Riset Bibit Vaksin Merah Putih, Menristek Siap Kucurkan Sampai Rp 60 Miliar

Selasa 20 Oktober 2020, 13:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah siap mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk riset pengembangan vaksin Covid-19 lokal vaksin Merah Putih di setiap lembaga, kampus, ataupun institusi di dalam negeri. Nilai anggaran Rp 10 miliar itu belum sampai ke tahap uji klinis yang diperkirakan bisa menghabiskan Rp 30-40 miliar secara terpisah per kandidat vaksin yang diuji.

"Semua anggaran itu sudah kami secure untuk tahun ini dan tahun depan," kata Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers yang digelar daring mengenai pengembangan vaksin, terapi dan inovasi Covid-19, Selasa 20 Oktober 2020.

Bambang mengatakan komitmen anggaran itu telah dibuktikan dengan mengucurkan Rp 10 miliar pertama untuk riset di laboratorium Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Anggaran sebesar itu ditujukan hingga Eijkman menyelesaikan tahap ekstraksi dan mengujinya pada hewan, atau sebelum melangkah ke uji pada manusia.

"Mungkin lebih besar nanti kalau sudah uji klinis. Per uji klinis bisa Rp 30-40 miliar...dikalikan jumlah vaksin yang diuji," kata Menristek Bambang menjelaskan.

Secara keseluruhan, Bambang menerangkan, ada enam institusi yang dilibatkan untuk pengembangan Vaksin Merah Putih. Lima selain Eijkman adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Untuk yang lain itu, kami akan cek kebutuhan anggarannya tapi kami perkirakan tidak berbeda jauh dengan Eijkman," kata mantan Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas/Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional itu.

Bambang menyebutkan kalau keenamnya mengembangkan vaksin dengan platform dan metode masing-masing. Eijkman dan LIPI, misalnya, mengembangkannya berbasis protein rekombinan. Sementara yang lain ada yang menggunakan adenovirus atau material RNA virus Covid-19.

Seluruhnya, Menristek memastikan, berbasis sampel SARS-CoV-2, virus corona Covid-19, yang bersirkulasi di Indonesia atau kasus transmisi lokal. Tujuannya, mengembangkan kemandirian vaksin sekaligus preventif kasus infeksi di masa depan--paralel dengan pengembangan yang melibatkan transfer teknologi dari luar negeri.

Bambang mengungkapkan, paling cepat bibit Vaksin Merah Putih sudah ada yang diserahkan kepada Bio Farma untuk produksi uji klinis pada awal tahun depan. Dan di antara enam itu, dia menyebut Eikjman dan UI yang diperkirakan kini paling maju tahapannya karena sudah akan uji pada hewan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 13:00 WIB

Tetap Bisa Makan Enak, 7 Makanan Rendah Purin yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@Vanessa Loring).
Jawa Barat12 Mei 2024, 12:33 WIB

Anggota DPRD Jabar Hasim Adnan Tinjau Jembatan Rusak di Curugkembar Sukabumi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasim Adnan akan mendorong anggaran pemprov Jawa Barat untuk perbaiki Jembatan Cibodas rusak di Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan saat meninjau jembatan Cibodas Curugkembar Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 12:30 WIB

Wajib Diterapkan Bund! 5 Tips Jitu Mengajari Anak Berpikir Sendiri Sejak Dini

Membesarkan anak yang tidak mengikuti orang banyak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Ilustrasi - Membesarkan anak agar mereka dapat berpikir sendiri menjadi tantangan bagi orang tua. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Grabowska).
Life12 Mei 2024, 12:00 WIB

Patut Diterapkan, 5 Cara Membangun Keterampilan Sosial Anak Dari Rumah

Aktivitas mudah yang berfokus pada mendengarkan, berinteraksi, dan bercerita ini akan membuat anak Anda tetap terlibat secara sosial sepanjang hari bahkan di rumah.
Ilustrasi - Membangun keterampilan sosial anak dapat dimulai dari rumah dengan hal sederhana. (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova).
Life12 Mei 2024, 11:30 WIB

Pria Wajib Tahu, 6 Ciri Cewek Matre yang Tidak Boleh Dijadikan Pasangan Hidup

Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. Mereka kerap menunjukkan sikap yang identik kesemuanya tentang materi dan uang semata
Ilustrasi - Ciri cewek matre atau mata duitan memang sangat mudah dikenali. (Sumber : Pexels/Andrea Piacquadio).
Tips12 Mei 2024, 11:11 WIB

Simak 4 Tips Mencari Lowongan Kerja yang Efektif

Anda yang baru lulus pendidikan atau sedang mencari lowongan pekerjaan, butuh perjuangan lebih untuk mendapatkan pekerjaan
Tips mencari lowongan kerja di Internet | Foto : Sukabumi Update
Bola12 Mei 2024, 11:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series dengan Kekuatan Terbaik!

Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya.
Hadapi Bali United di Championship Series, Persib siap tampil dengan kekuatan terbaiknya. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat12 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Darah Tinggi

Bagi penderita penyakit darah tinggi, beberapa sayuran ternyata memiliki dampak buruk. Karenanya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mereka.
Ilustrasi - Dampak buruk sayuran bagi penderita penyakit darah tinggi. (Sumber : Pexels/Sarah Chai).
Jawa Barat12 Mei 2024, 10:01 WIB

Temu Rembug LP3H EWI Kota Bandung dengan Pengurus Provinsi Jabar

Formatur Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Kota Bandung melaksanakan temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat
LP3H EWI Kota Bandung Temu Rembug dengan Pengurus Provinsi Jawa Barat | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 10:00 WIB

Tawa Dibalik Duka: 9 Ciri Seseorang yang Hidupnya Memiliki Luka Batin

luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku.
Ilustrasi - luka batin dapat memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan seseorang, baik secara mental, emosional, maupun perilaku. (Sumber : unplash/@Danie Franco)