Adjo Beberkan Nasib DOB Kabupaten Sukabumi, Ini Kabar Terbarunya

Kamis 21 Maret 2019, 13:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono menghadiri rapat konsolidasi Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pemekaran Daerah Otonomi Baru (Forkonas DOB) di Aula Gedung Juang 45, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Pertemuan tersebut dalam rangka konsolidasi pemekaran wilayah calon DOB di seluruh Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Sukabumi. Forum sekaligus mendesak kepada Presiden RI untuk segera menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemekaran DOB di Indonesia.

BACA JUGA: Tokoh Pemekaran Sukabumi Utara Berpulang, Sekda Harap Ada Penerus

Adjo memaparkan, forum tersebut mengambil kesimpulan bahwa dalam waktu dekat ini akan disampaikan permohonan kepada Presiden RI Joko Widodo untuk segera menerbitkan PP tentang desain besar penataan daerah.

"PP tentang penataan daerah merupakan amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sebagai pedoman untuk memproses penataan daerah atau pembentukan calon DOB," kata Adjo saat dihubungi sukabumiupdate.com, Kamis malam melalui sambungan telepon seluler.

Seperti diketahui, hingga kini pemerintah tengah menerapak kebijakan moratorium soal pembentukan DOB. Sementara hingga kini ada ratusan wilayah yang menunggu untuk dimekarkan menjadi DOB. Hal itu yang menjadi salah satu pembahasan utama dalam forum tersebut.

"Dalam pertemuan itu juga dihadiri Ketua Harian Forkonas DOB dan juga pengurus Forkoda Calon DOB Sukabumi Utara, Sigar S. Mudah-mudahan saja pertemuan ini nantinya bisa menghasilkan keputusan yang terbaik untuk masyarakat, terutama untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi," pungkas Adjo.

BACA JUGA: Ini Komitmen Ridwan Kamil Terhadap Pemekaran Kabupaten Jampang

Data yang dihimpun sukabumiupdate.com, wacana pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara mulai dibahas sejak tahun 2004 silam. Beberapa pertimbangan dan desakan dibentuknya DOB Sukabumi Utara melihat luas wilayah Kabupaten Sukabumi yang mencapai sekitar 4.161 kilometer persegi, merupakan kabupaten terluas se-Jawa dan Bali.

Kabupaten Sukabumi juga memiliki 47 kecamatan, merupakan yang terbanyak se-Indonesia. Ada kurang lebih  2,5 juta jiwa tinggal di Kabupaten Sukabumi, menjadikan salah satu kabupaten terpadat di Jawa Barat. Rentang waktu tahun 2004 hingga 2010, anggaran sebesar Rp 9 miliar telah digelontorkan dari APBD Kabupaten Sukabumi untuk rencana pembentukan DOB.

Bukan hanya usulan DOB Kabupaten Sukabumi Utara saja. Wilayah lainnya juga ikut mengusulkan pembentukan DOB, yakni pembentukan Kabupaten Jampang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel27 Februari 2024, 18:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Berikut ini empat destinasi wisata dekat stasiun Cipatat yang bisa dikunjungi dengan menaiki kereta api
Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta (Sumber : Google Maps/Agus Rustandi)
Life27 Februari 2024, 18:00 WIB

5 Doa Menyambut Ramadan Bulan Penuh Keberkahan

Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah
Ilustrasi - Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah (Sumber : Freepik)
Sukabumi27 Februari 2024, 17:27 WIB

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton 5 Meter Ditangkap Warga Cibadak Sukabumi

Seekor ular Piton kepergok saat hendak memangsa ayam warga di Kampung Bojong Setra RT 1/3 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/2/2024).
Ular Piton panjang 5 meter ditangkap warga di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari