Siapa Teratas? Survei Capres versi Charta Politika: Ganjar, Prabowo dan Anies

Senin 15 Mei 2023, 19:15 WIB
Berikut hasil survey elektabilitas capres versi Charta Politika dimana Ganjar Pranowo berada di urutan teratas disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan | Foto : sy

Berikut hasil survey elektabilitas capres versi Charta Politika dimana Ganjar Pranowo berada di urutan teratas disusul Prabowo Subianto dan Anies Baswedan | Foto : sy

SUKABUMIUPDATE.com - Panasnya persaingan pilpres 2024 telah terasa meskipun pesta demokrasi itu akan dilangsungkan tahun depan. Berbagai lembaga survey telah coba memetakan persaingan bakal calon presiden, salah satunya Charta Politika.

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas figur bakal calon presiden jelang Pilpres 2024 terbarunya.

Melansir dari Suara.com, hasilnya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan teratas, di susul Prabowo Subianto di posisi kedua, dan Anies Baswedan diurutuan ketiga.

Baca Juga: 16 Parpol di Kota Sukabumi Daftarkan 507 Bacaleg ke KPU untuk Pemilu 2024

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, menjelaskan, bahwa awalnya pihaknya melakukan survei terhadap simulasi 10 nama figur bakal calon presiden (bacapres).

"Kita masuk terlebih dahulu di elektabilitas 10 nama, Ganjar Pranowo memimpin dengan angka 34,6%. Jadi, belum tentu belum populer atau belum banyak dikenal itu paling banyak dipilih," kata Yunarto dalam paparannya secara daring, Senin (15/5/2023).

"Nomor dua ada pak Prabowo dengan angka 28,1 persen. Nomor tiga ada mas Anies dengan angka 21,4 persen," sambungnya.

Sementara itu ia menjelaskan, bahwa berdasarkan keinginan publik memang tiga nama teratas diisi oleh Ganjar, Prabowo dan Anies.

Baca Juga: Komedian Komeng Daftar Jadi Bakal Calon Anggota DPD Dapil Jawa Barat

"Dari sini makin tergambarkan pertarungan sulit kalau kita baca dari konstelasi buttom up keinginan publik memang tiga orang yang pantas yang masuk ke dalam pertarungan dan membentuk porosnya sendiri adalah mas Ganjar, pak Prabowo dan Mas Anies," ujarnya.

Menurutnya, juga perolehan elektabilitas dari ketiga nama tersebut jaraknya terlalu jauh dengan elektabilitas figur lainnya di urutan keempat dan seterusnya.

"Karena dalam dua tahun terakhir tidak ada perubahan yang berarti, divisi papan atas ini terlalu jauh dengan peringkat keempat dan kelima dan seterusnya," tuturya.

Adapun di urutan keempat ada nama Ridwan Kamil dengan 4,8 persen, Sandiaga Uno 1,5 persen, lalu Erick Thohir 1,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 0,9 persen, di bawahnya Airlangga Hartarto 0,7 persen, lalu Khofifah Indar Parawansa 0,5 dan Puan Maharani 0,4. Adapun responden yang tidak menjawab atau tidak tahu ada 5,8 persen.

Baca Juga: Sebut Biaya Medical Check Up Mahal, 30 Bacaleg Partai Buruh Kota Sukabumi Mundur

"Artinya, peringkat keempat kelima dan seterusnya saya pikir dengan sisa waktu 5 bulan menjelang waktu pendaftaran KPU, harusnya mulai berfikir dari dulunya ingin membuat koalisi dengan penuh ambisi, sekarang harus membuat koalisi dengan tahu diri," tuturnya.

Sementara itu, dalam simulasi 3 nama dalam survei ini Ganjar lagi-lagi unggul dengan angka 38,2 persen, lalu disusul Prabowo dengan 31,1 persen. Sementara Anies dengan 23,6 persen.

