6 Pantai Angker yang Punya Cerita Mistis di Indonesia, Salah Satunya di Sukabumi

Rabu 22 Mei 2024, 14:45 WIB
Ilustrasi Pantai angker yang punya cerita mistis di Indonesia (Sumber : Pexels.com/@arnaudaudoin)

Ilustrasi Pantai angker yang punya cerita mistis di Indonesia (Sumber : Pexels.com/@arnaudaudoin)

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia memiliki sejumlah pantai dengan pemandangan begitu indah dan populer. Akan tetapi dibalik semua itu tersimpan beberapa cerita serta aura mistis di dalamnya yang begitu melekat.

Mulai dari Pantai Pelabuhan Ratu hingga Parangtritis, aura mistis selalu menjadi kisah seram yang membuat merinding. Namun, anehnya bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan datang ke sana.

Lalu, pantai terkenal mana yang diyakini menyimpan aura mistis di Indonesia? Yuk simak di dalam ulasan berikut merangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang sudah tidak asing bagi penduduk pesisir selatan Jawa Barat, lebih tepatnya berlokasi di Sukabumi. Pantai satu ini memiliki cerita legenda mengenai dunia lain di bawah laut yang cukup menakutkan.

Penduduk setempat mempercayai kalau Pelabuhan Ratu dijaga oleh penguasa pantai selatan yang dikenal bernama Nyai Ratu Roro Kidul. Ada kepercayaan di sana agar orang-orang tidak disarankan mengenakan pakaian berwarna hijau ketika mendatangi tempat ini.

Karena menurut kepercayaan orang di pesisir pantai ini, jika memakai pakaian warna hijau akan diseret ombak dan dibawa ke dalam laut sebagai mangsa bagi singgasana sang ratu.

2. Pantai Panrang Luhu

Panrang Luhu adalah pantai yang tidak hanya populer dengan keindahan laut serta pemandangannya, tetapi juga terdapat kisah misteri di dalamnya dan terletak di Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kisah yang terkenal adalah seorang ratu bernama Sang Kawana jatuh cinta kepada anaknya sendiri dan hal itu membuat warga setempat marah sampai mengusirnya dari tempat tinggalnya sendiri.

Karena Sang Kawana murka akhirnya membalaskan dendam dengan cara menenggelamkan siapa saja yang berasal dari Luwu.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

3. Pantai Papuma

Pantai Papuma terletak di pesisir kota Jember, Jawa Timur, yang memiliki pasir putih dan batu karang begitu indah. Menurut cerita rakyat, orang akan hilang misterius tanpa jejak jika berani berenang di sekitar pantai tersebut.

Menurut keyakinan warga setempat bahwa korban yang menghilang di Papuma akibat ulah dari penguasa pantai Selatan, yakni Nyi Roro Kidul.

4. Pantai Parangtritis

Selain Papuma, pantai Parangtritis yang ada di pesisir Yogyakarta juga sangat terkenal keangkeran dengan kisah-kisah mistisnya. Pantai ini disebut-sebut sebagai pintu masuk menuju kerajaan Nyi Roro Kidul di pantai selatan. Bahkan cerita ini sangat legendaris mistisnya sampai dikenal seantero negeri.

5. Pantai Padang Galak

Pantai selanjutnya yang terletak di Denpasar, Bali, yaitu Padang Galak. Seperti diketahui kalau Bali dikenal sebagai pulau Indonesia dengan beragam keindahan pantainya hingga populer di dunia.

Ternyata dibalik keindahan itu rupanya pantai Padang Galak ada unsur mistis yang menyerupai pusaran laut dan bisa menenggelamkan orang. Konon, jika seseorang sudah tenggelam dalam pusaran misterius itu akan menjadi budak dari sosok mistis di dalamnya.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

6. Pantai Jembatan Panjang

Terakhir, pantai yang menyimpan misteri mistis adalah Jembatan Panjang yang terletak di pesisir Kota Malang. Sesuai namanya, pantai ini memang memiliki sebuah jembatan panjang yang melintas di atasnya.

Menurut kepercayaan di sana, jembatan tersebut selalu gagal dibangun karena para pekerja mengatakan ada pengaruh dunia mistis di dalamnya sehingga tidak diizinkan untuk membangun sesuatu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update