Kemenperin Fasilitasi Mesin Bagi IKM Logam di Sukabumi, DPESDM: Jangan Pindah Tangan

Kamis 16 Juli 2020, 08:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fasilitasi mesin dan peralatan berupa set mesin Powder Coating kepada sejumlah Kelompok Usaha Bersama (KUB) IKM Logam di Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Bantuan Mesin Produksi Untuk 20 IKM Pakaian di Sukabumi, DPESDM: Program Kemenperin RI

Bantuan tersebut diberikan secara daring (online) di ruang pertemuan Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, serta disaksikan langsung oleh Kepala DPESDM, Aam Ammar Halim, beserta jajarannya. Turut hadir perwakilan KUB Sejahtera Logam selaku penerima fasilitasi. 

Direktur Industri Kecil dan Mengengah (IKM) Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Endang Suwartini, dalam sambutannya secara daring menuturkan fasilitasi yang telah diberikan dapat menjadi solusi terhadap potensi permintaan pengadaan komponen logam yang memakai teknik powder coating yang cukup besar. Sehingga dapat dipenuhi oleh IKM dengan peningkatan kuantitas dan kualitas produk terutama pada tahap finishing. 

"Selain fasilitasi mesin dan peralatan, IKM Logam penerima fasilitasi ini juga mendapatkan pendampingan operasional mesin, sehingga IKM dapat menggunakan mesin secara optimal sekaligus memeperoleh wawasan mengenai proses powder coating," ujar Endang. 

Ia menegaskan, seluruh mesin atau peralatan telah dilakukan pemeriksaan dan ujicoba pada 16 Juni 2020 lalu yang dihadiri perwakilan DPESDM Kabupaten Sukabumi. Kemudian pihak menyedia barang dan IKM penerima fasilitasi dinyatakan memnuhi syarat teknis serta berfungsi baik. 

Serah terima fasilitasi mesin melalui daring (online) dari pewakilan DPESDM Kabupaten Sukabumi kepada IKM Logam.//FOTO: GARIS NB.

"Fasilitasi mesin yang diberikan kepada IKM Logam Kabupaten Sukabumi antara lain, LGP Oven Powder Coacing sebanyak satu unit, Spray Booth plus Dust Collector sebanyak satu unit, dan Mesin Powder Coating sebanyak satu unit," terangnya.  

Endang juga mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk turut menyukseskan program “Bangga Buatan Indonesia” dengan memakai produksi IKM dalam negeri. Hal ini guna mendukung kemajuan perekonomian nasional. "Mari kita bersama-sama mendukung kemandirian industri nasional," tandasnya. 

Sementara itu, Kepada DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim, menambahkan, mewakili pemerintah daerah tentunya sangat bahagia dengan bantuan dari Kemenperin RI ditengah pandemi Covid-19. Pasalnya IKM Logam ini salah satu yang terdampak Covid-19. 

"Secara ekonomi IKM butuh pengembangan dari waktu ke waktu dan mudah-mudahan dengan bantuan ini berpengaruh kepada produksi penerima fasilitasi, sehingga yang diharapkan pak Bupati Sukabumi lebih baik dan maju terwujud pelan-pelan meskipun di masa pandemi Covid-19," jelasnya. 

BACA JUGA: Dampak Corona, Omset Pelaku IKM di Kabupaten Sukabumi Turun 40 Persen

Ia menegaskan tidak akan melepas begitu saja bantuan yang sudah diberikan kepala pelaku IKM Logam ini dan akan melakukan pengawasan serta evaluasi. Baik satu bulan sekali atau pun tiga bulan sekali dengan berkunjung langsung ke KUB yang telah mendapatkan bantuan.   

"Kami akan kontrol langsung, apakah dengan fasilitasi mesin ini produksinya lebih bagus atau malah sebaliknya. Secara ekonomi kita dapat mengukur, apakah bisa meningkat pendapatannya, biasa saja atau menurun. Jangan sampai aset yang diberikan oleh pemerintah kepada IKM Logam ini berpindah tangan atau hilang," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram