Catatan DPRD Kabupaten Sukabumi Soal Perpanjangan HGU PT Sindo Jaya Agung 

Kamis 03 September 2020, 11:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, memfasilitasi keinginan petani penggarap yang diwakilkan melalui para kepala desa terkait akan berakhirnya Hak Guna Usaha (HGU) PT Sindo Jaya Agung.

HGU perusahaan perkebunan yang bergerak pada komoditi karet dan tanaman teh ini sejatinya akan berakhir pada tahun 2022 dan perusahaan tersebut berniat memperpanjang HGU tersebut. Maka sesuai aturan, permohonan dapat diajukan dua tahun sebelum berakhirnya jangka waktu HGU tersebut.

BACA JUGA: Penyisihan Lahan HGU PT Asabaland Kurang dari 20 Persen, Warga Datangi Camat Ciracap

 Adapun lahan HGU tersebut berada di 4 desa di Kecamatan Jampang Tengah yakni Desa Bantaragung seluas 627 hektar, Desa Jampang Tengah seluas 250 hektar, Desa Bojongjengkol 4 hektar dan Desa Tegallega Kecamatan Lengkong luas 700 hektar. 

Ketua Komisi I, Paoji mengatakan pihaknya sudah melaksanakan rapat dengan pihak terkait diantaranya camat Jampang Tengah, camat Lengkong termasuk petani penggarap. Menurut dia, HGU PT Sindo Jaya Agung akan habis pada 31 Desember 2022.

BACA JUGA: Kisruh HGU Asabaland Sukabumi, Komisi I : Ada Penambahan Luas Fasus dan Fasum

"Adapun hasil pertemuan dan kesepakatan sebagai berikut bahwa PT Sindo Jaya Agung telah melaksanakan kemitraan dengan masyarakat. Dan akan melaksanakan perbaikan kembali terhadap kemitraan dengan masyarakat dengan dilaksanakan musyawarah sehingga adanya kesepakatan bersama," jelasnya.

Menurut dia, sebelum diterbitkannya perpanjangan HGU, PT Sindo diharapkan dapat melakukan penyisihan fasilitas sosial dan fasilitas umum sesuai dengan aturan dan perundang undangan yang berlaku.

"Kemitraan yang dilakukan antara perusahaan dengan pemerintahan serta masyarakat harus dilakukan pendataan nama-nama penggarap serta batas batas disetiap desa. Pembangunan dan status jalan yang dipergunakan oleh umum yang berada di lokasi PT, dapat dimusyawarahkan oleh kecamatan dan desa," kata Paoji.

BACA JUGA: Empat Titik Lahan HGU Bermasalah, SPI Sukabumi Minta Pemerintah Tegas

"Yang terakhir fasilitas umum dan fasilitas sosial akan diatur kembali dalam rapat musyawarah antara pemerintah kecamatan, Pemdes, dan masyarakat sehingga menghasilkan kesepakatan persetujuan bersama sesuai dengan peraturan dan perundang undangan," tegasnya.

Sementara itu Bagian Administratur PT Sindo Jaya Agung, Agus Sudrajat mengatakan, ada aturan yang mesti dilakukan mengenai penyisihan 20 persen dari total luas lahan HGU

BACA JUGA: Komisi 1 DPRD Tengahi Konflik Petani Penggarap dengan PT Tutu Kekal Purabaya Sukabumi

Menurut Agus bahwa penyisihan 20 persen tersebut kalau sudah dilakukan perpanjang. "Ini kan belum, sesuai dengan penjelasan dari pihak BPN. Hal itu nanti akan kami bicarakan kembali dengan pihak terkait," jelasnya.

Menurut dia selama ini pihak perusahaan telah melakukan kerjasama baik dengan petani penggarap. Bahkan di Desa Tegallega ada kelompok Tani Jaya yang diberi kebebasan untuk memetik, menjual bebas hasil panen teh kemana saja. 

BACA JUGA: Petani penggarap HGU PT Asabaland Dipanggil DPRD Kabupaten Sukabumi

Sementara itu, Kepala Desa Jampang Tengah, Agus Jayadi Ramli menambahkan, pihak pemerintah desa dalam hal ini hanya memperjuangkan adanya warga di desanya sebanyak 120 KK yang sudah menempati lahan HGU tersebut.

"Yang memang perlu diperjuangkan karena adanya warga yang tidak memiliki lahan tempat tinggal," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 April 2024, 17:35 WIB

Kabar Baik untuk Ato di Cikangkung Sukabumi, Rumah Reyotnya Dibangun Swadaya

Kabar baik untuk Ato (51 tahun) datang dari Pemerintah Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Pemdes dan Warga Cikangkung akan bantu perbaikan gubuk miring Ato (Sumber: istimewa)
Sehat18 April 2024, 17:30 WIB

Mengontrol Gula Darah: Alasan Mengonsumsi Nasi Merah Baik untuk Anda Penderita Diabetes

Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih.
Ilustrasi - Nasi merah dan beras merah merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan nasi putih. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).
Sukabumi18 April 2024, 17:02 WIB

Tak Diberi Izin Poligami, Oknum ASN di Sukabumi Celakai Istri Hingga Patah Tangan?

Perempuan inisial DM (58 tahun) diduga mengalami kekerasan dalam rumah tangga dengan perlakuan sadis dari suaminya BCA (38 tahun) hingga alami patah tangan
Foto rontgen yang diperlihatkan korban kepada awak media. Dugaan KDRT oknum ASN Sukabumi terhadap istrinya (Sumber: istimewa)
Musik18 April 2024, 17:00 WIB

[Preview] Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok

[Preview] Inilah Potongan Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Meski baru akan rilis pada Jumat (19/4/2024) besok, Lagu Jebolan Indonesian Idol ini sudah viral di media sosial lho!
Preview: Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Sukabumi18 April 2024, 16:21 WIB

Heboh Kasus Investasi Bodong Berkedok Gadai Rumah di Sukabumi, Marketing Diamankan

Berikut keterangan dari pihak kepolisian terkait kasus investasi bodong berkedok gadai rumah di Kota Sukabumi.
Kasat Reskrim Polres Sukabumi Kota AKP Bagus Panuntun saat memberikan keterangan terkait kasus dugaan investasi bodong berkedok gadai rumah. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola18 April 2024, 16:15 WIB

Prediksi Timnas Indonesia U-23 vs Australia di Piala Asia 2024: H2H, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB.
Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia Qatar 2024 akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB. (Sumber : pssi.org).
Food & Travel18 April 2024, 16:00 WIB

Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget!

Air rebusan kayu manis ini dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan diabetes atau mereka yang berisiko mengalami peningkatan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Teh Kayu Manis untuk Membantu Menurunkan Gula Darah, Simpel Banget! | Foto: Pixabay/Pexels
Nasional18 April 2024, 15:52 WIB

Membangun Bisnis Sehat dengan Konten Berkualitas, 7 Tahun AMSI

Setiap tahun, AMSI selalu mengadakan Indonesian Digital Conference, sebuah ajang diskusi tentang teknologi digital terbaru dan dampaknya pada industri media.
AMSI sudah berdiri di hampir semua wilayah di Indonesia dengan anggota lebih dari 400 media online. (Sumber: istimewa)
Sukabumi18 April 2024, 15:52 WIB

Halalbihalal Disperkim Kabupaten Sukabumi: Tingkatkan Kekompakan dan Motivasi Pegawai

Halalbihalal ini dirangkaikan dengan pengajian dan pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan.
Disperkim Kabupaten Sukabumi menggelar acara halalbihalal bersama seluruh pegawai pada Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi18 April 2024, 15:16 WIB

Pererat Silaturahmi, Perumdam TJM Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Perumdam TJM Sukabumi menggelar acara Halal Bihalal di lapangan tenis dekat Kantor perusahaan tersebut di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/4/2024).
Halal bihalal Perumdam TJM Sukabumi. (Sumber : Istimewa)