Ditemukan Potongan Perahu dan Jala Ikan, Nelayan Hilang Diterjang Ombak Tegalbuleud Sukabumi

Jumat 30 Oktober 2020, 08:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap Buhori (60 tahun), nelayan yang hilang setelah perahu yang dinaikinya dihantam gelombang di perairan Tegalbuleud Sukabumi. Petugas mencari Buhori hingga ke perbatasan perairan Sinar Laut Agrabinta Cianjur Selatan.

Tim gabungan yang terdiri dari Sarda Kabupaten Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi, Petugas Penanggulanan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciracap dan Tegalbuleud, Tagana Tegalbuleud, Rapi Lokal 08 Sukabumi, Pemuda Pancasila (PP) Tegalbuleud, Rukun Nelayan Ujung Genteng, Paguyuban Nelayan Ujung Genteng, Pokmaswas Ujung Genteng, serta warga sekitar melakukan penyisiran hingga ke perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur dengan berjalan kaki dan menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA: Dihantam Gelombang, Satu Nelayan Hilang saat Mencari Ikan di Perairan Tegalbuleud Sukabumi

Dari pantauan sukabumiupdate.com, pencarian itu dilakukan di sekitar Muara Cibuni, tepatnya di Kampung Kubangsari RT 02/05 Desa Wangun Jaya, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Di lokasi tersebut juga ditemukan potongan perahu jenis fiber dengan nama Maha Raja Abadi yang notabene merupakan perahu yang dihantam gelombang di perairan Tegalbuleud pada Kamis (29/10/2020) sekira pukul 19.30 WIB.

Lokasi terhantamnya perahu dengan lokasi ditemukannya potongan perahu dan jala ikan berjarak sekitar 10 kilometer dan terhalang oleh Muara Cibuni. 

"Saat ini ada dua pos pencarian. Pertama di Kampung Karanganyar jalan baru perairan Tegalbuleud. Kedua di Kampung Kubangsari Desa Wangun Jaya, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur," ujar Sarda Kabupaten Sukabumi Ewin Wasito kepada sukabumiupdate.com, Jumat (30/10/2020).

"Pencarian masih dilakukan dengan menyisir sepanjang pantai, baik jalan kaki dan pakai kendaraan sepeda motor," jelasnya menambahkan.

Ketua Rukun Nelayan Ujung Genteng  Asep Jeka menambahkan, hingga saat ini Buhori (60 tahun) belum ditemukan. Sementara korban selamat atas nama Sobana (43 tahun) dievakuasi ke rumahnya di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Perahu Dihantam Gelombang Tinggi di Tegalbuleud Sukabumi, Nelayan Asal Lampung Hilang

"Ada sedikit luka lecet di gelang tangan kirinya bekas tali tambang jeriken," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, perahu jenis fiber milik ND Putra dengan mesin 15 PK mengalami kecelakaan laut di perairan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi, Kamis (29/10/2020). Akibatnya, satu nelayan bernama Buhori (60 tahun) dinyatakan hilang.

Ketua Rukun Nelayan Ujung Genteng Asep Jeka mengatakan, perahu milik warga Kampung Ujung Genteng RT 01/01 Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi itu tengah menangkap ikan di perairan Tegalbuleud.

Dalam perahu itu diketahui terdapat anak buah kapal (ABK) bernama Sobana (43 tahun), warga Kampung Citamiang, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap dan Buhori sebagai nahkodanya. Buhori sendiri merupakan warga Kampung Bojonggaling, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)