5 Jus Buah dan Sayur untuk Detoks Tubuh

Sabtu 12 Februari 2022, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Detoksifikasi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh beberapa organ dalam tubuh seperti ginjal, hati dan paru-paru untuk mengeluarkan racun dan zat yang tidak diperlukan.

Semakin menumpuk zat yang tidak diperlukan maka proses pengeluaran racun sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, detoksifikasi juga sangat membantu saat kamu sedang diet.

Melansir dari himedik.com, tak hanya membantu program diet, detoksifikasi tubuh memiliki banyak manfaat lainnya. Sebut saja membantu meningkatkan energi, menjaga kesehatan mental, mengurangi rasa nyeri, memulihkan siklus tidur, melancarkan pencernaan, dan memperkuat kekebalan tubuh. 

Baik nutrisionis maupun praktisi kesehatan menganjurkan kita untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti buah dan sayuran sebagai bahan detoks alami.

Jika tidak begitu menyukai sayur, kamu dapat membuatnya dalam bentuk jus dengan campuran buah di dalamnya. Kamu tetap dapat merasakan cita rasa jus yang nikmat dan menyegarkan. Ingin tubuh terdetoksifikasi alami? Rekomendasi campuran buah dan sayur berikut ini bisa kamu coba.

Baca Juga :

1. Jus Naga dan Wortel

photoIlustrasi Jus Naga dan Wortel - (Pinterest)</span

Jus ini tampak paling cantik dan menarik untuk diminum karena tampilan warnanya yang menggugah selera. Buah naga memiliki kandungan vitamin C, vitamin B2 & B3, kalsium, zat besi, dan antioksidan yang tinggi. 

Kandungan antioksidan pada buah naga dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jangan lupa untuk selalu menyimpan buah naga di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya.

Untuk membuat jus ini kamu hanya perlu menyiapkan ¼ bagian buah naga, ½ bagian wortel, sedikit air, dan tambahkan beberapa potongan timun. 

Setelah diblender dan diberi hiasan untuk tampilan yang lebih cantik, jus ini siap menjadi minuman detoks favorit bagi siapa pun.

2. Jus Apel, Lemon dan Mentimun

photoIlustrasi Jus Apel, Lemon dan Mentimun - (Pexels.com)</span

Kombinasi buah lemon, apel dan mentimun di dalamnya menciptakan kombinasi sempurna untuk proses detoksifikasi tubuh. 

Apel diketahui mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah dengan antioksidan tinggi ini juga mengandung serat pektin yang berguna untuk mengeluarkan aditif makanan dan zat logam pada tubuh. Tentu saja hal ini dapat mengoptimalkan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Buah lemon sebagai sumber vitamin C juga kaya akan kandungan antioksidan. Air lemon diketahui dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh, membersihkan tubuh dari racun, dan juga melancarkan pencernaan. 

Sedangkan mentimun memiliki kadar air yang banyak sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Untuk membuat jus ini kamu hanya perlu menyiapkan 4 buah apel hijau, 2 buah lemon, 2 mentimun, dan segelas air. Haluskan dengan blender dan sajikan dengan gelas berukuran sedang.

3. Jus Apel dan Wortel

photoIlustrasi Jus Apel dan Wortel - (iStockphoto)</span

Jus yang satu ini memiliki warna jingga yang terlihat menyegarkan mata. Kombinasi yang dibuat tak kalah menyegarkannya. 

Wortel dengan kandungan vitamin A, vitamin K, kalium, antioksidan, dan serat pektin. Serat pektin ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk membuatnya cukup siapkan 1 buah apel besar, 2 buah wortel besar, 2 buah jahe, dan tambahkan sedikit nanas agar jus lebih segar dan kaya rasa. Masukkan ke dalam blender lalu sajikan dengan gelas berukuran sedang.

4. Jus Hijau

photoIlustrasi Jus Hijau - (iStockphoto)</span

Jus detoks hijau berbahan dasar jeruk, lemon, apel, bayam dan juga kangkung. Bahan yang bervariasi ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Sebagian orang mungkin tidak begitu menyukai minuman berbahan dasar sayuran. Namun, dengan campuran buah lemon dan apel di dalamnya akan menciptakan cita rasa yang berbeda.

Siapkan 2 buah jeruk, 1 buah lemon, 1 buah apel, 1 lembar daun kangkung, dan beberapa helai baby bayam. Masukan semua bahan tadi ke dalam blender, lalu tuangkan ke dalam gelas dan nikmati kelezatannya.

5. Jus Merah

photoIlustrasi Jus Merah - (Unplash.com)</span

Jus berwarna merah ini berbahan dasar buah stroberi, apel, wortel, dan lemon. Bahan-bahan tersebut kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dipercaya dapat merawat dan mengencangkan kulit.

Untuk membuatnya kamu perlu menyiapkan 2 buah apel, 4 buah stroberi, 3 buah wortel dan 3 sendok makan air lemon. Sudah terbayang bagaimana segar dan enaknya jus satu ini?

Resep jus detoks di atas telah dikelompokkan dengan pertimbangan manfaat dan kandungan yang tepat. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan lezat untuk diminum. 

Campuran sayuran di dalamnya sangat baik untuk kesehatan dan cocok untuk kamu yang malas makan sayur secara langsung. Bahkan dari studi yaitu Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran baik untuk kesehatan mental seperti dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Agar proses detoksifikasi bekerja secara maksimal, kamu tentu harus menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti minum air putih yang cukup setiap hari, mengatur pola makan, berolahraga, dan istirahat yang cukup. Tunggu apalagi? Yuk, temukan resep jus detoks favoritmu!

source: himedik.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Perusahaan Pers Bisa Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres

Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, Updaters dapat membangun sikap yang lebih cuek terhadap beban hidup dan mengelola stres dengan lebih efektif.
Ilustrasi. Bersikap Dingin. Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)
Sukabumi16 Mei 2024, 18:54 WIB

Bahagianya Petani Simpenan Sukabumi Dapat Bantuan Tandon Air, Setahun Jadi Bisa 2 Kali Panen

Gandeng TNI, PLTU Palabuhanratu bangun tandon air bagi petani di Simpenan Sukabumi.
Tandon air yang berlokasi di kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat16 Mei 2024, 18:30 WIB

8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika tidak ditangani. Namun, Anda dapat juga mengelolanya dengan lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikan kolesterol.
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)
Sehat16 Mei 2024, 18:15 WIB

Apa Hubungan Diabetes & Darah Tinggi? Ini 3 Penyakit yang Disebabkannya

Salah satu penyakit yang menyumbang banyak angka kematian adalah diabetes dan darah tinggi. Sebab, kedua penyakit ini berkesinambungan satu sama lain sehingga perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi
Waspada dengan komplikasi antara diabetes dan tekanan darah tinggi, kesehatan bisa buruk. (Sumber : freepik.com/@pikselmentah.com)
Life16 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan, Yuk Umat Muslim Amalkan

Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.| Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 Mei 2024, 17:51 WIB

Dinilai Hina Profesi Guru, Akun Facebook di Sukabumi Dipolisikan PGRI

PGRI Kabupaten Sukabumi melaporkan akun facebook yang dinilai hina profesi guru dan dikaitkan dengan kecelakaan bus SMK di Subang.
PGRI Kabupaten Sukabumi laporkan akun facebook Atep Romli yang dinilai hina profesi guru. (Sumber : Istimewa)