Mengenal 13 Jenis Gas yang Sering Digunakan Manusia Sehari-hari

Selasa 28 November 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi - Manusia menggunakan berbagai jenis gas dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. (Sumber : unsplash.com/@Ioann-Mark Kuznietsov).

Ilustrasi - Manusia menggunakan berbagai jenis gas dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. (Sumber : unsplash.com/@Ioann-Mark Kuznietsov).

SUKABUMIUPDATE.com - Gas adalah salah satu wujud zat yang memiliki sifat mudah mengalir dan mengembang. Gas tidak memiliki bentuk yang tetap, dan volumenya akan menyesuaikan dengan wadah yang ditempatinya. Gas memiliki massa jenis yang lebih rendah daripada zat padat atau cair.

Meskipun tak terlihat, gas terdiri dari molekul-molekul yang bergerak bebas. Molekul-molekul gas memiliki jarak antar molekul yang jauh, sehingga gas dapat mengalir dengan mudah. Gas juga dapat bercampur dengan gas lain secara sempurna.

Benda gas sebenarnya dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari seperti yang paling umum adalah udara yang terdiri dari nitrogen, oksigen dan gas lainnya. Lalu gas lainnya yang dapat ditemukan dan digunakan sehari-hari adalah gas alam, LPG dan karbon dioksida.

Baca Juga: Perangkat Desa Bangbayang Sukabumi Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Selain itu, ada banyak lagi jenis-jenis gas yang dapat kita temui dan sering digunakan manusia sehari-hari. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut uraiannya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

GAS

Gas merupakan salah satu wujud zat yang memiliki sifat mudah mengalir dan mengembang.Manusia menggunakan berbagai jenis gas dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. 

Gas memiliki berbagai macam jenis dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Berikut adalah beberapa jenis gas yang sering digunakan manusia sehari-hari:

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

1. Oksigen (O2)

Oksigen adalah gas yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernapas. Oksigen dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi. Udara yang kita hirup setiap hari terdiri sekitar 21% oksigen.

2. Nitrogen (N2)

Nitrogen merupakan gas yang paling banyak terdapat di atmosfer bumi, sekitar 78%. Nitrogen merupakan gas inert yang tidak bereaksi dengan zat lain dan tidak berbau. Nitrogen digunakan dalam berbagai macam, seperti dalam pembuatan pupuk, bahan peledak, Industri Kimia, Industri Farmasi, Medis, Indsutri Makanan dan Minuman hingga Industri Otomotif

3. Karbon Dioksida (CO2)

Karbon dioksida ialah gas yang dihasilkan oleh pernapasan manusia dan hewan, serta oleh pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Karbon dioksida juga digunakan dalam berbagai macam aplikasi, seperti dalam pembuatan minuman berkarbonasi, dry ice, dan pemadam kebakaran.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Mengalaminya Juga?

4. Metana (CH4)

Gas utama dalam gas alam yakni Metana. Metana digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, pemanasan, dan pembangkit listrik. Metana juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam produk kimia.

5. Propana (C3H8)

Gas yang tidak berbau dan tidak berwarna ini dinamakan Propana. Propana digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, pemanasan, dan mesin pembakaran internal. Propana juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan plastik dan produk kimia lainnya.

6. Butana (C4H10)

Butana ialah gas yang mirip dengan propana. Butana digunakan sebagai bahan bakar untuk korek api, pemantik rokok, dan gas ringan. Butana juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan plastik dan produk kimia lainnya.

Baca Juga: Sikapnya Baik Tapi Aslinya Tidak Suka dengan Kita, Beginilah 8 Ciri Orangnya

7. Helium (He)

Helium gas yang sangat ringan dan inert. Helium digunakan dalam berbagai macam penggunaan, seperti dalam pembuatan balon udara, balon cuaca, dan balon pesta. Helium juga digunakan dalam berbagai macam peralatan medis, seperti MRI scanner.

8. Freon (CFC)

Freon digunakan sebagai refrigeran dalam lemari es, AC, dan mesin pembeku. Freon adalah gas yang juga digunakan dalam berbagai macam aerosol, seperti semprotan rambut dan deodorant.

9. Amonia (NH3)

Amonia, gas yang berbau tajam dan tidak berwarna. Amonia digunakan dalam berbagai macam aplikasi, seperti dalam pembuatan pupuk, bahan peledak, dan produk pembersih.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Perhatikan Gerak-geriknya!

10. Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna. Karbon monoksida dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Karbon monoksida adalah gas yang sangat beracun dan dapat menyebabkan kematian jika terhirup dalam jumlah yang banyak.

11. Gas LPG (liquefied petroleum gas)

LPG atau Liquid Petroleum Gas adalah gas alam yang dicairkan dengan cara menambah tekanan dan menurunkan suhunya. LPG terdiri dari campuran hidrokarbon, paling sering propana, butana, dan propilena. LPG digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, pemanasan, dan pembangkit listrik.

12. Gas LNG (liquefied natural gas)

Gas alam cair (LNG) merupakan gas alam dengan komposisi 90% metana (CH4) yang telah diubah menjadi cairan dengan cara mendinginkannya hingga suhu -163 °C. LNG memiliki kepadatan yang jauh lebih besar daripada gas alam, sehingga lebih mudah untuk diangkut dan disimpan.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup, Kamu Salah Satunya?

LNG digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, industri, dan transportasi. LNG juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam produk kimia.

13. Gas CNG (compressed natural gas)

Gas alam terkompresi (CNG) adalah gas alam yang telah dikompresi pada tekanan tinggi, yaitu sekitar 200-250 bar. CNG memiliki volume yang jauh lebih kecil daripada gas alam, sehingga lebih mudah untuk diangkut dan disimpan.

CNG digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan, seperti mobil, bus, dan truk. CNG juga digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik dan industri.

Itulah beberapa jenis gas yang sering digunakan manusia sehari-hari. Gas memiliki berbagai macam kegunaan dalam kehidupan sehari-hari manusia, mulai dari kebutuhan dasar seperti bernafas hingga kebutuhan teknologi yang canggih.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams