Adjo Beberkan Nasib DOB Kabupaten Sukabumi, Ini Kabar Terbarunya

Kamis 21 Maret 2019, 13:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono menghadiri rapat konsolidasi Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pemekaran Daerah Otonomi Baru (Forkonas DOB) di Aula Gedung Juang 45, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Pertemuan tersebut dalam rangka konsolidasi pemekaran wilayah calon DOB di seluruh Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Sukabumi. Forum sekaligus mendesak kepada Presiden RI untuk segera menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemekaran DOB di Indonesia.

BACA JUGA: Tokoh Pemekaran Sukabumi Utara Berpulang, Sekda Harap Ada Penerus

Adjo memaparkan, forum tersebut mengambil kesimpulan bahwa dalam waktu dekat ini akan disampaikan permohonan kepada Presiden RI Joko Widodo untuk segera menerbitkan PP tentang desain besar penataan daerah.

"PP tentang penataan daerah merupakan amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagai pedoman untuk memproses penataan daerah atau pembentukan calon DOB," kata Adjo saat dihubungi sukabumiupdate.com, Kamis malam melalui sambungan telepon seluler.

Seperti diketahui, hingga kini pemerintah tengah menerapak kebijakan moratorium soal pembentukan DOB. Sementara hingga kini ada ratusan wilayah yang menunggu untuk dimekarkan menjadi DOB. Hal itu yang menjadi salah satu pembahasan utama dalam forum tersebut.

"Dalam pertemuan itu juga dihadiri Ketua Harian Forkonas DOB dan juga pengurus Forkoda Calon DOB Sukabumi Utara, Sigar S. Mudah-mudahan saja pertemuan ini nantinya bisa menghasilkan keputusan yang terbaik untuk masyarakat, terutama untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi," pungkas Adjo.

BACA JUGA: Ini Komitmen Ridwan Kamil Terhadap Pemekaran Kabupaten Jampang

Data yang dihimpun sukabumiupdate.com, wacana pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara mulai dibahas sejak tahun 2004 silam. Beberapa pertimbangan dan desakan dibentuknya DOB Sukabumi Utara melihat luas wilayah Kabupaten Sukabumi yang mencapai sekitar 4.161 kilometer persegi, merupakan kabupaten terluas se-Jawa dan Bali.

Kabupaten Sukabumi juga memiliki 47 kecamatan, merupakan yang terbanyak se-Indonesia. Ada kurang lebih  2,5 juta jiwa tinggal di Kabupaten Sukabumi, menjadikan salah satu kabupaten terpadat di Jawa Barat. Rentang waktu tahun 2004 hingga 2010, anggaran sebesar Rp 9 miliar telah digelontorkan dari APBD Kabupaten Sukabumi untuk rencana pembentukan DOB.

Bukan hanya usulan DOB Kabupaten Sukabumi Utara saja. Wilayah lainnya juga ikut mengusulkan pembentukan DOB, yakni pembentukan Kabupaten Jampang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat22 April 2024, 13:00 WIB

Diet Rendah Kolesterol: 13 Makanan dengan Nutrisi Terbaik, Tinggi Serat dan Lemak Tak Jenuh

Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh.
Ilustrasi - Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh. (Sumber : pexels.com/@Marvin Bayer).
Info22 April 2024, 12:15 WIB

Telah Hilang STNK Mobil F 7543 SD

Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi
Ilustrasi. Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi tahun 2010 warna kuning metalik kombinasi dengan Nomor Polisi F 7543 SD (Sumber : istimewa)
Bola22 April 2024, 12:00 WIB

Indonesia Cetak Sejarah! Tim Debutan yang Berhasil Lolos ke-8 Besar Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024.
Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024. (Sumber : pssi.org)
Gadget22 April 2024, 11:45 WIB

6 Cara Efektif Atasi Radiasi Gadget, Bisa Bikin Mata Plong!

Hindari tidur dengan gadget masih menyala atau berada di dekat tempat tidur Anda, karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengganggu kualitas tidur Anda.
Ilustrasi. Anak kecil bermain gadget. Sumber : pixabay/haniffer11
Sehat22 April 2024, 11:30 WIB

6 Dampak Buruk Jarang Minum Air Putih untuk Kesehatan

penting untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Air putih. Sumber : pixabay/doneloo12
KATA WARGANET22 April 2024, 11:24 WIB

Seleksi Jabatan di Kota Sukabumi dan Mundurnya Dirut RSUD R Syamsudin SH

Pejabat Walikota Sukabumi harus segera mencari sosok pengganti Donny Sulivan yang secara mendadak mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Rumah Sakit Syamsudin SH.
Bangunan depan RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi (Sumber: akun medsos)
Food & Travel22 April 2024, 11:15 WIB

7 Manfaat Kopi Hitam yang Jarang Diketahui, Bisa Menurunkan Resiko Diabetes

Antioksidan dalam kopi hitam dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.
Ilustrasi kopi hitam. Foto: pixabay/tmooy99
Sukabumi22 April 2024, 11:03 WIB

Tingkatkan Minat Baca, Ini Berbagai Fasilitas Pelayanan di UPP Surade Sukabumi

Kunjungan ke UPP Surade mulai anak PAUD/TK, SD, SMP, mahasiswa, dan warga.
Kegiatan membaca yang diselenggarakan Diarpus Kabupaten Sukabumi di UPP Surade. | Foto: Istimewa
Life22 April 2024, 11:00 WIB

Stres Kronis, 8 Kebiasaan Buruk yang Membuat Tubuh Mudah Sakit

Menghindari kebiasaan buruk penyebab sakit dan mengadopsi gaya hidup yang sehat, Anda dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan sehat.
Ilustrasi - Stres Kronis Termasuk Salah Satu Kebiasaan Buruk yang Membuat Tubuh Mudah Sakit. (Sumber : pexels.com/@MART PRODUCTION)
Food & Travel22 April 2024, 10:30 WIB

Cara Membuat Jus Sirsak, Bisa Bantu Menurunkan Gula Darah Agar Kembali Normal

Begini Cara Membuat Jus Sirsak, Bisa Bantu Menurunkan Gula Darah Agar Kembali Normal. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Jus Sirsak untuk Kesehatan (Sumber : Instagram/@aromaku_bakery)