Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki, Baik untuk Keseimbangan Kaki Hingga Otot Perut

Minggu 16 Agustus 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Seberapa sering Anda berjalan tanpa alas kaki? Ada banyak manfaat berjalan tanpa alas kaki, salah satunya bisa berjalan sesuai dengan pola alami kaki tanpa dibantu sandal atau sepatu yang telah didesain khusus.

Sementara memakai sepatu atau sandal dengan bantalan tertentu bisa membuat beberapa bagian otot di kaki tidak bekerja maksimal. Padahal, salah satu manfaat jalan kaki adalah memastikan seluruh otot kaki dan sekitarnya bekerja sehingga dapat lebih kuat menopang tubuh.

Dilansir dari Tempo.co, beberapa manfaat dari berjalan tanpa alas kaki dapat lebih bisa mengendalikan posisi kaki saat menyentuh tanah langsung, menjaga keseimbangan lebih baik, meningkatkan kesadaran terhadap kinerja tubuh sehingga meredakan rasa nyeri, mekanisme gerakan kaki, lutut, pinggang, hingga otot perut lebih optimal dan gerakan sekitar kaki dan pergelangan lebih stabil. Selain itu, manfaat lainnya adalah bebas dari tekanan sepatu yang kurang pas ukurannya, serta otot kaki lebih kuat dan bisa menopang punggung bagian bawah

Meskipun ada banyak manfaat jalan kaki untuk kesehatan, perlu diingat bahwa tidak semua tempat memungkinkan untuk berjalan tanpa alas kaki. Ada banyak kondisi yang meningkatkan kemungkinan mengalami cedera saat berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan. Jadi, jika ingin mencoba latihan berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan, pastikan tidak ada benda berbahaya seperti kaca atau benda tajam lainnya. Tak hanya itu, berjalan tanpa alas kaki juga bisa memberi akses masuknya bakteri berbahaya penyebab infeksi. Begitu juga penderita diabetes yang memiliki masalah neuropati periferal juga sebaiknya sangat berhati-hati sebelum berjalan tanpa alas kaki. Sangat mungkin mereka terkena benda tajam dan mengalami cedera namun tidak merasakan karena masalah saraf (neuropati) tersebut.

Untuk bisa mendapatkan manfaat jalan kaki dengan optimal, ikuti cara berjalan tanpa alas kaki berikut ini:

- Mulai dengan perlahan

Ketika baru mulai mencoba berjalan tanpa alas kaki, lakukan dengan perlahan. Sesi berjalan kaki cukup sekitar 15-20 menit saja sehingga telapak dan pergelangan kaki bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Ketika mulai terbiasa, durasi dan jarak tempuh bisa ditingkatkan.

- Waspada cedera

Setelah selama ini terbiasa berjalan dengan sepatu dan mulai mencoba tanpa alas kaki, waspada terhadap risiko cedera. Ketika masih beradaptasi berjalan kaki tanpa sepatu atau sandal, mekanisme berjalan bisa jadi masih lemah sehingga risiko cedera lebih tinggi.

- Lakukan di dalam ruangan

Sebelum mencoba berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan, perkenalkan dulu telapak kaki dengan permukaan yang aman di dalam rumah. Meskipun di dalam rumah, pastikan tidak ada objek tajam atau berbahaya yang mungkin bisa menyebabkan cedera atau tersandung.

- Eksperimen dengan latihan fisik

Ada banyak jenis latihan fisik yang bisa dilakukan sembari berjalan tanpa alas kaki. Contoh sederhananya seperti berdiri dengan satu kaki atau mencoba naik turun badan sembari berjinjit. Aktivitas lain seperti yoga, pilates, atau martial art juga bisa menjadi alternatif. Tak hanya mewaspadai risiko cedera, perhatikan juga kemungkinan mengalami rasa tidak nyaman di sekitar pergelangan kaki atau otot sekitarnya. Kondisi ini wajar terjadi apabila belum terbiasa berjalan tanpa alas kaki. Jangan memaksakan untuk terus berjalan tanpa alas kaki, tapi gunakan dulu sepatu atau beri jeda sebelum mencoba kembali.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)