Untuk diketahui, survei dilakukan pada tanggal 2-7 Mei 2023, melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 1220 responden, yang tersebar di 34 Provinsi. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2.82%) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Juni 2024, 11:45 WIB

Gagal Nyalip, Pemotor Revo Tewas Terlindas Truk di Cicurug Sukabumi

MN diduga tidak dapat menguasai laju kendaraannya saat mencoba menyalip truk.
MN (50 tahun), korban tewas kecelakaan terlindas truk di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (14/6/2024). | Foto: Istimewa
Sehat14 Juni 2024, 11:45 WIB

Ingin Gula Darah Normal? Ini Aturan Minum Obat Diabetes Sesuai Resep Dokter

Penderita diabetes penting memperhatikan aturan minum obat. Tentunya, sesuaikan dengan anjuran dokter agar bisa mengontrol kadar gula tetap normal
Ilustrasi Aturan minum obat diabetes untuk mengontrol gula darah tetap normal (Sumber : Pexels.com/@JESHOOTS.com)
Nasional14 Juni 2024, 11:37 WIB

Hati-hati, Ada Traffic Attitude Record: Sistem Cabut SIM Karena Keseringan Ditilang

Jika keseringan kena tilang, dengan bantuan sistem Traffic Attitude Record Polri akan menerapkan sanksi cabut SIM (Surat Izin Mengemudi),
Ilustrasi SIM. Polri akan menerapkan aturan baru soal SIM dicabut karena keseringan ditilang (Sumber: istimewa)
Food & Travel14 Juni 2024, 11:30 WIB

10 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Normal

Pengaturan Pola Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes: Pilih karbohidrat yang dicerna lebih lambat untuk menjaga gula darah tetap stabil.
Ilustrasi. Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Normal (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi14 Juni 2024, 11:28 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Jelaskan Pentingnya Jalinan Kerja Sama Perusahaan

BPJS Ketenagakerjaan memiliki peran penting untuk membina dan menjalin hubungan baik dengan perusahaan.
Proses kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi dengan perusahaan Great Apparel Indonesia, Kamis (13/6/2024). | Foto: Istimewa
Life14 Juni 2024, 11:15 WIB

9 Cara Mudah Mencegah dan Mengelola Sakit Kepala Saat Kehamilan

Pelajari penyebab umum sakit kepala saat hamil dan kapan rasa sakit itu mungkin menandakan sesuatu yang lebih serius.
Ilustrasi cara mencegah dan mengelola sakit kepala saat kehamilan (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Inspirasi14 Juni 2024, 11:14 WIB

Mitra Grosir Mu Diresmikan, Kolaborasi BUMN dan BUMM Muhammadiyah Sukabumi

Haedar berpesan pilar ekonomi sama kokohnya dengan pendidikan dan kesehatan.
Peresmian MG Mu di Muhammadiyah Boarding School (MBS) di Jalan Raya Karangtengah Nomor 23, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 13 Juni 2024. | Foto: Istimewa
Life14 Juni 2024, 11:00 WIB

Orang Tua Terlalu Protektif, 10 Kesalahan Mendidik Ini Bikin Anak Sulit Diatur!

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan mendidik ini, orang tua dapat membantu anak menjadi lebih responsif terhadap arahan dan nasihat, serta mendukung perkembangan mereka menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab.
Ilustrasi. Orang Tua Terlalu Protektif, Kesalahan Mendidik Ini Bikin Anak Sulit Diatur! (Sumber : Pexels/August de Richelieu)
Life14 Juni 2024, 10:45 WIB

Segera Hubungi Dokter, Ini 6 Tanda Bahaya Kram Perut Pada Ibu Hamil

Kram pada kehamilan sangat umum terjadi. Akan tetapi, jika gejalanya dirasa semakin mengganggu, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Ilustrasi tanda bahaya kram perut pada ibu hamil yang perlu diwaspadai dan segera hubungin dokter (Sumber : Pexels.com/@Leah Newhouse)
Sehat14 Juni 2024, 10:30 WIB

7 Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Diabetes: Manfaat dan Durasinya

Dengan mengikuti panduan olahraga yang aman untuk penderita diabetes, Anda dapat berolahraga dengan aman dan mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas fisik.
Ilustrasi. Jenis Olahraga yang Aman untuk Penderita Diabetes: Manfaat dan Durasinya (Sumber : Pexel.com/Tirachard Kumtanom)