3 Ciri Gangguan Mental yang Perlu Anda Ketahui, Jangan Disepelekan!

Kamis 29 April 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan mental akhir-akhir ini menjadi fokus pembicaraan sejumlah ahli. Gangguan Mental adalah kondisi kesehatan yang mempengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati atau kombinasi diantaranya. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja dan bisa berlangsung dalam waktu yang lama (kronis).

Mental yang sehat merupakan hal penting bagi setiap manusia dalam kehidupannya, mulai dari masa kanak-kanak hingga lanjut usia. 

Namun sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kondisi mentalnya sehingga terkadang terjadi hal negatif dalam aspek kehidupannya. 

Yang harus diketahui bahwa gangguan mental sama bahayanya dengan penyakit fisik. Gangguan mental bisa membuat pengidapnya sengsara dan bisa menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga :

Tak jarang pengidap gangguan mental akan sulit untuk bisa tetap bersekolah, bekerja atau mempertahankan sebuah hubungan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, satu dari lima anak-anak dan remaja di dunia mengidap gangguan mental. Remaja merupakan usia rawan yang kemungkinan bisa mengalami gangguan mental, dimulai pada usia 14 tahun. 

Ada lima ciri seseorang mulai terserang gejala gangguan mental mental, berikut ulasannya:

1. Sering merasa sedih dan bingung 

photoSeseorang yang mengalami gangguan mental kerap kali merasa sedih dan bingung - (Unsplash)</span

Gangguan mental dapat dideteksi sejak dini seperti seseorang tersebut sering mengalami perasaan sedih dan bingung hingga mengakibatkan pola berpikir jadi tidak beraturan,

Kondisi yang sudah parah dapat menimbulkan berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi hingga menimbulkan ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan.

2. Perubahan suasana hati yang ekstrim 

photoSeseorang yang mengalami gangguan mental kerap kali merasakan suasana hati yang berubah-ubah - (Unsplash)</span

Salah satu tanda-tanda seseorang mengalami gangguan mental adalah perubahan suasana hati yang ekstrim dan pasang surut.

Seseorang yang mengalami gangguan mental akan sering merasa cemas dan sulit mengontrol segala respons.

Jika kecemasan berlebih telah mengganggu fungsi kehidupan normal, maka seseorang itu sudah memasuki fase kronis gangguan mental. 

3. Menarik diri dalam bersosial

photoSeseorang yang mengalami gangguan mental biasanya akan menarik diri dalam bersosial - (Unsplash)</span

Penarikan diri dari lingkungan keluarga atau pertemanan biasanya menjadi tanda-tanda seseorang mengalami gangguan mental. 

Orang yang mengalami gangguan mental sering merasa kelelahan yang parah, energi yang cepat berkurang ketika berkumpul dengan orang banyak. 

Ketiga tanda-tanda di atas bisa menjadi pengingat bagi Anda atau orang di lingkungan Anda untuk lebih waspada terhadap ancaman gangguan mental yang bisa terjadi kepada siapa saja.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).