Pria Tunanetra di Tegalbuleud Sukabumi Huni Rumah Kayu Bilik Bambu Sendirian

Selasa 27 September 2022, 14:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Terlahir tunanetra tidak membuat Hendra (39 tahun) patah semangat untuk mencari nafkah demi kebutuhan hidupnya, bahkan menjadi tulang punggung bagi keluarga. Hendra adalah warga Kampung Teluk Jati RT 01/07 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

Sejak ibunya bernama Adsah meninggal dua tahun lalu, Hendra hidup sendiri menempati rumah kayu bilik bambu ukuran 6x7 meter peninggalan sang ibu. Tak ada perlengkapan rumah tangga, hanya satu lampu penerang yang diambil dari tetangga dan kasur yang sudah lapuk dan bolong tempat Hendra istirahat.

Saudara Hendra, Maryadin (65 tahun), mengatakan Hendra adalah anak satu-satunya. "Ibunya Hendra itu kakak istri saya. Ayah dan ibu Hendra sudah meninggal. Sekarang Hendra tinggal sendiri menempati rumah peninggalan ibunya, tidak jauh dari rumah saya," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Selasa (27/9/2022).

photoRumah Hendra (39 tahun) di Kampung Teluk Jati RT 01/07 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Meski mengalami kebutaan sejak lahir, Maryadin menyebut Hendra sudah mencari uang untuk kebutuhan ibunya ketika menginjak usia remaja. Hendra biasa mencari rupiah dengan membantu orang lain. Namun tak jarang, dengan sangat terpaksa dan terdesak kebutuhan ekonomi, Hendra mengemis di wilayah Bogor.

Singkatnya, 14 tahun lalu Hendra pulang dari Bogor dan memiliki istri warga Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. Tetapi, Maryadin mengatakan pernikahan Hendra dan istrinya tak bertahan lama hingga akhirnya bercerai karena Hendra sakit. Keduanya tak punya anak dan Hendra pulang ke Desa Sumberjaya.

"Ceritanya istrinya tidak mau mengurus, akhirnya dia pulang ke ibunya," ujar Maryadin.

Sejak saat itu Maryadin mengatakan sudah hampir 13 tahun Hendra tidak pernah ke luar rumah, hanya tidur, duduk, dan kadang berbicara sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kini Hendra mengandalkan bantuan dari tetangga dan pemerintah desa lewat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

"Ketika kemarin banjir, kami tidak mengungsi karena air tidak naik tinggi, hanya masuk perkiraan 50 sentimeter lantaran tempatnya lumayan tinggi," kata Maryadin menjelaskan kondisi dia dan Hendra saat wilayah Tegalbuleud dikepung banjir pada Jumat malam, 23 September 2022.

Baca Juga :

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tegalbuleud, Yudiansyah, mengatakan dari infornasi Puskesos Desa Sumberjaya, Hendra selama ini mendapat BLT DD Rp 300 ribu pada tahun 2022. Hendra pun mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait Covid-19 berupa sembako. 

"Hendra juga mendapat bantuan disabilitas Rp 1 juta dari Dinsos Kabupaten Sukabumi," katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)