Dilaporkan Korupsi Dana Desa, Kades Mandrajaya Sukabumi: Sudah Diperiksa Inspektorat

Rabu 20 Januari 2021, 15:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi didampingi LSM Gerakan Aktivis Penyelamat Uang Negara (Gapura) melaporkan Kepala Desa (Kades) Mandrajaya ke Kejaksaan Negeri Cibadak Kabupaten Sukabumi pada Rabu (20/1/2021).

Ketua Gapura, Hakim Al Adonara mengatakan, pelaporan tersebut menyusul dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) anggaran di Desa Mandrajaya.

"Awal mula berkali-kali warga Desa Mandrajaya mengadukan persoalan seputar dugaan korupsi anggaran di Desa Mandrajaya ke kantor kami," kata Hakim kepada sukabumiupdate.com.

Setelah menerima laporan dari masyarakat, lanjut Hakim, tim LSM Gapura turun ke tengah masyarakat Mandrajaya untuk melakukan investigasi atas aduan tersebut.

"Setelah lengkap fakta dan bukti, maka kami melapor ke institusi Kejaksaan Negeri Cibadak. Dugaan Tipikor anggaran dana desa tahun 2018 sampai tahun 2020 dengan kerugian negara mencapai ratusan juta rupiah," ujarnya. Hakim mengaku akan terus mengawal laporan tersebut.

BACA JUGA: Bagaimana Kelanjutan Kasus Apdesi vs LSM-Media di Sukabumi? Ini Kata Polisi

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Mandrajaya, Agustina Abdul Hasanudin membantah tudingan bahwa ia telah melakukan penyalahgunaan anggaran dana desa. Ia juga menyayangkan adanya pemberitaan tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

"Kami sangat keberetan dan tidak tahu apa yang dilaporkan oleh warga dan LSM. Informasinya terkait penyelewengan atau tindak korupsi Dana Desa (DD) tahun 2018, 2019 dan 2020," kata Agustina.

Ia menyebutkan, tahun 2018 dan 2019 sudah ada pemeriksaan dari inspektorat, serta monitoring dari DPMD. Sedangkan anggaran tahun 2020 belum ada pemeriksaan, namun sudah ada monitoring dan pengawasan dari kecamatan dan DPMD.

"Pada tahun 2020, anggaran untuk fisik tidak maksimal, banyak dialihkan BLT dan penanganan Covid-19. Dan setiap tahun tentunya membuat laporan keuangan terkait penggunaan anggaran. Jadi kami sudah siap dengan data-data yang memang diperlukan untuk klarifikasi," paparnya. 

Agustina juga mengaku tidak tahu siapa atau warga mana yang melaporkan dirinya. "Namun diduga ada salah satu perangkat desa yang memang sudah mendapatkan SP2 dengan alasan kinerja," ungkapnya. "Kami merasa nama baik dicemarkan. Kami akan datang ke Kejari," tandas Agustina.

Kades Mandrajaya, Agustina Abdul Hasanudin membantah tudingan dirinya telah melakukan penyalahgunaan anggaran desa.

Sementara itu, Camat Ciemas AG Senjaya mengaku belum tahu mengenai seluk-beluk permasalahan tersebut.

"Pada 2018, saya sendiri belum menjabat Camat Ciemas. Tapi dari keterangan bahwa 2018 sudah ada pemeriksaan dan monitoring, begitu pun dengan anggaran Dana Desa 2019. Kami belum tahu pos anggaran mana yang diduga dikorupsi oleh kepala desa," jelasnya. 

Ia mengaku sudah sering melakukan pengawasan dan monitoring, belum menemui adanya dugaan penyelewengan. "Kalaupun ada dugaan penyelewengan dalam kegiatan fisik (pembangunan fisik) tidak sesuai spek, itu sudah diperingatkan agar dilaksanakan sesuai. Permasalahan ini harus diselesaikan, agar menjadi terang benderang," pungkasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)
Science18 Juni 2024, 14:13 WIB

Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Pola angin menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.
Kondisi perahu nelayan yang rusak diterjang ombak tinggi di perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 14:00 WIB

2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Ngô Trọng An).
DPRD Kab. Sukabumi18 Juni 2024, 13:40 WIB

Kurban Sapi 500 Kg, Anggota DPRD Sukabumi: Idul Adha Bermakna Keikhlasan Berjuang

Andri menyebut Idul Adha ini adalah momen untuk mengambil hikmah.
Hewan kurban anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana pada Senin, 17 Juni 2024 di Kampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 13:30 WIB

10 Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Dengan mengikuti aturan makan karbohidrat yang sehat, penderita diabetes dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi.
Ilustrasi. Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat18 Juni 2024, 13:00 WIB

7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali.
Ilustrasi - Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sehat18 Juni 2024, 12:30 WIB

9 Aturan Makan Daging untuk Penderita Asam Urat Agar Kadarnya Tetap Normal

Dengan mengikuti aturan makan yang sehat, penderita asam urat dapat menikmati daging dalam jumlah terbatas tanpa memicu peningkatan kadar asam urat yang signifikan.
Ilustrasi. Daging Panggang. Aturan Makan Daging untuk Penderita Asam Urat Agar Kadarnya Tetap Normal (Sumber : Pexels/OleksandrP)
Sukabumi18 Juni 2024, 12:18 WIB

Keluarga Korban Pertanyakan Soal Kasus Keracunan di Sukabumi, Sampel Masih Diuji

Dinkes mencatat total korban keracunan massal mencapai 194 orang.
(Foto Ilustrasi) Keluarga korban mempertanyakan kelanjutan kasus keracunan massal di Kampung Cimanggir RT 02/01 Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay