Viral Gerombolan Lutung Hadang Pengunjung di Jembatan Situ Gunung Sukabumi, Ini Faktanya

Kamis 06 Juni 2024, 21:49 WIB
Tangkapan layar video viral di media sosial, Lutung Jawa mengerubungi jembatan merah di Lembah Purba Situ Gunung Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

Tangkapan layar video viral di media sosial, Lutung Jawa mengerubungi jembatan merah di Lembah Purba Situ Gunung Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di media sosial, seorang pengunjung mengaku diadang kawanan lutung jawa (trachypithecus auratus) saat melintasi jembatan merah di kawasan wisata Lembah Purba Situ Gunung, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan penelusuran sukabumiupdate.com pada Kamis (6/6/2024), video itu pertama kali diunggah oleh akun tiktok @bowjinarre pada Selasa 4 Juni 2024 dan telah menyita perhatian 1,2 juta penonton, 10,6 ribu disukai dan mendapatkan 724 komentar.

Dalam unggahannya itu, pengunggah menyertakan keterangan jika ia sedang diadang oleh kawanan lutung saat melintasi jembatan gantung tersebut.

“Ketika hiking dihadang gerombolan lutung #lembahpurba," tulis pengunggah.

Baca Juga: Lutung Masuk Permukiman di Sukabumi, Pegiat Lingkungan: Kemungkinan Tersesat

Saat dikonfirmasi, Kepala Resort Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Situ Gunung, Asep Suganda menyampaikan kondisi sebenarnya. Menurutnya saat itu kawanan Lutung Jawa itu sedang 'berpesta' mengingat di sekitar jembatan terdapat pohon rambutan hutan atau Saninten (castanopsis Sp) yang tengah berbuah.

“Kawanan Lutung Jawa ini sedang mengadakan pesta ceria mereka karena di samping jembatan merah ada jenis pohon yang sedang berbuah namanya Saninten yang merupakan makanan favorit Lutung Jawa," ujar Asep, Kamis (6/6/2024).

Menurut Asep, Jembatan merah Situ Gunung kerap dijadikan perlintasan Lutung Jawa. Selain itu di saat sepi pengunjung, mereka sering bercanda di atas jembatan tersebut.

Asep menuturkan, Lutung Jawa masuk ke dalam status konservasi Vulnerable (VU) atau rentan menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) atau Uni Internasional untuk Konservasi Alam.

Menariknya, kata Asep, sejauh ini populasi Lutung Jawa di Situ Gunung semakin bertambah. "Bahkan belum ter-habituasic artinya tidak terlalu berpengaruh dengan banyaknya pengunjung," kata dia.

Baca Juga: Cerita Korban Keracunan Massal di Cibadak Sukabumi, Alami Mual hingga Diare

Di Situ Gunung, lanjut dia, terdapat delapan titik dengan 16 kelompok Lutung Jawa dengan rata-rata per kelompoknya terdapat 14-16 ekor hewan primata endemik tersebut. Asep mengungkapkan, populasi Lutung Jawa di Situ Gunung diperkirakan mencapai 200-300 ekor sehingga dalam kondisi terjaga.

“Kondisinya tidak terganggu dan berkembang biak dengan baik, dan sifat alaminya tetap ada. Ketika ada pengunjung mereka menghindar, kemudian salah satu upaya kami untuk tetap tidak ada perubahan perilaku mereka, yaitu dengan memberikan larangan ke pengunjung agar tidak memberikan makanan terhadap satwa," ucapnya.

Dengan keberadaan satwa liar tersebut, pihaknya turut mengimbau kepada masyarakat khususnya para pengunjung kawasan wisata Situ Gunung untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Kami mengimbau kepada wisatawan, boleh dipandang tapi tidak boleh dipegang. Artinya nikmati kelucuan mereka tapi jangan dimiliki, biarkan mereka di alam yang alami dan jangan lupa enggak boleh beri makanan apapun terhadap satwa, salam lestari," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional15 Juni 2024, 00:38 WIB

Panglima TNI: Ormas Sipil Bisa Ikut Pasukan Perdamaian di Palestina

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyatakan bahwa keikutsertaan organisasi tersebut akan diatur oleh Kementerian Luar Negeri.
Jenderal Agus Subiyanto, Panglima TNI | Foto : Youtube Kompas
Sukabumi15 Juni 2024, 00:14 WIB

Penempatan Guru P3K PAI Di Cidolog Sukabumi Picu Polemik, Peran Pengawas PAI Disorot?

Penempatan guru P3k PAI di SDN Tegallega, Desa Tegallega, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi memicu polemik ditengah warga.
Polemik penempatan guru P3K PAI di SDN Tegallega Cidolog Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi15 Juni 2024, 00:03 WIB

Bertemu Ratusan Kades, Bapenda Sukabumi Sosialisasikan Optimalisasi PBB P2

Kegiatan sosialisasi ini salah satu langkah Bapenda Kabupaten Sukabumi dalam menggenjot penerimaan PAD dari sektor PBB P2.
Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi PBB P2 yang digelar Bapenda Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi14 Juni 2024, 23:50 WIB

Tak Ditanggung BPJS, Kisah Korban Geng Motor di Sukabumi Sempat Tertahan di IGD Gegara Biaya

Pengobatan AAM (21 tahun) seorang pemuda asal Citamiang, Kota Sukabumi yang merupakan korban keganasan kawanan geng motor hingga tiga jari kanannya hampir putus tak ditanggung BPJS
Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD R Syamsudin SH (RS Bunut) Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi14 Juni 2024, 22:31 WIB

Rawan Kecelakaan, 5 Orang Tewas Tertabrak Kereta Sukabumi Selama Semester I 2024

Keberadaan rel kereta api di Sukabumi menyisakan cerita-cerita tragis. Terutama seringnya kecelakaan yang merenggut nyawa.
Dalam semester 1 tahuan 2024, sebanyak 5 orang tewas akibat tertabrak kereta api di Sukabumi| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi14 Juni 2024, 22:25 WIB

DPRD Sukabumi Soroti Soal UHC hingga DTKS di Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf membeberkan apa saja yang disampaikan pihaknya dalam Forum Kemitraan Faskes BPJS Kesehatan.
Jajaran Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menghadiri kegiatan Forum Kemitraan Pengelolaan Kerjasama Fasilitas Kesehatan tahun 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Keuangan14 Juni 2024, 21:49 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

BSI International Expo 2024 bertema Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem akan digelar selama 4 hari di JCC Senayan, Jakarta.
BSI siap menggelar BSI International Expo 2024. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat14 Juni 2024, 21:24 WIB

Parkir di Masjid Raya Al Jabbar Digratiskan Sementara, Ini Alasannya

Gratiskan sementara biaya parkir, Pengelola Masjid Raya Al Jabbar Bandung tegaskan bila ada yang memungut dinyatakan ilegal.
Masjid Raya Al Jabbar. (Sumber : Humas Pemkot Bandung)
Sukabumi14 Juni 2024, 21:20 WIB

Diguyur Hujan Deras, BPBD Kota Sukabumi Tangani 4 Bencana Alam di Cikole

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menangani bencana alam yang terjadi di empat lokasi di Kecamatan Cikole
BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana banjir di Cikole | Foto : Asep Awaludin
Internasional14 Juni 2024, 21:10 WIB

Wukuf di Arafah, 1.169 Tenda Disiapkan bagi Jemaah Haji Indonesia

Menyambut pelaksanaan puncak haji, PPIH Arab Saudi mempersiapkan sebanyak 1.169 tenda di Arafah bagi jemaah Indonesia.
Jemaah haji Indonesia mulai tiba di Arafah. (Sumber : Kemenag RI)