3 Tipe Perempuan Saat Marah

Rabu 02 Maret 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perempuan secara umum biasanya gampang sekali untuk marah, kondisi inilah kadang membuat Perempuan menjadi makhluk yang menakutkan.

Penyebab dari mudah marahnya Perempuan dapat dilihat dari beberapa aspek mulai dari biologis hingga psikologi.

Secara Biologis

Perempuan memiliki dua hormon utama yaitu hormon estrogen dan hormon progesterone. Kadar hormon ini biasanya akan mengalami perubahan sepanjang siklus menstruasi.

Hormon sendiri merupakan zat alami yang diproduksi oleh tubuh dan sangat berperan penting dalam berbagai fungsi dan proses di dalam tubuh kita. Mulai dari fungsi pertumbuhan, metabolisme, fungsi seksual dan reproduksi, hingga yang menentukan suasana hati.

Hormon estrogen berperan penting dalam proses reproduksi dan mengembangkan karakteristik seksual, seperti pada pertumbuhan payudara, bentuk tubuh dan pengaturan siklus menstruasi.

Baca Juga :

Sementara hormon progesterone sendiri lebih berperan dalam mengatur siklus menstruasi dan mendukung terjadinya kehamilan, proses menyiapkan lapisan rahim untuk sel telur yang telah dibuahi dan menekan produksi estrogen setelah ovulasi.

Perempuan juga sebenarnya memiliki hormon testosterone, hormon yang ada pada laki-laki atau hormon androgen. Namun, jumlah hormon testosteron pada Perempuan lebih sedikit dibandingkan pada jumlah pada Laki-laki.

Pengaruh Perubahan Hormon pada Suasana hati Cewek

Perubahan hormon Perepuan merupakan kondisi yang normal terjadi, terutama sebelum dan selama menstruasi terjadi, saat hamil, setelah melahirkan dan saat akan menjelang menopause.

Mood Swing atau suasana hati yang tak menentu penyebab salah satu efek dari perubahan hormon. Inilah alasan mereka mudah marah, tiba-tiba sedih, gampang tersinggung, malas ngapa-ngapain, bahkan lebih parah bisa mengalami depresi.

Hormon Estrogen merupakan jenis hormon yang sangat berkaitan dengan perubahan suasana hati tersebut. Ini dikarenakan, hormon estrogen juga ikut serta dalam mempengaruhi fungsi otak yang mengontrol emosi dan suasana hati.

Misalnya ketika Perempuan mengalami masa premenstrual syndrome (PMS). Perubahan kadar hormon estrogen saat menjelang haid akan mempengaruhi kerja serotonin. Serotonin merupakan senyawa kimia di otak yang bertugas untuk mengatur emosi dan suasana hati.

Maka dari itu, berhati-hatilah saat menghadapi cewek yang sedang PMS, karena apapun yang menyinggung hatinya anda bisa menjadi sasaran empuk untuk meluapkan emosi.

Secara Psikologi

photoIlustrasi Faktor Penyebab Perempuan Marah - (Unsplash)

Marah merupakan respons yang wajar terjadi saat seseorang menghadapi atau mengalami situasi yang mengecewakan. Penyebab ini sangat umum terjadi baik pada cewek maupun Laki-laki.

Ada pengendalian diri untuk menahan amarah yang muncul. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mengendalikan emosi negatif ini dengan baik. Sehingga berbagai ekspresi pun muncul saat seseorang merasa kecewa dan marah,

Penjelasan diatas merupakan faktor yang membuat cewek mudah marah, berikut ini tipe-tipe cewek ketika mereka meluapkan amarahnya;

1. Ngoceh cepat

Secara umum Perempuan paling pintar dan banyak bicara. Tipe pertama adalah Perempuan yang sedang marah ia akan banyak bicara atau ngoceh tanpa jeda. Tipe ini masih aman, karena ia  masih bisa meluapkan isi hati mereka dengan kata-kata.

Tipe ini masih bisa dikatakan tingkat marah atau kekecewaan mereka masih sedikit dan peluang untuk memaafkan masih besar. peluang untuk meredakan amarahnya juga masih bisa dilakukan.

2. Ngoceh singkat

Tipe kedua adalah ngoceh singkat, biasanya kata-kata yang sering diungkapkan contohnya “tidak apa-apa” namun, kata tersebut memiliki makna kebalikannya. Arti sebenarnya adalah mereka memang sedang marah kepada kita. 

Kekecewaan mereka ada pada tingkat menengah, masih ada peluang untuk bisa meredakan amarah mereka. Pada kondisi ini kadang ada gengsi juga yang menjadi faktor, karena gengsilah Perempuan menggunakan kata kebalikan menjadi bentuk ekspresinya.

3. Diam

Puncak kemarahan Perempuan bukan ketika mereka banting-banting barang atau angkat Gedung, melainkan ketika mereka diam.

Diamnya cewek ketika marah adalah bentuk tertinggi dari rasa marah karena kecewa, tidak ada kata-kata yang bisa lagi di ungkapkan saking kecewanya.

Tipe ketiga ini adalah tipe marah cewek yang sangat sedikit peluang untuk bisa diredakan, karena ketika tidak berbicara, kita akan kebingungan sendiri dan tidak mengerti apa yang ada di benak mereka.

Sebenarnya, baik Perempuan maupun laki-laki pada dasarnya ketika dikecewakan pasti akan merasakan marah. Tingkat Pengendalian marah juga beragam setiap orangnya, sehingga, menjaga tingkah dan perilaku agar tidak membuat orang 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?

Inilah Sederet Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya?
Ilustrasi - Ciri Seseorang Menyayangimu dengan Tulus, Apakah Dia Melakukannya. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel02 Mei 2024, 06:00 WIB

9 Langkah Mudah Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing untuk Menurunkan Gula Darah

Yuk Ikuti Langkah Mudah Berikut untuk Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing guna Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi - Daun kumis kucing. Foto: Instagram/@kebonmojo
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)