerman Bayern Munich menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (71/2024) waktu setempat. Kabar meninggal dunia Bek legendaris Timnas Jerman dan Bayern Munich itu diumumkan okeh keluarganya.

Meninggal di usia 78 tahun, pemain yang dijuluki “Der Kaiser” tersebut menjadi kabar duka bagi dunia sepak bola. Bagaimana tidak, namanya terkenal sebagai pemain sepak bola terhebat sepanjang masa hingga menjadi ikon jerman. 

Tak sampai disitu, Franz Beckenbauer juga menjadi the legend of Bayern Munich berkat karir gemilangnya sebagai pemain dan pelatih.

Baca Juga: 10 Cara Mengenali Orang yang Tidak Menyukai Kita, Perhatikan Sikapnya!

Lantas, siapa Franz Beckenbauer yang kabar dukanya menggemparkan dunia sepak bola? Simak profilnya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber via p2k.stekom.ac.id!

Profil Franz Beckenbauer, Legendaris Sepak Bola Jerman dan Bayern Munich 

Profil Franz Beckenbauer, Legendaris Sepak Bola Jerman dan Bayern Munich | Foto : X/idextratimeProfil Franz Beckenbauer, Legendaris Sepak Bola Jerman dan Bayern Munich | Foto : X/idextratime

Franz Anton Beckenbauer adalah pesepak bola kelahiran 11 September 1945 yang meninggal dunia pada Senin, 7 Januari 2024.

Franz Beckenbauer adalah mantan pemain dan manajer sepak bola profesional Jerman. Dalam karir bermainnya dia dijuluki Der Kaiser ("Kaisar") karena gayanya yang elegan, dominasi dan kepemimpinannya di lapangan, dan juga karena nama depannya "Franz" mengingatkan pada kaisar Austria. 

Franz Beckenbauer secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbesar dalam sejarah olahraga. Seorang pemain serbaguna yang memulai sebagai gelandang, Beckenbauer membuat namanya sebagai bek tengah. 

Baca Juga: Franz Beckenbauer, Legenda Timnas Jerman Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun

Franz Beckenbauer sering dianggap sebagai penemu peran penyapu modern (libero). Dengan kesuksesan di level klub dan internasional, dia adalah salah satu dari sembilan pemain yang memenangkan Piala Dunia FIFA, Liga Champions UEFA, dan Ballon d'Or.

Dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa Tahun Ini, Beckenbauer tampil 103 kali untuk Jerman Barat dan bermain di tiga Piala Dunia FIFA dan dua Kejuaraan Eropa UEFA. Franz Beckenbauer adalah salah satu dari tiga orang, bersama dengan Mário Zagallo dari Brazil dan Didier Deschamps dari Prancis, yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan sebagai manajer.

Franz Beckenbauer mengangkat trofi Piala Dunia FIFA sebagai kapten pada tahun 1974, dan mengulangi prestasi tersebut sebagai manajer pada tahun 1990. Franz Beckenbauer adalah kapten pertama yang mengangkat Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa di tingkat internasional dan Piala Eropa di tingkat klub.

Tak hanya itu, Franz Beckenbauer juga masuk dalam Tim Dunia Abad ke-20 pada tahun 1998, Tim Impian Piala Dunia FIFA pada tahun 2002, Tim Impian Ballon d'Or pada tahun 2020, dan pada tahun 2004 terdaftar dalam FIFA 100 pemain terbaik dunia yang masih hidup.

Di level klub bersama Bayern Munich, Franz Beckenbauer memenangkan Piala Winners Eropa pada tahun 1967 dan tiga Liga Champions UEFA berturut-turut dari tahun 1974 hingga 1976. Prestasi terakhir membuatnya menjadi pemain pertama yang memenangkan tiga Piala Eropa sebagai kapten klubnya. 

Franz Beckenbauer diketahui menjadi manajer tim dan kemudian presiden Bayern Munich. 

Beckenbauer memimpin tawaran sukses Jerman untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2006 dan memimpin panitia penyelenggara. Franz Beckenbauer bekerja sebagai pandit untuk Sky Germany, dan selama 34 tahun sebagai kolumnis untuk tabloid Bild, keduanya hingga 2016.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Apa Orang Menyukai Kita Atau Tidak

Pada Agustus 2016, diumumkan bahwa Beckenbauer sedang diselidiki karena penipuan dan pencucian uang sebagai bagian dari Piala Dunia FIFA 2006. Investigasi ditutup tanpa putusan pada tahun 2020 karena undang-undang pembatasan telah berakhir.

Ya, Franz Beckenbauer telah memenangkan gelar Piala Eropa pada tahun 1972 dan Piala Dunia pada tahun 1974 sebagai pemain. Dikutip dari Suara.com, sebagai pelatih, Franz Beckenbauer membawa Jerman juara Piala Dunia pada 1990.

"Der Kaiser adalah salah satu pemain yang pernah dilihat olahraga ini. Dengan kemampuannya, ia menciptakan standar di lapangan," kata Presiden DFB Bernd Neuendorf dilansir dari laman resmi DFB, Selasa (9/1/2024), dikutip via Suara.com.

"Ketepatan dan karismanya sebagai pemimpin tim serta tenaga dan kekuatannya sebagai pelatih kepala di Piala Dunia tak terlupakan."

Rekan setimnya, Rudi Voller, menyatakan bahwa Beckenbauer telah menjadi inspirasi selama lebih dari satu generasi dan akan tetap menjadi bagian kecemerlangan sepak bola Jerman.

"Saya menganggap ini salah satu hak istimewa dalam hidup saya untuk mengetahui dan melihat kehebatan Franz Beckenbauer," kata Rudi Voller.

"Der Kaiser telah menjadi inspirasi selama lebih dari satu generasi, ia akan selamanya tetap menjadi bagian kecemerlangan sepak bola Jerman," kata mantan rekan setim Beckenbauer tersebut.

Baca Juga: 12 Ciri Anak Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Bund Yuk Kenali!

Franz Beckenbauer, selain meraih sukses sebagai pemain dan pelatih, juga pernah memenangkan dua trofi Ballon d'Or pada tahun 1972 dan 1976.

Selama karirnya, Franz Beckenbauer memenangkan berbagai gelar, termasuk tiga trofi UEFA Champions League, lima Bundesliga, dan empat piala DFB sebagai pemain.

Sejak putranya meninggal pada 2015, Beckenbauer telah menghadapi sejumlah masalah kesehatan, termasuk parkinson, demensia, dan operasi jantung pada 2016 dan 2017.

Franz Beckenbauer juga sempat melakukan operasi untuk memasang pinggul buatan pada tahun 2018.

Sumber: p2k.stekom.ac.id | Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?

Inilah Sederet Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?
Ilustrasi - Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel02 Mei 2024, 06:00 WIB

9 Langkah Mudah Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing untuk Menurunkan Gula Darah

Yuk Ikuti Langkah Mudah Berikut untuk Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing guna Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi - Daun kumis kucing. Foto: Instagram/@kebonmojo
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)