Kini Tersisa 9 Unit, Sejarah Nayor di Cibadak Sukabumi Sudah ada Sejak 1941

Sabtu 10 September 2022, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nayor di Cibadak Sukabumi diketahui telah ada sejak dulu hingga kemudian menjadi alat transportasi ikonik daerah tersebut.

Nayor sendiri merupakan salah satu alat transportasi yang mengandalkan hewan sebagai sumber tenaga. Seperti halnya Delman, Nayor juga merupakan kendaraan tradisional yang ditarik kuda. Namun, Nayor memiliki kekhasan pada bentuk keretanya yang tertutup, memiliki jendela dan pintu belakang serta lingkar roda yang lebih kecil.

Seiring perkembangan zaman, Nayor semakin tersisih oleh alat transportasi modern yang menggunakan mesin hingga jumlahnya semakin berkurang. Saat ini diketahui hanya ada sembilan Nayor yang tersisa itu pun hanya dimiliki oleh dua orang saja.

Baca Juga :

Sisa 9, Asa Nayor di Cibadak Sukabumi di Tengah Hiruk Pikuk Transportasi Modern

Nayor di Cibadak Sukabumi memiliki sejarah panjang, seperti yang diungkapkan pengamat sejarah Sukabumi, Irman Firmansyah, jika Nayor sudah ada sejak tahun 1941.

Namun, menurut Irman, untuk asal usul dari Nayor di Cibadak sendiri banyak beredar informasi seperti ada yang menyebut bentuknya terinspirasi topi Jepang, atau ada juga yang meyakini jika Nayor berasal dari kata ngagayor hingga ada yang menyebut jika Nayor merupakan hasil modifikasi kusir lokal sekitar tahun 1950 an.

“Terlalu banyak informasi tidak jelas mengenai asal mula nayor Cibadak, karena berkembang atas dasar katanya,” kata Irman yang juga ketua Yayasan Dapuran Kipahare ini kepada Sukabumiupdate.com.

photoNayor yang mengkal di kawasan Labora, Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)</span

Menurut pria yang telah melahirkan beberapa buku termasuk buku Soekaboemi the untold story ini mengatakan jejak Nayor di Sukabumi disebutkan dalam majalah Sin Po edisi tangal 18 Oktober 1941 lengkap dengan fotonya mengungkap bahwa jenis baru delman yang mirip kereta perang Benhur ini baru ada di Sukabumi tahun 1941 (Masa akhir Hindia Belanda).

Baca Juga :

Halaman Selanjutnya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional01 Maret 2024, 18:36 WIB

Caleg DPR, DPD, DPRD yang Terpilih Boleh Maju Pilkada Tanpa Perlu Mengundurkan Diri

Mahkamah Konstitusi memperbolehkan calon anggota DPR, DPD dan DPRD yang terpilih di Pemilu 2024 maju dalam Pilkada serentak 2024 tanpa harus mengundurkan diri.
Gedung Mahkamah Konstitusi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih01 Maret 2024, 18:26 WIB

Pleno Rekapitulasi Suara Kabupaten Dimulai, KPU Sukabumi Targetkan 4 Hari Tuntas

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten digelar di gedung Jajaway, dimulai dari Dapil 6.
Situasi rapat pleno  rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi01 Maret 2024, 18:05 WIB

Pengumuman Pemberhentian Pegawai BPR Sukabumi

BPR Sukabumi telah mengeluarkan surat pemberhentian kepada salah satu pegawainya bernama Agus, SE
Agus, SE | Foto : Dok. BPR Sukabumi
Life01 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih
Ilustrasi - Berikut ini bacaan doa kamilin yang biasa dibacakan setelah selesai melaksanakan sholat tarawih | (Sumber : Freepik.com/wirestock)
Keuangan01 Maret 2024, 17:52 WIB

Berikan Pelayanan Prima, BPR Cikembar Sukabumi Ekspansi ke Pabrik hingga Kunjungi Nasabah

BPR Sukabumi cabang Cikembar terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah kerjanya.
Kepala Cabang BPR Sukabumi cabang Cikembar, Yudi Eka Sembada (kanan) dan Staf sedang melayani nasabah (kiri) | Foto : Ibnu Sanubari
Musik01 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Rumah - Salma Salsabil, “Tempat yang Kurindu Sejak Lama”

Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya.
Lirik lagu "Rumah" menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. (Sumber : YouTube/@Salma Salsabil).
Life01 Maret 2024, 16:30 WIB

Kapan Puasa Ramadan 2024 Dilaksanakan? Ini Perkiraan Waktunya

Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah
Ilustrasi - Berikut ini informasi kapan puasa 2024 dimulai berdasarkan kalender dari Kemenag RI dan Kalender dari Muhammadiyah | (Sumber : Freepik.com/@ Sketchepedia)
Film01 Maret 2024, 16:00 WIB

Kabar Gembira! Film Live Action Naruto Segera Digarap Oleh Lionsgate

Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas.
Diharapkan Live Action Naruto dapat memenuhi ekspektasi para penggemar dan menjadi film yang menghibur dan berkualitas. (Sumber : X/@Naruto_Anime_EN).
Food & Travel01 Maret 2024, 15:30 WIB

6 Tempat Wisata Kids Friendly di Sukabumi, Anak Langsung Gembira

Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi
Berikut ini tempat wisata kids friendly di Sukabumi yang bisa dijadikan pilihan ketika menghabiskan momen liburan di Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Maret 2024, 15:28 WIB

Tekan Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Sukabumi Akan Gencarkan Operasi Pasar Murah

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengikuti Rapat Koordinasi Dwimingguan Ke-24 Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu.
Sekda Ade Suryaman saat mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Barat Secara Virtual di Sukabumi Command Center, Setda-Palabuhanratu. Kamis (29/2/2024) | Foto : Dokpim