5 Prestasi Kabupaten Sukabumi Soal ODF 2021, Yuliastri Raih Sanitarian Terbaik

Jumat 15 Oktober 2021, 19:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam peringatan hari cuci tangan sedunia pada 15 Oktober ini, Kementerian Kesehatan memberikan 5 penghargaan kepada Kabupaten Sukabumi. penghargaan ini terkait upaya Pemerintah Kabupaten Sukabumi, hingga tingkat desa dan sanitarian PKM dalam mewujudkan kawasan tanpa BAB (buang air besar) sembarangan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengapresiasi upaya Kabupaten Sukabumi untuk mewujudkan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di tahun 2021 ini. 

Mengutip akun resmi pemerintah daerah, 5 penghargaan yang diberikan Kemenkes pada peringatan hari cuci tangan sedunia untuk Kabupaten Sukabumi, adalah; 

1.Penghargaan sebagai Kabupaten ODF 2021

2.Penghargaan strategi percepatan ODF 2021 komponen Enabling

3.Penghargaan Natural Leader terbaik dalam percepatan ODF 2021( Ketua TP PKK Kab Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan) 

4.Sanitarian terbaik dalam percepatan ODF ( Yuliastri SKM, PKM Jampang Tengah )

5. Kepala Desa Terbaik dalam percepatan ODF 2021 (Kades Bojongraharja Kecamatan Cikembar)

Mewakili Bupati, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri  menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  Kota/ Kabupaten tersebut secara virtual dari Pendopo Sukabumi, Jumat (15/10/2021).

"Saya mengapresiasi  dan bersyukur Kabupaten Sukabumi meraih 5 penghargaan. Semoga memotivasi masyarakat  untuk terus menjaga kesehatannya, apalagi di tengah Pandemi Covid- 19, mencuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan," ungkap Iyos yang menegaskan bahwa diraihnya STBM Award ini merupakan hasil perjuangan dan kerja bersama seluruh stakeholder. 

photoWabup Sukabumi Iyos Somantri dan jajaran dalam peringatan hari cuci tangan sedunia 2021 - (dokumentasi pimpinan Kabupaten Sukabumi)</span

Sementara itu Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono dalam momen tersebut mengatakan Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan perilaku sederhana, namun memiliki dampak luar biasa dalam pencegahan penyakit menular. Dampak positif ini perlu dikampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar semua tahu manfaat nyata CTPS secara rutin.

"Peran pemimpin daerah sangat diharapkan untuk mengajak masyarakat selalu mencuci tangan pakai sabun apalagi di tengah Pandemi Covid 19, selain itu sosialisasi gerakan hidup terus digalakan sehingga budaya cuci tangan akan melekat di kalangan masyarakat" harapnya.

Baca Juga :

Dalam peringatan hari cuci tangan sedunia tahun 2021 , diserahkan 7 penghargaan untuk yang aktif merespon semua aksi cuci tangan pakai sabun, penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat pada 68 Kab/ Kota se Indonesia yang telah melakukan pada percepatan Stop Buang air besar. Kemudian penghargaan bagi 31 Sanitarian, serta  Kepala desa/ lurah  yang telah berperan dalam stop buang air besar sembarangan.

Sementara, Sekretariat Pokja Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Kementerian Kesehatan RI  menegaskan tahun ini HCTS mengusung tema Masa Depan Kita di Tangan Kita – Mari Beraksi Bersama untuk Membuat Cuci tangan pakai sabun Nyata bagi Semua. "Dengan tagline Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita," ungkap Dirjen Kesehatan Masyarakat drg. Kartika Rustandi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)