Berakhir Damai, Kasus Balita di Kota Sukabumi Tertimpa Timbangan Dacin

Kamis 15 Juni 2023, 11:29 WIB
Pertemuan mediasi antara keluarga korban dan pihak terkait lainnya pada Rabu, 14 Juni 2023. | Foto: Istimewa

Pertemuan mediasi antara keluarga korban dan pihak terkait lainnya pada Rabu, 14 Juni 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus tertimpanya balita perempuan berusia empat tahun delapan bulan, Khadijah Ghania Adhwa, oleh timbangan dacin di Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, berakhir damai. Semua pihak, terutama keluarga dan Posyandu Delima 14, berkomunikasi baik dalam pertemuan mediasi pada Rabu, 14 Juni 2023.

Diketahui, Khadijah tertimpa timbangan dacin saat mengikuti Sub-Pekan Imunisasi (Sub-Pin) Polio di Posyandu Delima 14, Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Rabu, 24 Mei 2023. Kejadian ini kemudian viral di media sosial setelah ibu korban, Zena Miftahul Janah (26 tahun), mengunggah surat terbuka di akun pribadinya beberapa waktu lalu.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi sudah menjelaskan kronologi rinci peristiwa tersebut dan akan bertanggung jawab dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap Khadijah. Pemeriksaan bakal dilakukan secara lengkap bersama dokter spesialis di rumah sakit terhadap pasien untuk menentukan penanganan terbaik selanjutnya.

Mediasi di rumah korban di Kelurahan Baros, Rabu kemarin, dihadiri Dinkes, Puskesmas Baros, Lurah Baros, dan beberapa kader Posyandu Delima 14. Turut hadir Polsek Baros.

Baca Juga: Kronologi Balita Tertimpa Timbangan Dacin, Ini kata Plt Kadinkes Kota Sukabumi

Ibu korban, Zena Miftahul Janah menyampaikan permohonan maafnya dan mengucapkan terima kasih kepada pihak yang bersangkutan karena telah mengabulkan harapannya yakni memeriksa Khadijah. Permohonan maaf disampaikan Zena lantaran merasa telah membuat kasus ini viral di media sosial lewat surat terbuka yang diunggahnya.

"Atas nama saya pribadi dan keluarga memohon maaf karena telah membuat sedikit kegaduhan. Terima kasih juga sudah mengabulkan harapan saya dan keluarga untuk penanganan anak saya selanjutnya akan seperti apa," ujar Zena.

Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih mengatakan pihaknya melalui Polsek Baros hadir dalam pertemuan itu bukan dalam konteks mediasi yang dilakukan kepolisian. Ini karena tak ada laporan apa pun yang masuk ke Polsek Baros maupun Polres Sukabumi Kota terkait tertimpanya Khadijah oleh timbangan dacin.

"Polsek memonitor saja karena ini tidak ada laporan, hanya memang ramai di media sosial," kata Astuti pada Kamis (15/6/2023).

Astuti mengatakan sebab tak ada laporan polisi yang dilayangkan orang tua korban, pihaknya tak dapat memproses aduan masyarakat. Tetapi, Astuti menduga kejadian tersebut di luar dugaan dan mengimbau pihak posyandu dapat memeriksa sarana prasarana pelayanan masyarakat khususnya untuk anak-anak.

"Sebaiknya sebelum melakukan penimbangan dilakukan dulu pengecekan terhadap alat timbang karena kita juga tidak tahu akan ada kejadian," katanya.

Dinkes juga telah mengajukaan kekurangan alat antropometri sebagai pengganti timbangan dacin kepada Kementerian Kesehatan. Adapun alasan timbangan dacin masih digunakan karena belum ditemukan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) yang melarang penggunaan timbangan dacin di posyandu. Keputusan Menteri Kesehatan soal antropometri menyebutkan apabila tidak tersedia alat ukur berat badan digital, maka dapat menggunakan dacin.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi29 Februari 2024, 09:25 WIB

Atlet Muaythai Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Para atlet yang bertanding berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama 1 bulan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi memberikan perlindungan jaminan sosial kepada atlet muaythai yang bertanding di DCS Muaythai Challenge, Minggu (25/2/2024). | Foto: Istimewa
Life29 Februari 2024, 09:15 WIB

29 Februari 2024 Tahun Kabisat: Terjadi 4 Tahun Sekali dan Doodle Katak

Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari.
Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari. (Sumber : Istimewa).
Internasional29 Februari 2024, 09:01 WIB

Hamas Serukan Warga Palestina Ramai-ramai Datangi Masjid Al Aqsa saat Ramadhan

Israel mengatakan akan mengizinkan salat Ramadhan di Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
Hamas menyerukan warga Palestina untuk bergerak ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem pada awal Ramadhan. | Foto: Instagram/@masjid_al_aqsa