Gembleng Pemuda Sukabumi di Bidang Ekonomi Kreatif, Iyos: Perlu Sentuhan Milenial

Sabtu 29 Februari 2020, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan pemuda dan pelajar digembleng lewat pelatihan wawasan wirausaha di GOR Venue Tinju Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/2/2020). Pelatihan tersebut digagas Forum Komunikasi Penggerak Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Lukisan Song For Sukabumi Mengalun di Bandung, Fahmi: Ekonomi Kreatif Bikin Bangga

Ketua Forum Komunikasi Penggerak Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Zaenal Arifin menjelaskan kegiatan digelar untuk membuka solusi permasalahan ekonomi masyarakat di desa-desa, khususnya memperhatikan fenomena hari ini masyarakat banyak yang terjerat bank emok. Karenanya, lanjut Zaenal, perlu ada pengembangan potensi orang-orang kreatif di desa.

"Insya Allah, kami sama Pak Menteri Koperasi dan UKM melalui deputinya akan terus mengembangkan potensi ekonomi kreatif tersebut melalui seminar ekonomi kreatif di pelosok desa yang lebih prioritas. Dan yang paling utama kegiatan seminar ini untuk membangkitkan potensi di Kabupaten Sukabumi, khususnya Palabuhanratu ini," beber Zaenal kepada sukabumiupdate.com, usai pelatihan.

BACA JUGA: Dispar Incar Potensi Kuliner Kabupaten Sukabumi untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif

Zaenal berharap pelatihan ini semakin membangkitkan motivasi para pemuda, terutama pegiat ekonomi kreatif di Kabupaten Sukabumi.

"Banyak potensi pemuda yang kreatif tapi hanya sedikit yang muncul. Mungkin tidak ada wadah atau penggerak untuk mengembangkannya. Nah di forum penggerak ini mereka bisa bergabung. Sudah banyak komunitas yang sudah ikut bergabung dalam forum ini. Ada komunitas seniman, desain grafis, kreator youtube, sablon kaos, merchandise dan lainnya," lanjutnya.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi dan Bekraf Teken Mou, Dongkrak Ekonomi Kreatif

Langkah selanjutnya, sambung Zenal, karena melihat prospek ke depan tentang usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Sukabumi sangat menjanjikan, pihaknya akan terus berkonsolidasi dengan para pemuda dan masyarakat di setiap desa dan kecamatan yang memiliki potensi.

"Kita akan memberikan pengarahan dan motivasi bagaimana menciptakan kota kreatif di setiap desa desa. Nanti di setiap desa minimal ketika ada pangsa pasar dari kementrian koperasi buat di ekspor ke luar, nah di situ akan bisa menciptakan potensi ribuan masyarakat banyak terlibat dalam pembuatan merchandise," pungkasnya.

Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri saat memberikan arahan di seminar ekonomi kreatif dan pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/2/2020). | Sumber Foto: Nandi

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Forum Komunikasi Penggerak Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Iyos mengharapkan berharap kaum millenial bisa bangkit dengan ekonomi kreatifnya, terlebih sejak Palabuhanratu memiliki Geopark dengan prospek yang sangat menjanjikan.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi, kami sangat apresiasi seminar ini. Memang perlu ada sentuhan para millenial berkiprah dan aktif. Bagaimana menciptakan peluang-peluang baru dalam dunia usaha di Kabupaten Sukabumi," ungkap Iyos.

BACA JUGA: Angkat Ekonomi Kreatif Pemkot Sukabumi Gandeng Pengusaha Muda

Menurut Iyos, berbicara masalah ekonomi kreatif tentunya sangat erat kaitanya dengan pariwisata. Untuk itu para millenial bisa membantu kembangkan pariwisatanya juga kembangkan ekonomi kreatifnya untuk mendukung destinasi pariwisata yang ada  di Kabupaten Sukabumi.

"Ini salah satu langkah bagus sebagai antisipasi lonjangan pengunjung atau wisatawan ke UGG Ciletuh Palabuhanratu di masa yang akan datang," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock