Pendidikan Kewarganegaraan: Membentuk Warga Negara Berwawasan, Kritis, dan Bertanggung Jawab

Senin 22 April 2024, 18:56 WIB
Pendidikan Kewarganegaraan | Foto : Ist

Pendidikan Kewarganegaraan | Foto : Ist

PKn menurut Depdiknas (2006), adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NRI 1945.

Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memegang peranan vital dalam membentuk karakter, wawasan, dan tanggung jawab warga negara. Artikel ini menguraikan peran PKN dalam membantu siswa memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, membentuk karakter yang lebih baik, menumbuhkan rasa nasionalisme, mengenal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan membentuk warga negara yang demokratis.

Selain itu, PKN juga berperan dalam membangun wawasan dengan memberikan pemahaman mendalam tentang sejarah, nilai-nilai, dan institusi negara, serta dinamika politik, sosial, dan ekonomi. Kemampuan berpikir kritis juga diasah melalui PKN, sehingga warga negara dapat mengevaluasi informasi dengan cermat dan membuat keputusan rasional di era informasi yang kompleks.

Melalui PKN, generasi muda dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat global yang lebih beradab, inklusif, dan demokratis. Dengan demikian, artikel ini menyoroti pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk warga negara yang berkarakter untuk masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Tembus 3 Juta Penonton di Hari ke-11 Penayangan, Inilah Sinopsis Film Siksa Kubur

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk memastikan bahwa setiap warga negara muda memiliki rasa bangga akan negaranya dan mencintai tanah airnya, dengan memahami nilai-nilai dan moral Pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, semangat persatuan dalam keberagaman (Bhineka Tunggal Ika), dan komitmen terhadap kesatuan negara Republik Indonesia.

Dalam hal ini, para siswa akan dibimbing secara terencana sesuai dengan perkembangan psikologis mereka dan konteks kehidupan mereka agar mereka dapat belajar dengan baik tentang demokrasi. Artinya, PKn ini akan membantu siswa untuk memahami apa itu demokrasi (learning about democracy), belajar dan mengalami proses demokrasi dalam lingkungan belajar (learning through democracy),belajar bagaimana membangun dan berkontribusi dalam demokrasi (learning for democracy).

Dengan demikian, tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan aktif dalam membangun masyarakat yang demokratis.

Pendidikan kewarganegaraan dalam membangun wawasan
Wawasan mencangkup pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek kehidupan, baik local maupun global. Sebagai warga negara yang berwawasan, individu memilki pengetahuan yang mendalam tentangsejarah, nilai-nilai, dan institusi negara, serta pemahaman dinamika politik, sosial, dan ekonomi.

Dengan pemahaman yang luas ini, warga negara dapat berkontribusi secara aktif dalam Pembangunan negara dan menjalin hubungan yang harmonis dengan negaranegara lain.

Berpikir secara kritis melalui PKN

Kewarganegaraan juga andil dalam mengembangkankemmpuan berpikir yang kritis, mereka diajakarkan bagaimana cara untuk mengevaluasi informasi dengan cermat, memahami berbgai sudut pandang, dan juga mengambil Keputusan secara rasional.

Kemampuan warganegara yang berpikir kritis adaah sebuah kunci untuk menjadi warga negara yang cerdas dan bertanggung jawab dalam era informasi yang penuh dengan hoaks dan manipulasi ini.

Bertanggung jawab sebagai bagian dari warga negara
Kewarganegaraan tentunya tidak hanya tentang pengetahuan dan pikiran, tetapi juga tentang tindakan yang nyata dan dampaknya.

PKN mengajarkan pentingnya kewajiban, etika, dan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah Masyarakat yang berfungsi baik membutuhkan warga negara yang bertanggung jawab yang dipersiapkan untuk menjadi anggota Masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sekitar, menghormati perbedaan, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosian yang aktif dan bertanggung jawab.

Baca Juga: Setelah Demokrat, Deden Deni Wahyudin Daftar Maju Pilkada Sukabumi Lewat PAN

Kesimpulan : Menuju Masyarakat yang Lebih Beradab dan Demokritas

Dalam era yang kompleks ini, menjadi warga negara yang berwawasan, berpikir, dan bertanggung jawan merupakan suatu hal yang penting. Melalui pendidikan kewarganegaraan ini, generasi muda dipersiapkan untuk menghadapi tantangan yang kompleks dimasa depan dengan skap yang matang dan penuh kesadaran akan tangggung jawab mereka sebagai bagian dari Masyarakat global.

Dengan begitu, individu dapat menjadi agen perubahan yang positif dan berkontribusi pada Pembangunan Masyarakat yang lebih beradab, inklusif dan demokrasi.

Penulis : Caesha Ritza Amara – Mahasiswi Asministrasi Publik Universitas Negri Yogyakarta

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 00:10 WIB

Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi, Ini Tanggapan PU

Ruas jalan Caringin-Cidahu rusak, warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya perbaiki dengan pengecoran.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi15 Mei 2024, 22:50 WIB

Diduga Kesal Sering Dimarahi, Motif Rahmat Tega Bunuh Ibunya di Kalibunder Sukabumi

Polisi mengungkap motif anak bunuh ibu kandung di Kalibunder Sukabumi. Diduga karena pelaku kesal sering dimarahi korban.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)