Bahas Potensi Wilayah, Workshop Universitas Nusa Putra Patriot Desa Jawa Barat

Jumat 22 Juli 2022, 23:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra bekerjasama dengan Patriot Desa Jawa Barat penugasan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan workshop, dengan tema "Pengembangan Potensi Desa Melalui Kolaborasi Pentahelix”. 

Workshop berlangsung di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Jalan Raya Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Diikuti 144 peserta yang terdiri dari 11 pemerintah desa lokasi program patriot desa, 110 pemerintah desa lainnya yang dipilih berdasarkan pemetaan indeks desa pembangunan, dan 33 penggerak lokal program patriot desa tahun 2022 serta 27 dinas, instansi, badan usaha serta organisasi.

Baca Juga :

Workshop yang digelar secara online dan offline pada Kamis, 21 Juli 2022 ini menghadirkan pembicara utama Ir. Tri Mumpuni selaku Anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Asda II  Bidang Perekonomian Kabupaten Sukabumi Ahmad Riyadi. Serta Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Program Patriot Desa Desa  Kabupaten Sukabumi Koko Muhamad.

Dalam kesempatan tersebut Koko Muhamad menegaskan Patriot Desa merupakan salah satu program unggulan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDesa) Provinsi Jawa Barat guna mewujudkan visi Jawa Barat lahir dan batin. Dengan memfokuskan peran pemuda sebagai komunikator, integrator dan akselerator, yang mendukung pembentukan penggerak lokal desa (Lokal Champion) agar mampu mengelola berbagai potensi yang ada di desa  dalam dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan. 

"Sesuai dengan undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa menetapkan tujuan dari pembangunan desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan kemiskinan, melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan sarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Namun nyatanya dilapangan  hal itu semua tidak bisa dilakukan  sendiri oleh desa, untuk perlu adanya kolaborasi ini," tuturnya. 

Untuk itu ia berharap melalui kolaborasi Pentahelix  yang menggabungkan berbagai unsur seperti akademisi, pelaku usaha, komunitas, pemerintah dan media ini bisa mengembangkan potensi desa-desa yang ada di Kabupaten Sukabumi. 

“Harapannya potensi-potensi desa itu bisa dikembangkan untuk meningkatkan strata desa berdasarkan Indek Desa Membangun (IDM),” tandas Koko.

Sementara itu, dalam sambutannya Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan mengatakan, sangat menyambut baik dengan adanya kolaborasi antara Universitas Nusa Putra dengan Patriot Desa Jawa Barat. Dikatakannya saat pertama kali Patriot Desa mengajak kolaborasi untuk melakukan kegiatan workshop, ia langsung merespon karena ini merupakan bagian dari perjuangan bersama 

"Kita sadar desa menjadi ujung tombak untuk pembangunan Indonesia,  desa menjadikan cikal bakal membangun tatanan bernegara ini tentunya kita sebagai  akademisi saya tentunya berusaha  berkontribusi untuk membantu desa-desa yang ada di Kabupaten Sukabumi," ucapnya sambil disamput tepuk tangan meriah dari peserta workshop. 

Dalam kesempatan itu pula, Kurniawan menyampaikan beberapa capaian prestasi yang sudah diraih oleh Universitas Nusa Putra di tahun 2022 ini. Capaian pertama yaitu Program Beasiswa Bupati Sukabumi yang sudah berjalan tiga tahun ini. Tentunya program Beasiswa Bupati Sukabumi bersama Nusa Putra merupakan upaya Universitas Nusa putra membangun desa.

"Alhamdulilah ratusan mahasiswa sudah berkuliah di Universitas Nusa Putra melalui seleksi beasiswa bupati sukabumi, dimana kedepan lulusan dari beasiswa ini bisa kembali membangun desanya masing-masing," terangnya. 

