Cara Daftar Mudik Gratis 2023 Kemenhub Lewat Aplikasi, Cek Persyaratannya

Senin 13 Maret 2023, 20:15 WIB
Ilustrasi. Berikut cara daftar mudik gratis 2023 yang diadakan Kementerian Perhubungan, bisa menggunakan aplikasi | Foto: jatengprov.go.id

Ilustrasi. Berikut cara daftar mudik gratis 2023 yang diadakan Kementerian Perhubungan, bisa menggunakan aplikasi | Foto: jatengprov.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk anda yang ingin pulang kampung saat lebaran nanti bisa mendaftar mudik gratis 2023 yang diadakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Ya, mudik memang menjadi salah satu tradisi menjelang lebaran yang ada di Indonesia. Di momen itu orang-orang yang berada di perantauan akan berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Berbagai macam transportasi kerap menjadi pilihan mulai dari roda dua, roda empat bahkan hingga menggunakan kereta api atau kapal laut.

Setiap tahun selalu ada program mudik gratis baik yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta. Seperti tahun ini program mudik gratis 2023 kembali diadakan Kemenhub. Untuk Anda yang ingin menjadi peserta mudik gratis ini bisa mendaftar secara online.

Baca Juga: Pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 Dikebut, Targetnya Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023

Melansir dari Tempo.co, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto menjelaskan persyaratan bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis 2023 yang diadakan Kemenhub. Pendaftaran mudik gratis tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi MitraDarat.

Suharto mengatakan, pengguna perlu mengunduh aplikasi Mitra Darat melalui App Store ataupun Play Store. Setelah itu, peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar seperti kartu tanda penduduk (KTP). “Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik,” ujar dia dalam konferensi pers virtual pada Senin, 13 Maret 2023.

Selanjutnya, kata Suharto, jika peserta akan mengikuti mudik-balik pulang pergi (PP), maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik. Namun, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih (tidak melayani pendaftaran hanya arus balik/urban).

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

Selain itu, peserta diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/ validasi ulang di posko yang telah ditentukan dan penukaran tiket. Di wilayah Jakarta lokasinya ada di pusatkan di Gor Bulungan dan Blok M Jakarta selatan.

“Sedangkan untuk wilayah Bodetabek ini ada di Terminal Depok, Terminal Margonda. Kemajuan di kantor Dishub Kota Tangerang, Terminal pondok Cabe di Tangerang Selatan, dan terakhir ada di wilayah Bekasi yaitu Terminal Kayu Puring,” tutur Suharto.

Apabila lewat H+7 itu peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/ hangus dan kuota yang kosong akan otomatis bertambah. Selain itu, peserta juga tidak bisa mendaftar ulang karena NIK diblok oleh sistem.

“Agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/ belum mendapatkan kuota mudik/ balik,” ucap dia.

Baca Juga: Bukan Bocimi! Jalan Tol Ini Bisa Dilewati Sepeda Motor, Satu-satunya di Indonesia

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, Suharto berujar, wajib membawa surat-surat kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara. Serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/ H-1 sebelum tanggal seremonial/ keberangkatan bus.

Syarat lainnya adalah peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/ balik. “Peserta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan,” kata Suharto.

Adapun soal mekanismenya, Suharto mengatakan, untuk angkutan barang sepeda motor menggunakan truk, ada penyerahan unitnya yaitu pada tanggal 16 April 2023. Pada saat penyerahan unit, akan diregistrasi untuk kemudian diangkut ke truk dan diberangkatkan ke tempat tujuan. “Kemudian tanggal 17 Aprilnya akan diberangkatkan.”

Baca Juga: 5 Tren Warna Tahun 2023, Yuk Cek Buat Inspirasi Baju Lebaran Nanti

Sedangkan untuk bus mekanismenya adalah pada 18 April 2023 ini nanti ada beberapa pemberangkatan yang difokuskan dari terminal tipe A di Jabodetabek. Yaitu terminal di Pulo Gebang, di Pondok Cabe, dan Jatijajar. Untuk pemberangkatan 19 April dari Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Poris Plawad.

Menurut Suharto, kegiatan mudik gratis itu sudah disimulasikan dan melakukan tahapan sosialisasi dari pekan lalu. “Setidaknya hari ini masyarakat sudah sebagian terinfo soal kegiatan mudik gratis ini. Sehingga hari ini pada pukul 14.00 kita buka,” tutur Suharto.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan pihaknya telah menyiapkan 858 bus untuk penumpang dan 30 unit truk untuk mengangkut sepeda motor. Dari 585 bus terbagi menjadi 459 bus untuk mudik dan 126 untuk arus balik.

“Jadi mudik gratis yang kami siapkan adalah untuk 24.072 orang itu untuk kuotanya. Berangkat mudiknya itu kita punya kuota 18.528 nanti untuk arus baliknya kita menyiapkan 5.544 penumpang,” ujar dia.

Sementara untuk 30 unit truk akan mengangkut sepeda motor dengan target 900 unit. Namun untuk pelaksanaannya dibagi menjadi dua, 450 unit saat mudik gratis, dan arus balik 450 unit.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sehat26 April 2024, 13:30 WIB

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah Sejumlah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)