Tamasya ke Luar Angkasa Cuman Rp 2,9 Miliar per Orang, Berminat?

Minggu 09 Mei 2021, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Blue Origin, perusahaan roket milik milarder dan CEO Amazon, Jeff Bezos, menargetkan akan mengkomersialkan tamasya ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa New Shepard pada 20 Juli 2021 mendatang.

Dilansir dari New York Post, Blue Origin menawarkan perjalanan sub-orbital (penerbangan mencapai ruang angkasa, tapi dengan cara memotong lintas gravitasi, red), sehingga pesawat tidak perlu menyelesaikan satu putaran orbital atau mengitari Bumi terlebih dahulu untuk keluar dari zona atmosfer.

photoIlustrasi perjalanan sub-orbital dengan roket luar angkasa - (blueorigin.com)</span

Rencananya, Blue Origin akan melelang satu kursi penerbangan pertamanya selama lima pekan. Hasil lelang tiket tersebut akan disumbangkan ke yayasan perusahaan luar angkasa.

Ariane Corbell, direktur Penjualan Tiket Blue Origin, masih belum mau membocorkan harga tiket tersebut. Menurutnya, informasi tentang penjualan tiket serta beberapa layanan yang akan didapatkan penumpang masih dijaga ketat oleh pihak perusahaan.

photoCEO Blue Origin, Jeff Bezos - (space.com)</span

Namun pada tahun 2018 silam, Reuters pernah melaporkan bahwa Blue Origin berencana akan menetapkan harga 200 ribu USD atau sekira Rp 2,9 miliar, per orang untuk paket tamasya ke luar angkasa tersebut. 

Perhitungan harga barusan berdasarkan harga yang ditawarkan Virgin Galactic Holdings, milik miliarder Richard Branson, yang juga akan menawarkan paket tamasya ke luar angkasa dalam waktu dekat.

Baca Juga :

Tetapi, Branson dan Virgin Galactic Holdings nampaknya telah merubah rencana harga penjualan tiket tersebut dikarenakan mereka tidak ingin kalah harga dengan Blue Origin sebagai rival mereka dalam pasar traveling ke luar angkasa ini.

Sejauh ini, Blue Origin telah melakukan berbagai pengujian, pekerjaan pengembangan serta uji terbang roket New Shepard. 

photoIlustrasi kokpit kapsul Blue Origin - (blueorigin.com)</span

Roket New Shepard dirancang untuk menerbangkan enam penumpang ke luar angkasa dengan tinggi kira-kira 62 mil atau sekira 100 kilometer di atas permukaan laut ke zona sub-orbital.

Di ruang sub-orbital, penumpang akan mengalami sensasi tidak memiliki bobot tubuh selama beberapa menit. Setelah itu, para penumpang akan melihat pemandangan luar biasa yakni lengkungan planet Bumi selama beberapa menit sebelum kapsul tersebut kembali ke Bumi dan mendarat dengan parasit.

photoIlustrasi Roket Blue Origin di atas planet Bumi - (blueorigin.com)</span

Kapsul tersebut memiliki enam jendela observasi, menurut Blue Origin, ukuran jendela tersebut hampir tiga kali lebih besar dari jendela pesawat Boeing 747 dan akan menjadi jendela terbesar yang pernah digunakan oleh pesawat luar angkasa.

Pasar Blue Origin adalah orang-orang kaya dan selebriti, Cornell berharap penerbangan pertama pada Juli 2021 nanti akan membawa sejumlah filantropis.

Juragan SpaceX, Elon Musk, juga berencana akan melakukan penerbangan luar angkasa sipil pertama dalam sejarah pada akhir tahun 2021. 

Baca Juga :

Roket SpaceX diketahui akan membawa empat orang awak, terdiri dari profesor sains perguruan tinggi terkemuka dan analis data dirgantara.

Disamping itu, Virgin Galactic juga telah memasang target penerbangan pelanggan pribadinya pada awal 2022 mendatang.

Virgin Galactic dengan pesawat SpaceShipTwo, akan memberikan para penumpangnya sensasi melayang di luar angkasa dengan gravitasi nol, sambil terbang di atas permukaan beberapa benua planet Bumi.

Diketahui, Virgin Galactic akan mematok biaya lebih dari 250 ribu USD atau sekira Rp 3,6 miliar, untuk pembukaan reservasi baru tamasya ke luar angkasa tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi