Korban Keracunan Massal di Cibadak Sukabumi Bertambah Jadi 112 Orang

Rabu 05 Juni 2024, 15:05 WIB

Korban keracunan makanan di Kampung Cikiwul, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi jumlahnya terus bertambah. Hasil pendataan posko kesehatan, hingga pukul 23.00 tadi malam korban mencapai 112 orang, sebelumnya 49 orang.
.
Dari data tersebut sebanyak 52 orang diantaranya dilarikan ke RSUD Sekarwangi untuk menjalani penanganan medis.
.
Kabid Pelayanan Medis RSUD Sekarwangi, Dr. Andry Priyana Jaya, menyampaikan bahwa gejala yang dialami para pasien menunjukkan tanda-tanda keracunan. "Gejalanya memang gejala keracunan ya, mual-mual, muntah, dan buang air," ujar Andry kepada sukabumiupdate.com, Rabu (5/6/2024).
.
Andry mengatakan, beberapa pasien hanya mengalami nyeri perut ringan, sehingga sebagian dari mereka sudah bisa dipulangkan, sementara lainnya memerlukan observasi lebih lanjut bahkan perawatan intensif.
.
Ia menjelaskan bahwa penanganan di rumah sakit meliputi pemberian cairan untuk mengatasi dehidrasi ringan hingga sedang, serta obat-obatan untuk lambung dan mengurangi mual.
.
"Diharapkan nantinya di rumah, pasien sudah tidak mengalami gejala mual dan muntah, sehingga bisa mengonsumsi obat dan makanan dengan baik," jelasnya.

Video