Hore, di Cidahu Kabupaten Sukabumi Bakal Ada SMA Negeri Baru

Rabu 25 Oktober 2017, 15:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Sejumlah anak-anak usia sekolah di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam waktu dekat ini tak perlu bersusah payah lagi mencari tempat pendidikan di luar daerah.

Informasi dihimpun, karena tak lama lagi, bakal dibangun SMA Negeri di wilayah tersebut, sesuai kebutuhan di dunia pendidikan. Rencananya, pada tahun 2018 SMA berstatus negeri ini baru akan dibangun.

BACA JUGA: Unggul di Bidang Seni Jadi Kelebihan SMA Negeri I Ciemas Kabupaten Sukabumi

“Awalnya, kami berharap proses pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMA Negeri Cidahu I itu dilaksanakan di tahun ini (2017),” ujar Pjs Kepala SMA Negeri Cidahu, Mamat kepada sukabumiupdate.com, Rabu (25/10/2017).

Namun, lanjut Mamat, karena waktunya sudah mepet, mengingat saat ini sudah di akhir tahun anggaran, maka proses pembangunannya pun menurut informasi dari Kasubdit Prasarana di pien SMA, Kementerian pendidikan kebudayaan, Jakarta, diundur.

“Hal itu diketahui, pada saat kami bersama Komite Sekolah menghadap ke Kementerian,” terangnya.

Kendati begitu, sambung Mamat, SMA Negeri I Cidahu, sudah menjadi prioritas, bahkan pelaksanaan pembangunan di mulai sekitar Februari 2018.

BACA JUGA: Pertama Deklarasi ODF/SBS, Kepala Desa Ciwaru Kabupaten Sukabumi: Ini Bukan Asal Bapak Senang

“Kalau kita lihat dari surat tanah yang ada dari BPN itu, kita kan punya tanah kurang lebih satu hectare Ha), di Kampung Pasir Reungit, RT 03/08, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Sedang diproses di BPN, tinggal menunggu untuk diterbitkan sertifikatnya. Artinya, legal formalnya sudah resmi,” bebernya.

Mamat menambahkan, bangunan USB untuk SMA Negeri I Cidahu ini rencananya buat 13 lokal, terdiri dari tiga lokal ruang belajar, tiga lokal perkantoran, ruang guru, ruang Kepala Sekolah, dan ruang Tata Usaha (TU), juga ada ruang perpustakaan, ruang laboraturium, gudang, toilet, serta koridor.

“Jadi, kurang lebih ada 13 lokal semuanya yang akan dibangun itu. Anggaran yang diserap, sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB), sekitar Rp2,4 Miliar. Itu murni dari Pemerintah Pusat,” ungkap Mamat.

BACA JUGA: Jadikan Duta, Ratusan Siswa Berprestasi di Kota Sukabumi Dibina

Saat ini, kata Mamat, sekolah tersebut sudah memiliki sebanyak 12 rombongan belajar (Rombel), terdiri dari enam Rombel kelas 10, empat kelas 11, dan dua kelas 12.

“Sehingga tahun ini (2017) kita akan melaksanakan ujian nasional (UN) untuk kelas 12. Kami pun sudah memiliki 24 guru, dan enam TU. Jadi total jumlah personelnya, ada 30 orang. PNS baru dua orang, yaitu Kepala Sekolah, dan Surahman, guru pindahan dari SMA Negeri II. Kalau yang lainnya masih tenaga honorer, 17 orang sudah mendapatkan honor dari Pemerintah Provinsi (Pemprov),” tutupnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi05 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
(Ilustrasi) Lowongan Kerja Sebagai Scanning di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : iStock)
Life05 Mei 2024, 14:30 WIB

Kesehatan Mental Terganggu! 6 Dampak Buruk Terlalu Keras dan Kasar dalam Mendidik Anak

Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya.
Ilustrasi - Siapa sangka, terlalu keras dalam mendidik anak rupanya tidak dianjurkan dalam parenting anak. Karena memiliki dampak buruk nantinya. (Sumber : Pexels/August de Richelieu).
Sehat05 Mei 2024, 14:00 WIB

7 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Lambung, Instan dan Efektif

Sakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya.
Ilustrasi - ASakit lambung bisa diatasi dengan pengobatan rumahan untuk menenangkannya. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life05 Mei 2024, 13:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya! 6 Bahaya Perselingkuhan Orang Tua kepada Anak

Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga
Ilustrasi - Perselingkuhan orang tua tentu akan berdampak buruk terhadap anak. Hal ini yang seharusnya dihindari oleh orang tua demi keutuhan keluarga. (Sumber : Pexels/Junery Docto).
Sukabumi05 Mei 2024, 13:19 WIB

Pelaku Duel Maut Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Ditangkap, Polisi Sebut Ada Peran Alumni

Tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi, polisi sebut ada peran alumni dalam kejadian ini.
Ilustrasi borgol. Polisi tangkap pelaku duel maut yang tewaskan pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. |Foto: Pixabay/jhusemannde.
Sehat05 Mei 2024, 13:00 WIB

Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol.
Ilustrasi gorengan - Beberapa makanan ini dianjurkan dimakan dan diantaranya harus dihindari bagi penderita kolesterol. | (Sumber : instagram/@inspirasianeka_gorengan)
Sukabumi05 Mei 2024, 12:39 WIB

Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Cibodas di Cidadap Sukabumi Bikin Waswas Warga

Belum tersentuh pemerintah, Jembatan gantung Cibodas yang puluhan tahun menjadi akses penghubung dua kecamatan di Cidadap Sukabumi ini bikin waswas warga.
Kondisi jembatan gantung Cibodas penghubung dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rusak, Sabtu (4/5/2024). (Sumber : Istimewa/Bayong Hasan)
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production