Bukan Parafilia Murni, Menebak Pikiran Pelajar SMP Bunuh dan Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Selasa 07 Mei 2024, 13:21 WIB
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota

Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota

SUKABUMIUPDATE.com - Joko Kristiyanto, seorang konsultan psikologi, memberikan pandangannya atas kasus pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Dalam perkara ini, siswa kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) berinisial S (14 tahun) nekat menghabisi nyawa tetangganya, MA (7 tahun), bocah laki-laki yang masih kelas I sekolah dasar (SD). Selain membunuh, S juga diduga melakukan sodomi terhadap korban.

Joko mengungkapkan ada banyak motif yang mendorong terduga pelaku melakukan aksinya. Melihat usianya yang baru 14 tahun, Joko menilai S ada dalam kondisi pubertas yang tinggi. Diketahui, tindakan sadis ini terbongkar saat MA ditemukan tewas di kebun pala milik warga pada 17 Maret 2024. Lokasi tersebut tidak jauh dari rumah terduga pelaku dan korban. Setelah diselidiki oleh kepolisian, ditemukan fakta, sehari sebelumnya MA menjadi korban sodomi dan pembunuhan oleh S.

"Kasus sodomi yang berakhir pembunuhan itu banyak motif. Apakah ini kategorinya sudah masuk parafilia, yakni perubahan perilaku menyimpang seksual, atau hanya salah satu bentuk eksistensi mengekspresikan seksual. Dilihat dari usianya, tampaknya ini akumulasi dari apa yang dia (terduga pelaku) lakukan. Bisa jadi pelaku tidak murni parafilia, tapi juga dari tontonan, tayangan, melihat sesuatu, kemudian mengambil langkah yang paling aman. Karena kalau misalkan dengan perempuan, bisa menghasilkan kehamilan (pikiran terduga pelaku)," kata Joko kepada sukabumiupdate.com, Senin, 6 Mei 2024.

Baca Juga: Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Alasan Joko tidak meyakini kasus ini sebagai parafilia murni adalah karena terduga pelaku masih dalam kondisi pubertas dan korbannya anak kecil. Berbeda dengan pedofilia yang seharusnya dilakukan orang dewasa terhadap anak yang pra-pubertas. Joko menduga dalam perkara tersebut terdapat hubungan relasi kuasa karena kemungkinan melawan dari korban sangat rendah.

"Bicaranya relasi kuasa, makanya saya tidak terlalu yakin ini parafilia murni. Artinya, usia 14 tahun, laki-laki, sedang top-topnya masa pubertas. Jika dia sering menonton, melihat, mendengar, apakah dari tayangan atau apa pun, bisa menjadi sebuah inspirasi. Atau apakah dia pernah pacaran atau tidak. Itu memengaruhi cara berpikir tindakannya," ujar Joko yang pernah menempuh pendidikan psikologi di Universitas Indonesia, Universitas Erasmus Rotterdam Belanda, dan Universitas Auckland Selandia Baru.

"Lalu mengapa sampai dibunuh dan kembali melakukan aktivitas itu, berarti ada satu dorongan yang sudah sangat lama bahwa melakukan aktivitas seksual adalah sesuatu yang sangat puas. Bisa jadi ini aktivitas yang sangat didambakan. Makanya ketika korban sudah meninggal pun masih dilakukan. Berarti ada bentuk ingin mencapai tingkat kepuasan sehingga nafsu seksualnya dilakukan," tambahnya.

Joko mengungkapkan pihak terkait harus benar-benar mempelajari kondisi kejiwaan terduga pelaku untuk mengetahui apa yang ada di pikirannya. "Atau pelaku juga pernah menjadi korban sehingga ada sakit hati dan dendam yang ingin dilakukan tapi tidak tahu dilakukan ke siapa. Bisa juga dia menjadi korban bullying. Artinya potensi-potensi itu bisa terjadi kepada pelaku dan mencari siapa yang bisa (dijadikan objek) untuk melampiaskan kemarahannya. Kembali ini ada soal relasi kuasa," kata dia.

Kronologi

Pada hari kejadian, sekira pukul 07.00 WIB, korban pergi ke rumah temannya berinisial H untuk menonton televisi, bersama temannya yang lain, termasuk terduga pelaku. Namun sekira pukul 08.30 WIB, korban pamit untuk mengambil buah pala ke kebun. Terduga pelaku lalu mengikutinya dan diduga telah menargetkan MA.

