Ada TKA asal China di PLTMH Sagaranten Sukabumi, Ini Penelusurannya

Rabu 20 Maret 2019, 10:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PT Zhong Min Hydro Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pembangkit listrik tenaga mikro hydro (PLTMH) di Kampung Cisagu, Desa Mekarsari, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, tepis dugaan adanya tenaga kerja asing (TKA) asal China dan tidak memiliki izin resmi.

BACA JUGA: Lalulintas Terhambat, Truk Perusahaan Asing Terperosok di Sagaranten Sukabumi

Pantauan sukabumiupdate.com, di PT Zhong Min Hydro, PLTMH terlihat beberapa TKA asak China sedang beraktifitas. Terlihat juga warga lokal menjadi pekerja di proyek yang masih dalam proses pengerjaan tersebut. 

Anwar Satya Krama (50 tahun), salah seorang karyawan yang merupakan warga keturunan Tiong Hoa asal Jakarta ini menjelaskan jika di proyek tersebut hanya memperkerjakan 30 orang tenaga kerja, terdiri dari 5 orang warga asing dan 25 warga Indonesia.

"Mungkin karena di sini banyak keturunan Tiong Hoa, jadi dikira banyak warga China," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (20/3/2019).

Anwar juga menjelaskan, PT. Zhong Min Hydro Indonesia ini adalah perusahaan milik warga negara Indonesia yang berkantor di Jakarta. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pembangkit listrik yang rencananya akan memenuhi kebutuhan listrik gardu di wilayah Jampang.

"Hanya ada dua orang yang sudah memiliki SKTT (surat keterangan tempat tinggal), sisanya hanya pekerja sementara yang datang ke Indonesia hanya jika dibutuhkan saja, dan lebih ke pekerja teknik," sambungnya.

Terkait isu pekerja asing non formal, Anwar memperlihatkan beberapa bukti legalitas seperti passport, Ijin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA), dan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) yang dimiliki perusahaannya.

"Selama ini kami selalu mengurus semua kelengkapan, termasuk Jamsostek pun sudah kami selesaikan," jelasnya.

BACA JUGA: Truk Besar Pengangkut Barang Perusahaan PLTMH Rusak Rumah Warga Sagaranten Sukabumi

Menurut Anwar, perusahaannya tersebut lebih banyak memperkerjakan warga lokal sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Warga di sini selain ada yang menjadi humas, juga ada yang di bagian teknik, dan belasan security yang berasal dari warga sekitar," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram