Komisi 1 DPRD Sukabumi Tegaskan Alih Fungsi Lahan Perkebunan Perlu Sosialisasi

Sabtu 16 Juli 2022, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com- Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Jalil Abdillah meminta pemegang HGU Perkebunan Miramontana melakukan sosialisasi ke masyarakat soal rencana alih fungsi lahan. PT Tutu Kekal berencana menanam pisang, termasuk di areal basah yang sudah dimanfaatkan warga sebagai sawah.

Hal tersebut dikatakan Jalil saat memberi pandangan pada kegiatan forum dengar pendapat di aula kantor Kecamatan Purabaya, Jumat 15 Juli 2022 kemarin. "Sebenarnya saya ingin mendengarkan penjelasan teknis dari dinas terkait soal aturan dari rencana alih fungsi lahan ini, namun pada kesempatan itu tidak hadir," ucap Jalil kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 16 Juli 2022.

Untuk rencana alih fungsi ini, ucap Jalil, pihak perkebunan seharusnya melakukan sosialisasi dahulu kepada warga khususnya petani penggarap, desa, dan kecamatan. "Bahkan seharusnya meminta rekomendasi dari bawah dulu."

"Kalau perkebunan mau menanam pisang, kami mengusulkan agar lahan sawah tidak diganggu, penanaman bisa dilakukan di lahan kering. Kan masih banyak lahan kering. Perlu data yang ril, terkait jumlah penggarap di dua desa itu, serta jumlah lahan sawah yang digarap. Data sekarang sifatnya sementara, makanya perlu kajian lagi," pungkas Jalil.

Baca Juga :

DPRD Sukabumi Minta Pihak Perkebunan Batalkan Alih Fungsi Sawah ke Pisang

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut, BPN, DPMPTSP, Camat Purabaya, Camat Sagaranten, Pol PP, Kapolsek Purabaya, Danposramil Purabaya, pihak perusahaan, Kepala Desa Purabaya, Kepala Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya, Kepala Desa Hegarmanah, Kepala Desa Puncak Manggis, Kepala Desa Cibaregbeg, Kepala Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, serta perwakilan petani penggarap. 

Luas keseluruhan perkebunan Miramontana, PT. Tutu Kekal kurang lebih 1.521 hektar. Areal sawah di perkebunan tersebut mencapai 200 hektar, berada di Desa Datarnangka, Desa Puncak Manggis, Desa Hegarmanah, Desa Cibaregbeg, Kecamatan Sagaranten, Desa Neglasari, Desa Purabaya, Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya, Desa Cijulang Kecamatan Jampangtengah. 

Sedangkan alih fungsi sawah ke pisang, akan dilakukan di wilayah Desa Neglasari dan Puncak Manggis, kurang lebih 30 hektar. Namun sawah-sawah tersebut sudah digarap oleh warga setempat sejak lama. Data sementara mencatat ada 170 petani penggarap dari Puncak Manggis dan 7 petani penggarap dari Desa Neglasari.

Manager PT Tutu Kekal, Gilar menjelaskan rencana alih fungsi lahan dari sawah ke pisang ini sudah mendapatkan izin atau rekomendasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, sejak tahun 2021. "Jadi dari 200 hektar sawah di perkebunan itu, hanya akan dialih fungsikan 30 hektar yg ada di Desa Neglasari Kecamatan Purabaya, dan Puncak Manggis kecamatan Sagaranten, dan sisanya 70 hektar lahan kering, jumlah yg akan alih fungsi 100 hektar."

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay