Saran Dokter untuk Jaga Kesehatan Mata saat Kelamaan Kerja di Depan Layar

Senin 19 Juli 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar atau screen time tidak baik untuk kesehatan mata, tetapi terkadang itu tidak dapat dihindari. Sebuah survei terhadap 2.000 pekerja oleh Acuvue menemukan bahwa orang yang bekerja di kantor menghabiskan hampir 6,5 jam di depan komputer setiap hari. Itu sekitar 1.700 jam setahun.

Menatap perangkat digital mengeringkan mata karena menurunkan tingkat kedipan hingga sepertiga hingga setengahnya, menurut American Academy of Ophthalmology (AAO). Dampaknya sering berupa serangkaian gejala sementara yang dikenal sebagai ketegangan mata. Gejala yang paling umum termasuk penglihatan kabur, sakit kepala dan mata kering, tetapi ini dapat bervariasipada setiap orang, kata Abdhish R. Bhavsar, juru bicara klinis untuk AAO.

"Ketegangan mata dapat terjadi pada satu mata lebih sering daripada yang lain, atau bisa juga asimetris," tambah Bhavsar, seperti dilansir dari Livestrong. 

Kabar baiknya, gangguan mata akibat kelamaan di depan layar biasanya tidak permanen. Bhavsar juga membagikan enam tips menjaga kesehatan mata ketika harus lama di depan layar. 

1. Jaga jarak dengan layar 

Percaya atau tidak, mata harus bekerja lebih keras untuk melihat hal-hal yang dekat, menurut AAO. Dengan kata lain, menciptakan jarak antara Anda dan layar gawai dapat meredakan ketegangan.

"Duduklah 18 hingga 25 inci dari layar komputer, kira-kira sepanjang lengan, dan posisikan layar sehingga mata sedikit menatap ke bawah," kata Bhavsar.

2. Ikuti aturan 20-20-20

Manusia biasanya berkedip sekitar 15 kali dalam satu menit, tetapi jumlah ini turun menjadi lima kedipan per menit saat kita menggunakan komputer dan perangkat digital lainnya, kata Bhavsar.

"Beristirahat setiap 20 menit untuk melihat objek setidaknya 20 kaki selama setidaknya 20 detik ('aturan 20-20-20') akan membantu Anda mengingat untuk berkedip dan menjaga mata tetap lembap," jelasnya.

3. Kurangi terang layar 

Layar yang terlalu terang bikin silau. Itu bukan sekadar mengganggu, tapi juga dapat memperburuk dan meningkatkan ketegangan mata.

Untuk menghilangkan silau, gunakan filter layar matte, saran AAO.

4. Gunakan pelembap

Jika mata terasa lebih kering secara drastis saat bekerja di depan layar di kantor, itu mungkin karena banyak gedung perkantoran memiliki sistem kontrol kelembapan (dan pemanas kuat) yang meminimalkan kelembapan di udara, menurut AAO.

Solusinya, gunakan pelembap udara untuk menambah kelembapan dan mengurangi mata kering, kata havsar.

5. Sesuaikan kecerahan dan kontras

"Jika layar Anda bersinar lebih terang dari lingkungan sekitar, mata mungkin terasa lebih tegang," kata Bhavsar. Mengganti pengaturan monitor dapat membantu menghilangkan ketegangan itu.

Cukup sesuaikan kecerahan layar agar sesuai dengan tingkat cahaya di sekitar dan tingkatkan kontras untuk tampilan yang lebih nyaman, katanya.

6. Gunakan air mata buatan 

Bhavsar merekomendasikan menggunakan air mata buatan untuk menjaga mata tetap lembap dan meringankan ketidaknyamanan mata kering yang terkait dengan ketegangan mata. Meskipun ada banyak pilihan yang dijual bebas, perlu diingat bahwa beberapa merek mengandung pengawet, yang dapat menyebabkan iritasi pada orang-orang tertentu. Jadi, periksa labelnya. 

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life30 April 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mempengaruhi Orang Lain Agar Mau Diperintah Kita, Ini Rahasianya

Skill mempengaruhi orang lain harus dimiliki oleh semua orang. Ini sangat berguna dalam kehidupa sosial, di mana perannya vital sekali.
Ilustrasi. Cara mempengaruhi orang lain. Sumber foto : Pexels/ RDNE Stock project
Life30 April 2024, 10:22 WIB

Temukan Solusi Positif, Ini 6 Cara Membantu Anak Mengatasi Kemarahannya

Mengapa anak-anak kecil bersikap keras ketika mereka sedang marah, dan bagaimana Anda dapat lebih memahami perilaku mereka? Berikut cara menangani anak yang pemarah dan agresif.
Ilustrasi anak marah. | Foto: Freepik/@jcomp
Sukabumi30 April 2024, 10:13 WIB

Heboh! Warga Cisaat Sukabumi Temukan Dua Senjata Laras Panjang Terkubur di Tanah

Senjata api laras panjang ini ditemukan dalam keadaan sudah berkarat.
Dua senpi laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Istimewa
Life30 April 2024, 10:00 WIB

Terlalu Fokus Pada Masa Lalu! 10 Ciri Orang yang Sulit Sukses dalam Hidupnya

Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali.
Ilustrasi - Orang yang sulit sukses dalam hidupnya mungkin memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali. (Sumber : pexels.com/@MART PRODUCTION).
Life30 April 2024, 09:46 WIB

Dapat Mengganggu Perkembangan Kognitif, 8 Dampak Negatif Memukul Anak

Memukul sering dilakukan orang tua dan memiliki tujuan untuk mendisiplinkan anak. Akan tetapi, hal itu memiliki dampak buruk pada anak.
Ilustrasi memukul anak. | Foto: Freepik/@menguasai1305
Sukabumi30 April 2024, 09:33 WIB

Warga Sukabumi Kecewa VAR Anulir Gol Indonesia dalam Semifinal Piala Asia U-23 2024

Wasit Shen Yinhao memeriksa VAR karena terindikasi offside.
Kegiatan nonton bareng (nobar) semifinal Piala Asia U-23 tahun 2024 antara Timnas Indonesia melawan Uzbekistan di halaman Mapolres Sukabumi Kota, Senin malam, 29 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat30 April 2024, 09:00 WIB

7 Bahan Herbal yang Dapat Membantu Mengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah.
Ilustrasi - Ada beberapa bahal herbal yang dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Mobil30 April 2024, 08:47 WIB

92 Offroader Jajal Track Bukit Parahiyangan Sukabumi, Bermain Lumpur Sambil Beramal

Event Komunitas Offroad ini diharpkan menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata di Bukit Parahiyangan Sukabumi.
Offroader Nasional jajal track Bukit Parahiyangan Sukabumi. (Sumber : YouTube/Wa-One Adventure)
Sehat30 April 2024, 08:00 WIB

6 Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah

Tetapkan Tips Mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Mendapatkan Manfaat Maksimal.
Ilustrasi - Tips mengkonsumsi Air Rebusan untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/Санжар Саиткулов)
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)