1.000 Bidang Tanah Per Tahun, BPN Akui Sulit Realisasikan PTSL di Kota Sukabumi

Selasa 24 Oktober 2023, 11:37 WIB
Kepala BPN Kota Sukabumi, Surahman saat ditemui di salah satu acara pda Senin (23/10/2023) | Foto : Asep Awaludin

Kepala BPN Kota Sukabumi, Surahman saat ditemui di salah satu acara pda Senin (23/10/2023) | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantah Kota Sukabumi akui banyak hambatan dalam proses realisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Sukabumi. Target 1.000 bidang tanah dalam satu tahun periode anggaran, namun baru 80 sertifikat yang diserahkan.

Kepala BPN Kota Sukabumi, Surahman menyebut salah satu kendala dalam proses realisasi PTSL adalah kurangnya penyuluhan atau sosialisasi terhadap masyarakat.

"Bisa jadi kami kurang sosialisasi atau bisa jadi memang tanahnya banyak yang bermasalah. Kota Sukabumi itu kan memang letaknya di kota jadi banyak sekali permasalahan yang harus diselesaikan ada yang tumpang tindih ada yang sengketa waris dan sebagainya," ujar Surahman kepada sukabumiupdate.com, Senin (23/10/2023).

Baca Juga: Peresmian Pabrik Pupuk Batubara di Riau, Komitmen Ayep Zaki Bidang Pertanian

Selain itu, banyaknya tanah di Kota Sukabumi yang dimiliki oleh orang luar kota juga menjadi salah satu faktor penghambat proses pendataan yang dilakukan oleh perangkat yang berada di Kelurahan.

"Saat ini kesulitannya banyak pemilik tanah yang di luar kota sehingga pada saat pendataan orang kelurahan pun tidak tahu itu tanah punya siapa dan sebagainya, bahkan maklum lah karena kelurahan itu kan pegawai negeri bukan kepala desa atau kuwu," kata dia.

"Kalau lurah itu kan biasanya orang luar sehingga banyak tanah yang tidak tahu itu punya siapa, yang kedua banyak tanah yang masih sengketa atau banyak tanah yang masih bagi waris," tambah dia.

Kemudian, ia pun menyayangkan dengan seribu kuota yang disediakan serta biaya biaya yang sangat murah itu hingga saat ini peningkatannya belum memuaskan.

Baca Juga: 5 Tanda Smartphone Sudah Harus Diganti, Updaters Wajib Tahu!

"Harus satu tahun anggaran, anggaran itu kan 31 Desember. Iya sayang sekali kalau masyarakat kota Sukabumi tidak membuatkan PTSL hanya 150 ribu, kemudian BPHTB oleh pak walikota waktu jaman pak Achmad Fahmi 0 rupiah. Hingga saat ini belum sampai 50 persen padahal sudah bulan Oktober," ungkapnya.

Lebih rinci, ia mengatakan ada kurang lebih sekitar 80 bidang tanah yang telah bersertifikat melalui PTSL, 100 lebih yang baru selesai dan 300 yang baru mendaftar. "80 an yang sudah diserahkan. Kalau yang sudah selesai di atas 100. Yang sudah daftar itu sekitar 300," ucapnya.

Kendati demikian, dari seribu kuota yang belum terealisasi itu, Pihaknya mengaku akan memanggil semua lurah di Kota Sukabumi untuk mengadakan rapat koordinasi agar program tersebut dapat segera direalisasikan.

Baca Juga: Tak Hanya Fisik, Polusi Udara Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental!

"Kuotanya seribu tapi sampai saat ini belum terpenuhi mudah mudahan besok saya panggil berapa lurah untuk rapat koordinasi supaya untuk percepatan di kota Sukabumi ini bisa terealisasi 100 persen karena targetnya harus 100 persen," tuturnya.

Terlebih, Surahman menjelaskan terkait kategori yang boleh dan tidak boleh ikut dalam program Ptsl. Di antaranya ada tiga kategori yang tidak diperbolehkan mengikuti program Ptsl tersebut.

"Tidak hanya masyarakat yang boleh ikut ptsl, instansi pemerintah juga boleh, aset pemerintah kota, aset negara, kepolisian, TNI, kemudian tanah wakaf juga boleh ikut ptsl hanya 3 kategori yang tidak boleh, satu warga negara asing, dua badan hukum, tiga tanah yang sudah sertifikat, misalnya mau balik nama, mau pemecahan itu ga boleh lewat ptsl," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat13 Juni 2024, 09:00 WIB

10 Rekomendasi Sarapan untuk Penderita Asam Lambung dan Cara Penyajiannya

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sukabumi Memilih13 Juni 2024, 08:25 WIB

Beredar Foto Bareng Asjap untuk Pilkada Sukabumi, Anjak: Aspirasi Pendukung

Anjak mengungkapkan gambar itu bukan diunggah oleh akun Instagram pribadinya.
Ketua Bappilu PKS Kabupaten Sukabumi Anjak Priatama Sukma. | Foto: SU
Sehat13 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Daging Jeroan Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan?

Jeroan mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Purin adalah senyawa yang, ketika dipecah oleh tubuh, menghasilkan asam urat.
Ilustrasi. Contoh Daging Jeroan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan? (Sumber : Freepik/@Racool_studio)
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin