bankbjb

BPN Didemo Lagi! Petani - Mahasiswa Tuntut Penyelesaian Konflik LPRA di Sukabumi

Andri Somantri
Penulis
Kamis 29 Sep 2022, 18:34 WIB
BPN Didemo Lagi! Petani - Mahasiswa Tuntut Penyelesaian Konflik LPRA di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) bersama mahasiswa melakukan aksi demo di Kantor kantor ATR/BPN Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/9/2022). Mereka menuntut BPN menyelesaikan konflik Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA) di Kabupaten Sukabumi. 

"Yang menjadi prioritas usulan SPI di pusat kan ada 137 lokasi di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Sukabumi ada 3 lokasi yang prioritas harus diselesaikan," kata Ketua DPC SPI Sukabumi Rojak Daud kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Rojak menyatakan 3 lokasi itu 1 titik berada di Kecamatan Caringin dan 2 titik di wilayah Jampangtengah dan Lengkong.

Lebih lanjut, Rojak menyatakan LPRA Kecamatan Caringin tepatnya berada di Desa Pasir Datar indah dan Desa Sukamulya.

"Selama ini sudah dikuasai 100 persen oleh petani dan bahkan 2017 itu ada 14 orang petani pernah dipenjara karena persoalan konflik ini. Jumlah petani sebanyak 510 orang Hak HGB akan berakhir 2024, petani saat ini sudah menguasai 110 hektar," Katanya. 

Kedua di Kecamatan Jampang Tengah, eks HGU (Hak Guna Usaha) seluas 1.654 hektare. HGU di salah satu perusahaan sudah berakhir pada 2016 lalu dan terindikasi sebagai tanah terlantar.

"HGU-nya berakhir di 2016 tetapi sampai saat ini eksistingnya itu 95 persen, itu memang sudah menjadi lahan pertanian. Dengan jumlah petani 2000 orang seluruh area sudah dikuasai oleh petani," ucapnya. 

Ketiga ada di dua Kecamatan meliputi Kecamatan Jampang Tengah dan Kecamatan Lengkong seluas 1600 hektare. 

"Persoalannya sejak 2016 petani dilaporkan ke polisi sehingga kita laporkan ke pusat. Jumlah petani di area itu sekitar 1.000 orang. Hampir seluruh area sudah dikuasai oleh masyarakat, sebagai pemukiman dan lahan pertanian," sambungnya. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini