TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Gempa Susulan Bikin Panik! 6 Cara Sederhana Atasi Panic Attack

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sudah terjadi ratusan gempa susulan pasca gempa M5.6 pada Senin 21 November 2022.

Penulis
Jumat 25 Nov 2022, 18:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Masih seputar Gempa Bumi Cianjur yang tak henti-henti nya membuat masyarakat panik, terutama wilayah sekitar Cianjur termasuk Sukabumi. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sudah terjadi ratusan gempa susulan pasca gempa M5.6 pada Senin 21 November 2022.

Getaran, guncangan atau goyangan dari gempa-gempa susulan ini tak jarang menimbulkan serangan panik atau panic attack, sering disertai perasaan cemas dan rasa takut berlebihan. Gejala serangan panik (panic attack) dapat berupa gemetar, disorientasi, mual, detak jantung tidak teratur, mulut kering, sesak nafas, berkeringat dan pusing.

Melansir dari Halodoc, simak enam cara sederhana untuk mengatasi serangan panik (panic attack)!

1. Coba Kendalikan Rasa Takut

Jangan biarkan rasa takut yang muncul mengambil alih pikiran. Ketika terjadi serangan panik, kendalikan rasa takut dengan sugesti, yakinkan diri bahwa serangan akan segera berakhir.

2. Saat Panik, Minta Bantuan Orang Terdekat

Serangan panik biasanya disertai gejala munculnya keringat.Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan meminta bantuan kepada orang terdekat untuk menenangkan, bercerita atau sekadar menemani sehingga merasa lebih tenang, aman dan damai.

Jangan enggan juga untuk meminta keluarga dan kerabat dekat untuk meyakinkan bahwa rasa panik pasti berakhir.

3. Kendalikan Pernapasan


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x