Ketika situasi sepi, polisi menyebut terduga pelaku langsung melorotkan celana korban dari arah belakang. Celana yang dilorotkan itu digunakan terduga pelaku untuk melilit atau mencekik korban. Alhasil, korban berusaha melawan dan berlari dalam keadaan sudah lemas. Ketika situasi inilah terduga pelaku melakukan aksi sodominya.

Setelah aksi sodomi pertama, terduga pelaku meninggalkan korban. Namun tak lama, sekira pukul 11.00 WIB, dia kembali ke lokasi untuk memastikan korban meninggal. Terduga pelaku lalu mencekik korban menggunakan tangan hingga dipastikan tewas. Setelah korban meninggal, terduga pelaku melakukan aksi sodomi yang kedua.

Terduga pelaku mengaku pernah menjadi korban tindakan serupa. Tetapi polisi akan mendalaminya dengan memeriksa secara medis kejiwaan S dan lubang anusnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional19 Mei 2024, 17:31 WIB

Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang Selatan, 3 Orang Tewas

Pesawat latih jatuh di BSD Tangerang Selatan. Tiga orang dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 17:04 WIB

BPJS Kesehatan Soal Isu Data Fiktif Kepesertaan JKN yang Dikeluhkan Bupati Sukabumi

BPJS Kesehatan angkat bicara terkait isu data fiktif kepesertaan JKN yang dikeluhkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kepala BPJS Kesehatan cabang Sukabumi Dwi Surini. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik19 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Espresso Sabrina Carpenter yang Viral di TikTok

Lagu Espresso Sabrina Carpenter sudah ditonton sebanyak lebih dari 61 juta kali dan banyak dijadikan backsound music video viral di TikTok.
Ilustrasi. Official Video Lagu Espresso Sabrina Carpenter (Sumber : YouTube/SabrinaCarpenter)
Kecantikan19 Mei 2024, 16:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo dan Cara Penggunaannya

Menggunakan bahan-bahan alami secara teratur dapat membantu mengurangi dan menghilangkan komedo.
Ilustrasi -  Komedo dapat muncul di berbagai area wajah, seperti hidung, dahi, dan dagu. (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi19 Mei 2024, 15:00 WIB

Loker S1 Tekpang di Perusahaan Makanan, Jobseeker Ayo Daftar!

Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Admin PDN ini dibuka hingga 1 Juli 2024 mendatang.
Ilustrasi. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Admin PDN ini dibuka hingga 1 Juli 2024 mendatang. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 14:38 WIB

PKS Resmi Usung Achmad Fahmi Jadi Bacalon Wali Kota Sukabumi untuk Pilkada 2024

DPD PKS Kota Sukabumi deklarasikan Achmad Fahmi jadi bacalon Wali Kota Sukabumi untuk Pilkada 2024. Siapkan dua nama untuk jadi pendamping.
DPD PKS Kota Sukabumi resmi mendeklarasikan Achmad Fahmi sebagai Bacalon Wali Kota Sukabumi untuk kontestasi Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Mei 2024, 14:00 WIB

13 Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi Asam Urat Secara Alami

Meskipun metode alami dapat membantu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat untuk meredakan nyeri sendi asam urat. Pengobatan medis mungkin diperlukan untuk mengontrol kadar asam urat & mencegah komplikasi.
Ilustrasi. Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi Asam Urat Secara Alami (Sumber : Freepik/@krakenimages.com)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 13:29 WIB

Bangun Ekonomi Masyarakat, Ayep Zaki Luncurkan Dana Abadi Bagi Komunitas RW di Kota Sukabumi

Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyerahkan dana abadi untuk komunitas RW 11 di Gunung Puyuh.
Ayep Zaki saat membagikan dana abadi untuk komunitas RW 11 di Gunung Puyuh Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 13:15 WIB

Spot Mancing di Jembatan Cikaso Sukabumi, Mengincar Ikan Sidat 9 Kilogram

Warga jadikan Jembatan Cikaso Sukabumi jadi spot mancing ikan sidat.
Ade saat berburu sidat (Lubang) di atas Jembatan Cikaso Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Sukabumi19 Mei 2024, 13:15 WIB

Distan Sukabumi Sosialisasikan Rencana Reklasifikasi Usaha Perkebunan Besar 2024

Dinas Pertanian menginformasikan secara masif agenda reklasifikasi kepada seluruh pengelola perkebunan besar di Kabupaten Sukabumi agar memiliki pemahaman yang sama.
Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap saat membuka acara sosialisasi reklasifikasi pengelolaan usaha perkebunan besar tahun 2024. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)