Mengenal 13 Jenis Gas yang Sering Digunakan Manusia Sehari-hari

Selasa 28 November 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi - Manusia menggunakan berbagai jenis gas dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. (Sumber : unsplash.com/@Ioann-Mark Kuznietsov).

Ilustrasi - Manusia menggunakan berbagai jenis gas dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. (Sumber : unsplash.com/@Ioann-Mark Kuznietsov).

SUKABUMIUPDATE.com - Gas adalah salah satu wujud zat yang memiliki sifat mudah mengalir dan mengembang. Gas tidak memiliki bentuk yang tetap, dan volumenya akan menyesuaikan dengan wadah yang ditempatinya. Gas memiliki massa jenis yang lebih rendah daripada zat padat atau cair.

Meskipun tak terlihat, gas terdiri dari molekul-molekul yang bergerak bebas. Molekul-molekul gas memiliki jarak antar molekul yang jauh, sehingga gas dapat mengalir dengan mudah. Gas juga dapat bercampur dengan gas lain secara sempurna.

Benda gas sebenarnya dapat kita jumpai di kehidupan sehari-hari seperti yang paling umum adalah udara yang terdiri dari nitrogen, oksigen dan gas lainnya. Lalu gas lainnya yang dapat ditemukan dan digunakan sehari-hari adalah gas alam, LPG dan karbon dioksida.

Baca Juga: Perangkat Desa Bangbayang Sukabumi Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Selain itu, ada banyak lagi jenis-jenis gas yang dapat kita temui dan sering digunakan manusia sehari-hari. Untuk mengetahui selengkapnya, berikut uraiannya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

GAS

Gas merupakan salah satu wujud zat yang memiliki sifat mudah mengalir dan mengembang.Manusia menggunakan berbagai jenis gas dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. 

Gas memiliki berbagai macam jenis dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Berikut adalah beberapa jenis gas yang sering digunakan manusia sehari-hari:

Baca Juga: Gampang Dikenali! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Bersikap Baik

1. Oksigen (O2)

Oksigen adalah gas yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernapas. Oksigen dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi. Udara yang kita hirup setiap hari terdiri sekitar 21% oksigen.

2. Nitrogen (N2)

Nitrogen merupakan gas yang paling banyak terdapat di atmosfer bumi, sekitar 78%. Nitrogen merupakan gas inert yang tidak bereaksi dengan zat lain dan tidak berbau. Nitrogen digunakan dalam berbagai macam, seperti dalam pembuatan pupuk, bahan peledak, Industri Kimia, Industri Farmasi, Medis, Indsutri Makanan dan Minuman hingga Industri Otomotif

3. Karbon Dioksida (CO2)

Karbon dioksida ialah gas yang dihasilkan oleh pernapasan manusia dan hewan, serta oleh pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Karbon dioksida juga digunakan dalam berbagai macam aplikasi, seperti dalam pembuatan minuman berkarbonasi, dry ice, dan pemadam kebakaran.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Mengalaminya Juga?

4. Metana (CH4)

Gas utama dalam gas alam yakni Metana. Metana digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, pemanasan, dan pembangkit listrik. Metana juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam produk kimia.

5. Propana (C3H8)

Gas yang tidak berbau dan tidak berwarna ini dinamakan Propana. Propana digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, pemanasan, dan mesin pembakaran internal. Propana juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan plastik dan produk kimia lainnya.

6. Butana (C4H10)

Butana ialah gas yang mirip dengan propana. Butana digunakan sebagai bahan bakar untuk korek api, pemantik rokok, dan gas ringan. Butana juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan plastik dan produk kimia lainnya.

Baca Juga: Sikapnya Baik Tapi Aslinya Tidak Suka dengan Kita, Beginilah 8 Ciri Orangnya

7. Helium (He)

Helium gas yang sangat ringan dan inert. Helium digunakan dalam berbagai macam penggunaan, seperti dalam pembuatan balon udara, balon cuaca, dan balon pesta. Helium juga digunakan dalam berbagai macam peralatan medis, seperti MRI scanner.

8. Freon (CFC)

Freon digunakan sebagai refrigeran dalam lemari es, AC, dan mesin pembeku. Freon adalah gas yang juga digunakan dalam berbagai macam aerosol, seperti semprotan rambut dan deodorant.

9. Amonia (NH3)

Amonia, gas yang berbau tajam dan tidak berwarna. Amonia digunakan dalam berbagai macam aplikasi, seperti dalam pembuatan pupuk, bahan peledak, dan produk pembersih.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Perhatikan Gerak-geriknya!

10. Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna. Karbon monoksida dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Karbon monoksida adalah gas yang sangat beracun dan dapat menyebabkan kematian jika terhirup dalam jumlah yang banyak.

11. Gas LPG (liquefied petroleum gas)

LPG atau Liquid Petroleum Gas adalah gas alam yang dicairkan dengan cara menambah tekanan dan menurunkan suhunya. LPG terdiri dari campuran hidrokarbon, paling sering propana, butana, dan propilena. LPG digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, pemanasan, dan pembangkit listrik.

12. Gas LNG (liquefied natural gas)

Gas alam cair (LNG) merupakan gas alam dengan komposisi 90% metana (CH4) yang telah diubah menjadi cairan dengan cara mendinginkannya hingga suhu -163 °C. LNG memiliki kepadatan yang jauh lebih besar daripada gas alam, sehingga lebih mudah untuk diangkut dan disimpan.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Stres Karena Terlalu Banyak Masalah Hidup, Kamu Salah Satunya?

LNG digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, industri, dan transportasi. LNG juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan berbagai macam produk kimia.

13. Gas CNG (compressed natural gas)

Gas alam terkompresi (CNG) adalah gas alam yang telah dikompresi pada tekanan tinggi, yaitu sekitar 200-250 bar. CNG memiliki volume yang jauh lebih kecil daripada gas alam, sehingga lebih mudah untuk diangkut dan disimpan.

CNG digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan, seperti mobil, bus, dan truk. CNG juga digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik dan industri.

Itulah beberapa jenis gas yang sering digunakan manusia sehari-hari. Gas memiliki berbagai macam kegunaan dalam kehidupan sehari-hari manusia, mulai dari kebutuhan dasar seperti bernafas hingga kebutuhan teknologi yang canggih.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)
Entertainment29 Mei 2024, 13:00 WIB

Berawal DM TikTok Bersemi Cinta: Kisah Cinta Sule dan Santyka Fauziah yang Makin Serius

Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan.
Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan. (Sumber : Instagram/@santykafauziah).
Sukabumi29 Mei 2024, 12:51 WIB

Incaran Pedagang Jelang Idul Adha, Ribuan Domba di Pajampangan Sukabumi Siap Kurban

Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024, para peternak atau tengkulak domba di Wilayah Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, sudah mulai persiapkan domba-domba untuk kurban.
Pemeriksaan kesehatan Domba Kurban di Kampung Bedeng Desa Pasiripis Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat29 Mei 2024, 12:30 WIB

Punya Masalah Pencernaan? Yuk, Coba Konsumsi 7 Buah Ini Agar Lancar

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah pencernaan yang kadang sangat mengganggu dan membuat perut tidak nyaman. Maka dari itu, mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi buah secara rutin agar pencernaan lancar
Jika memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk konsumsi beberapa buah-buahan (Sumber : Freepik.com)