Kebijakan Baru WhatsApp Tuai Sorotan, Pengguna Aplikasi Signal dan Telegram Meningkat

Sabtu 09 Januari 2021, 08:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aplikasi perpesanan Signal dan Telegram mengalami peningkatan penggunaan secara tiba-tiba. Hal ini diduga disebabkan oleh adanya notifikasi berupa kewajiban pembaruan ketentuan dan kebijakan privasi dari pesaing mereka, WhatsApp.

Kebijakan baru WhatsApp tersebut menjadi buah bibir di media sosial. Pasalnya, aplikasi perpesanan milik Facebook yang memakai teknologi enkripsi end-to-end ini meminta para pengguna agar setuju dengan notifikasi tersebut, dimana akan mengumpulkan data pengguna, termasuk nomor telepon dan lokasi mereka.

Pemberitahun kebijakan ini dikeluarkan WhatsApp pada Rabu, 6 Januari 2021 dan rencananya akan diberlakukan mulai 8 Februari mendatang.

Sejumlah penggiat hak privasi kemudian mempertanyakan soal opsi "terima pengambilan data atau keluar" yang disampaikan WhatsApp di Twitter. Mereka akhirnya menyarankan agar para pengguna beralih ke aplikasi perpesanan lain, seperti Signal dan Telegram.

Logo aplikasi Signal | Sumber foto: play.google.com

Popularitas Signal memang melonjak pada Kamis lalu setelah aplikasi ini didukung Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX yang belum lama ini dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Elon juga adalah pemilik akun dengan pengikut paling banyak di Twitter. Selain itu, aplikasi perpesanan tersebut juga memperoleh dukungan dari bos Twitter, Jack Dorsey.

Berdasarkan pantauan perusahaan analis data Sensor Tower, ada lebih dari 100 ribu pengguna yang menginstal Signal di semua toko aplikasi Apple dan Google dalam dua hari terakhir. Sementara Telegram memperoleh hampir 2,2 juta unduhan.

Sedangkan pemasangan baru aplikasi WhatsApp mengalami penurunan sekira 11 persen dalam tujuh hari pertama di 2021, dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Meskipun secara global masih berjumlah sekira 10,5 juta unduhan.

Sumber: Reuters

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life14 April 2024, 21:00 WIB

Mampu Menerima Kritik, 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti

Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari.
Ilustrasi. Menjadi orang yang kuat mental bukanlah hal yang mudah, namun dapat dilatih dan dipelajari. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Seleb14 April 2024, 20:45 WIB

Pulang Shooting di Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya

Model dan artis papan atas Luna Maya tertangkap kamera warga berkunjung ke Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, hari ini Minggu (14/4/2024).
Pulang Shooting dari Sukabumi Terjebak Macet, Luna Maya Puji Situ Gunung: Pinter Banget Pilih Lokasinya | Foto : Ist
Life14 April 2024, 20:00 WIB

Menatapmu, 10 Bahasa Tubuh Wanita Pertanda dia Jatuh Cinta Padamu

Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu.
Bahasa tubuh wanita bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah dia tertarik atau jatuh cinta kepadamu. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi14 April 2024, 19:53 WIB

Baru 4 Bulan, Dermaga Apung Muara Indah Cikaso Sukabumi Sudah Rusak-Terancam Terbawa Arus

Dermaga apung di Pantai Kesik Urug Muara Indah Cikaso, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, menjadi sorotan warga
Kondisi Dermaga Apung Muara Cikaso Desa Buniasih Kecamatan Tegalbuleud | Foto : Ragil Gilang
Gadget14 April 2024, 19:00 WIB

16 Rekomendasi HP Tecno Edisi April 2024 yang Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya.
Spesifikasi Tecno Phantom V Flip 5G -  HP Tecno memang mulai dikenal di tanah air dan mulai cukup bersaing dengan produsen HP lainnya. (Sumber : tecnomobile)
Gadget14 April 2024, 18:35 WIB

Terbuka untuk Umum, DPC PDIP Buka Pendaftaran Bacalon Walikota/Wakil Walikota Sukabumi

DPC PDIP Kota Sukabumi membuka pendaftaran untuk menjaring bakal calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Pembukaan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Sukabumi untuk Pilkada 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life14 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini untuk Memohon Diampuni Dosa atas Kesalahan yang Telah Diperbuat

Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat.
Ilustrasi. Bacaan doa untuk memohon ampunan dosa atas keselahan-kesalahan yang telah diperbuat. | Foto: Unplash/Rachid Oucharia
Musik14 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Ingkar dari Tulus Viral di TikTok, “Aku Coba dengan yang Baru”

Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok.
Kombinasi dari lirik yang relatable, penggunaan dalam konten yang sedang tren, dan melodi yang easy listening inilah yang membuat lagu "Ingkar" viral di TikTok. (Sumber : Instagram/@tulusm).
Sukabumi14 April 2024, 16:31 WIB

Sigap, Puskesmas Ciracap Tangani Dua Laka Di Pantai Cibuaya Sukabumi

UPTD Puskesmas Ciracap Dinkes Kabupaten Sukabumi selama libur Lebaran 1445 H memberikan pelayanan kesehatan, baik melalui petugas yang piket di Puskesmas maupun pelayanan di lokasi wisata Pantai Cibuaya.
Tim medis Puskesmas Ciracap bersama tim pengamanan Pospam Pantai Cibuaya | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi14 April 2024, 16:19 WIB

Mabuk dan Ugal-ugalan, Pengemudi Pick Up Nyaris Tabrak Polisi di Parungkuda Sukabumi

Pengendara mobil bak terbuka (Pick Up) berinisial R (36 tahun) yang membawa penumpang nyaris menabrak anggota polisi di ruas Jalan Raya Nasional Sukabumi-Bogor
Petugas Korps Brimob Polda Jabar, saat mengamankan pengemudi mobil pikap di sekitar Gerbang Tol Parungkuda | Foto : Capture video