Galian Pasir di Warungkiara Sukabumi Longsor, 1 Penggali Nyaris Tewas Tertimbun

Kamis 02 November 2023, 02:08 WIB

Tebing galian pasir di Kampung Cilutung Rt 01/02 Desa Girijaya Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi, tiba-tiba longsor, Rabu (1/11/2023) siang. Bencana longsor tersebut mengakibatkan seorang penggali pasir bernama Misja (60 tahun) tertimbun longsoran pasir. Beruntung nyawanya terselamatkan usai dievakuasi oleh tim gabungan.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Warungkiara Yudi Ridwan mengatakan, peristiwa ini terjadi saat Misja dan dua rekannya tengah bekerja menggali pasir di tambang milik warga sekitar pukul 13.00 WIB. Sejam kemudian, tiba-tiba tebing galian setinggi kurang lebih dari 10 meter longsor dan menimpa Misja.

"Galian di atas bapak Misja mengalami longsor yang mengakibatkan bapak Misja tertimbun longsoran". "Sedangkan dua rekannya yakni bapak Uca dan bapak Hendi berhasil lari, keluar lokasi dan meminta pertolongan," kata Yudi dalam keterangannya yang diterima sukabumiupdate.com.

Dengan peralatan seadanya, warga sekitar kemudian mencoba menolong Misja. Hingga akhirnya bala bantuan dari tim gabungan yang terdiri dari satgas BPBD, Polsek hingga Koramil datang dan mencoba mengeluarkan Misja dengan menggali timbunan pasir tersebut.

"Sekitar pukul 16.05 WIB korban dapat dievakuasi dengan keadaan selamat dan untuk melakukan pemeriksaan kesehatannya korban dilarikan ke rumah sakit Sekarwangi," kata Yudi.

Yudi menuturkan, penyebab galian pasir ini longsor diduga akibat rentannya lokasi lahan galian.

 

Video