Bicara TKA dan China yang Mudah Viral di Media Sosial

Sabtu 30 Maret 2019, 01:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kejadian ditangkapnya tujuh Tenaga Kerja Asing (TKA) Warga Negara (WN) asal China di wilayah Sagarenten, Kabupaten Sukabumi, beberapa waktu yang lalu menjadi viral dan jadi sorotan warga Sukabumi.

Lalu bagaimana fenomena ini bisa terjadi? Bagaimana seharus masyarakat Sukabumi jika menemukan adanya Warga Negara Asing (WNA) di lingkungannya, apa yang harus dilakukan dan sudah sejauh mana tindakan pemerintah memantau keberadaan para WNA dan TKA di wilayah Sukabumi ini.

Berikut petikan wawancara sukabumiupdate.com dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi, Nurudin, saat Konferensi pers terkait penanganan kasus tujuh Warga Negara (WN) Tiongkok yang ditangkap oleh petugas imigrasi Sukabumi, di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi, Jalan Jalur Lingkar Selatan Nomor 7, Kelurahan Sudjaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Suukabumi, Jumat (29/3/2019).

1. Ada berapa sih jumlah WNA yang ada di Sukabumi?

Ini data per tanggal 28 Maret 2019 ya, untuk WNA di wilayah Kota Sukabumi itu yang mempunyai izin tinggal kunjungan ada 15 orang, izin tinggal terbatas ada 34 orang dan izin tinggal tetap ada 19 orang. Jadi total WNA yang ada di Kota Sukabumi itu berjumlah 68 orang.

Untuk WNA di wilayah Kabupaten Sukabumi, yang mempunyai izin tinggal kunjungan ada  28 orang, izin tinggal terbatas ada 531 orang dan izin tinggal tetap ada 52 orang. Jadi total WNA yang ada di Kabupaten Sukabumi itu berjumlah 611 orang.

Jadi keseluruhan total WNA aktif di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi berjumlah 679 orang.

2. Kalau jumlah TKA yang ada di Sukabumi?

Untuk Kota Sukabumi ada 11 orang dan untuk Kabupaten Sukabumi ada 349 orang. Jadi totalnya ada 360 orang.

3. Dari TKA yang ada di Sukabumi itu, warga negara mana sih yang paling banyak jumlahnya yang saat ini berada di Sukabumi?

Tiongkok/ China diurutan pertama dengan jumlah 181 orang, lalu Korea Selatan 109 orang, Taiwan 88 orang, Thailand 12 orang, Malaysia 7 orang dan negara lainnya berjumlah 36 orang.

4. Ada tidak dampaknya keberadaan WNA dan TKA ini di Sukabumi?

Harapannya dengan kondisi seperti ini, dampaknya tidak terlalu besar sih. Seperti yang kita ketahui bahwa, orang asing itu di sini membawa dampak yang lumayan juga untuk perekonomian masyarakat.

5. Lalu apa yang menjadi masalah?

Kita jangan berpandangan satu sisi saja, kalau semuanya kita berpandangan hanya satu sisi saja bagaimana dengan sisi misalnya penanam modalnya atau perusahaannya. 

Banyak informasi dan berita di media massa dan media sosial yang isinya tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Toh keberadaan WNA dan TKA ini dapat kita tangani, dan mudah mudahan tidak menjadi viral lagi. 

Kita sudah membuktikan apakah benar informasi atau berita sebelumnya bahwa ada ratusan TKA di satu tempat, setelah kita cek hanya ada tujuh, kita ubek-ubek terus tidak ada lagi kok.

6. Tadi anda bilang tentang sisi penanam modal atau perusahaan, adakah langkah atau tindakan tegas kepada pihak penanam modal atau perusahaan?

Kita akan berikan peringatan kepada mereka. Harusnya mereka kemudian  melaporkan keberadaan daripada WNA dan TKA ini sedetail-detailnya kepada kita.

Apabila sudah diberikan peringatan pihak mereka tetap seperti itu, mohon maaf akan kita ambil tindakan tegas. Terutama kejadian di PT Zhong Min Hydro ini, sebuah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) yang berlokasi di wilayah Sagaranten, Kabupaten Sukabumi itu akan kami panggil, kaitannya tentang keberadaan tujuh TKA ini, kenapa mereka tidak memberitahukan kepada kita tentang keberadaan TKA tersebut.

7. Apakah sudah ada imbauan, sosialisasi atau penyampaian informasi kepada perusahaan-perusahaan yang menggunakan TKA di tempat perusahaanya?

Setiap orang yang ketempatan ada orang asingnya, wajib untuk memberitahukan dan melaporkan nya melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA), jika tidak maka dapat mendapatkan sanksi hukum. Dari aplikas

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 14:30 WIB

"Bagaimana Perasaanmu?", 8 Kalimat Penting untuk Membesarkan Anak Bahagia

Ungkapan-ungkapan praktis berikut adalah semua yang Anda perlukan untuk memiliki anak yang bahagia dan mandiri.
Ilustrasi. Tips membesarkan anak bahagia. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 14:00 WIB

Cara Menghilangkan Trauma Setelah Diputuskan, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Putus cinta bisa menjadi pengalaman yang mengguncang dan meninggalkan bekas trauma emosional yang dalam.
Ilustrasi. Putus cinta. Sumber : pixabay/breakty99
Life28 April 2024, 13:31 WIB

5 Sikap Sederhana yang Membuat Anda Semakin Berwibawa di Mayarakat, Ini Rahasianya!

Sikap yang dilakukan orang bisa menjadi alasan orang lain memandangnya berwibawa, sehingga rasa hormat dan keseganan itu nyata adanya.
Ilustrasi. Sikap yang membuat orang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Ono Kosuki
Life28 April 2024, 13:30 WIB

Menghabiskan Waktu Bersama, Terapkan 6 Cara Kecil Ini Agar Anak Merasa Istimewa

Ada cara sederhana namun ampuh untuk memastikan semua anak Anda merasa istimewa.
Ilustrasi. Cara membuat anak merasa istimewa. Sumber : Freepik/@freepik