Tidak hanya memajukan Kabupaten Sukabumi, dalam mewujudkan indonesia maju, Universitas Nusa Putra juga mengadakan Beasiswa Anak Negeri.  Kemudian dalam penelitian Universitas Nusa Putra baru-baru ini sebanyak 21 orang dosen Universitas Nusa Putra menerima hibah penelitian dan pengabdian kompetitif nasional dari Kemendikbudristek tahun 2022 yang merupakan terbesar se Jawa Barat dan Banten. 

Capaian selanjutnya yaitu menyelenggarakan konferensi internasional, dimana Universitas Nusa Putra telah menyelenggarakan konferensi internasional di lima bidang yaitu sains, ekonomi, sosial dan education  yang sudah diakui oleh dunia. Tidak hanya itu, Universitas Nusa Putra memiliki 14 jurnal yang sudah terindeks nasional dan internasional. 

"Tentunya capaian-capaian ini merupakan upaya  kita selain sebagai tugas dari akademisi juga  bersama untuk memajukan  daerah kita memajukan Indonesia bahwa inovasi perlu untuk meningkatkan perekonomian kesejahteraan kita bersama," terangnya. 

Terakhir, di acara workshop ia berharap adanya inovasi baru, sebab inovasi perlu untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kita bersama tentunya  yang juga menjadi tanggung jawab bersama, di acara workshop ini hadir  ada perangkat pemerintah daerah , kepala desa , patriot, akademisi dan  para ahlinya dan disini juga ada  media haruslah menyebarkan ide-ide kebaikan dan kita bersama untuk Sukabumi yang maju. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 Februari 2024, 18:00 WIB

Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan Sholawat Al Qolbu Mutayyam yang menunjukan rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi - Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya | Foto: bandung.go.id
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 17:51 WIB

Kian Tak Terbendung ke Senayan, Iman Adinugraha Sudah Raup Hampir 70 Ribu Suara

Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Iman Adinugraha tak terbendung dan semakin dekat untuk lolos ke Senayan dari Dapil Sukabumi.
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha saat menerima kunjungan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat25 Februari 2024, 17:05 WIB

Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Berikut daftar nama Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor 2024-2029 yang baru dilantik Minggu (25/2/2024).
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)
Sehat25 Februari 2024, 17:00 WIB

4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya

Berikut ini beberapa jenis gangguan kepribadian dan ciri-ciri orang yang mengalaminya
Ilustrasi - 4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya (Sumber : unsplash.com/@Pooja Roy)
Sukabumi25 Februari 2024, 16:41 WIB

Mayat Pria Ditemukan di Pantai Cibuaya Sukabumi, Diduga Korban Tenggelam

Mayat pria yang ditemukan tergeletak di pesisir Pantai Cibuaya Sukabumi itu menurut warga merupakan ODGJ.
Proses evakuasi mayat pria diduga ODGJ di Pantai Cibuaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Gadget25 Februari 2024, 16:00 WIB

Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar

Inilah deretan HP baru yang akan meramaikan pasar gadget minggu ini
Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Februari 2024, 15:11 WIB

Potret Adu Ketangkasan Domba Garut di Pajampangan Sukabumi

Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan.
Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan di lapang Puskeswan Surade, Minggu (25/2/2024). (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 15:00 WIB

4 Daya Tarik Telaga Remis Pasawahan Bisa Camping dan Mancing

Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan
Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan (Sumber : Istimewa)
Inspirasi25 Februari 2024, 14:25 WIB

Universitas Nusa Putra Raih Penghargaan Gold Winner dari LLDIKTI IV

Miliki Program Studi Terakreditasi Internasional Terbanyak se-Jawa Barat dan Banten, Universitas Nusa Putra diganjar Gold Winner dari LLDIKTI IV.
Piagam penghargaan Gold Winner untuk Universitas Nusa Putra dari LLDIKTI IV. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan25 Februari 2024, 14:00 WIB

6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat

Berikut ini manfaat masker putih telur yang baik untuk kulit wajah termasuk mengatasi jerawat
6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)