Cara Daftar Mudik Gratis 2023 Kemenhub Lewat Aplikasi, Cek Persyaratannya

Senin 13 Maret 2023, 20:15 WIB
Ilustrasi. Berikut cara daftar mudik gratis 2023 yang diadakan Kementerian Perhubungan, bisa menggunakan aplikasi | Foto: jatengprov.go.id

Ilustrasi. Berikut cara daftar mudik gratis 2023 yang diadakan Kementerian Perhubungan, bisa menggunakan aplikasi | Foto: jatengprov.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk anda yang ingin pulang kampung saat lebaran nanti bisa mendaftar mudik gratis 2023 yang diadakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Ya, mudik memang menjadi salah satu tradisi menjelang lebaran yang ada di Indonesia. Di momen itu orang-orang yang berada di perantauan akan berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Berbagai macam transportasi kerap menjadi pilihan mulai dari roda dua, roda empat bahkan hingga menggunakan kereta api atau kapal laut.

Setiap tahun selalu ada program mudik gratis baik yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta. Seperti tahun ini program mudik gratis 2023 kembali diadakan Kemenhub. Untuk Anda yang ingin menjadi peserta mudik gratis ini bisa mendaftar secara online.

Baca Juga: Pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 Dikebut, Targetnya Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023

Melansir dari Tempo.co, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto menjelaskan persyaratan bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis 2023 yang diadakan Kemenhub. Pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi MitraDarat.

Suharto mengatakan, pengguna perlu mengunduh aplikasi Mitra Darat melalui App Store ataupun Play Store. Setelah itu, peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar seperti kartu tanda penduduk (KTP). “Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik,” ujar dia dalam konferensi pers virtual pada Senin, 13 Maret 2023.

Selanjutnya, kata Suharto, jika peserta akan mengikuti mudik-balik pulang pergi (PP), maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik. Namun, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih (tidak melayani pendaftaran hanya arus balik/urban).

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

Selain itu, peserta diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/ validasi ulang di posko yang telah ditentukan dan penukaran tiket. Di wilayah Jakarta lokasinya ada di pusatkan di Gor Bulungan dan Blok M Jakarta selatan.

“Sedangkan untuk wilayah Bodetabek ini ada di Terminal Depok, Terminal Margonda. Kemajuan di kantor Dishub Kota Tangerang, Terminal pondok Cabe di Tangerang Selatan, dan terakhir ada di wilayah Bekasi yaitu Terminal Kayu Puring,” tutur Suharto.

Apabila lewat H+7 itu peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/ hangus dan kuota yang kosong akan otomatis bertambah. Selain itu, peserta juga tidak bisa mendaftar ulang karena NIK diblok oleh sistem.

“Agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/ belum mendapatkan kuota mudik/ balik,” ucap dia.

Baca Juga: Bukan Bocimi! Jalan Tol Ini Bisa Dilewati Sepeda Motor, Satu-satunya di Indonesia

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, Suharto berujar, wajib membawa surat-surat kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara. Serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/ H-1 sebelum tanggal seremonial/ keberangkatan bus.

Syarat lainnya adalah peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/ balik. “Peserta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan,” kata Suharto.

Adapun soal mekanismenya, Suharto mengatakan, untuk angkutan barang sepeda motor menggunakan truk, ada penyerahan unitnya yaitu pada tanggal 16 April 2023. Pada saat penyerahan unit, akan diregistrasi untuk kemudian diangkut ke truk dan diberangkatkan ke tempat tujuan. “Kemudian tanggal 17 Aprilnya akan diberangkatkan.”

Baca Juga: 5 Tren Warna Tahun 2023, Yuk Cek Buat Inspirasi Baju Lebaran Nanti

Sedangkan untuk bus mekanismenya adalah pada 18 April 2023 ini nanti ada beberapa pemberangkatan yang difokuskan dari terminal tipe A di Jabodetabek. Yaitu terminal di Pulo Gebang, di Pondok Cabe, dan Jatijajar. Untuk pemberangkatan 19 April dari Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Poris Plawad.

Menurut Suharto, kegiatan mudik gratis itu sudah disimulasikan dan melakukan tahapan sosialisasi dari pekan lalu. “Setidaknya hari ini masyarakat sudah sebagian terinfo soal kegiatan mudik gratis ini. Sehingga hari ini pada pukul 14.00 kita buka,” tutur Suharto.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan pihaknya telah menyiapkan 858 bus untuk penumpang dan 30 unit truk untuk mengangkut sepeda motor. Dari 585 bus terbagi menjadi 459 bus untuk mudik dan 126 untuk arus balik.

“Jadi mudik gratis yang kami siapkan adalah untuk 24.072 orang itu untuk kuotanya. Berangkat mudiknya itu kita punya kuota 18.528 nanti untuk arus baliknya kita menyiapkan 5.544 penumpang,” ujar dia.

Sementara untuk 30 unit truk akan mengangkut sepeda motor dengan target 900 unit. Namun untuk pelaksanaannya dibagi menjadi dua, 450 unit saat mudik gratis, dan arus balik 450 unit.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)