6 Tips Mendapat Keberkahan di Bulan Ramadan, Umat Muslim Yuk Simak!

Kamis 14 Maret 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Tips Agar Umat Muslim Mendapatkan Keberkahan di Bulan Ramadan 1445 H. Sumber: freepik.com/@freepik

Ilustrasi. Tips Agar Umat Muslim Mendapatkan Keberkahan di Bulan Ramadan 1445 H. Sumber: freepik.com/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak terasa umat Muslim sudah memasuki bulan Ramadan 1445 H. Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinanti dan ditunggu oleh umat Muslim diseluruh dunia. Di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa Ramadan sebagai rukun Islam ketiga. 

Bulan Ramadan juga punya banyak keberkahan dan kemuliaan di dalamnya. Selain puasa, umat Islam juga diwajibkan menjaga hawa nafsu, melakukan amal ibadah sebanyak-banyaknya, dan terus memohon ampunan atas segala dosa-dosanya kepada Allah SWT. Hal ini karena setiap amal ibadah kebaikan akan dilipatgandakan dan setiap dosa akan diampuni oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Resep Kolak Pisang Yogurt, Takjil Tanpa Santan Cegah Gula Darah Naik!

Di bulan Ramadan juga, pintu-pintu surga akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup. Selama bulan Ramadan, umat Islam perlu mempersiapkan fisik dan mental dengan baik. Tubuh dengan fisik dan mental yang baik dapat membantu dalam menjalani puasa Ramadan dan amal ibadah lain dengan maksimal. 

Apa saja tips agar bulan Ramadan penuh keberkahan? Yuk simak tipsnya berikut ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber!

Tips Agar Bulan Ramadan 1445 H Penuh Berkah

1. Bersyukur 

Seorang muslim wajib menyambut bulan Ramadan dengan penuh rasa syukur atas nikmat Allah Swt. Nikmat atas karunia-Nya berupa umur dan kesehatan karena telah diizinkan untuk kembali bertemu dengan bulan Ramadan. 

Rasa syukur yang dimiliki juga dapat membuat seorang muslim menerima segala sesuatu dengan positif sehingga ia dapat memaksimalkan dan memperbanyak amal ibadah di bulan Ramadan.

2. Memperbanyak Ibadah

Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk memperbanyak ibadah. Pasalnya, setiap pahala yang dilakukan di bulan ini akan dilipatgandakan oleh Allah Swt. Maka dari itu, seorang muslim sebaiknya memperbanyak terlebih dahulu agar hal tersebut dapat menjadi habbit dan mudah dijalaninya selama bulan Ramadan. 

Baca Juga: Mengenal Diabetes: Gejala, Jenis dan Cara Mengatasinya

Amal ibadah yang dapat ditingkatkan dapat berupa memperbanyak membaca Al-Qur’an, memperbanyak ibadah Sunnah, dan memohon ampunan dan kelancaran puasa kepada Allah SWT.

 

3. Mempersiapkan Fisik Dan Mental

Tubuh memerlukan fisik dan mental yang kuat dalam menjalani ibadah puasa Ramadan. Persiapan fisik yang dapat dilakukan berupa olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi, dan memperbanyak minum air putih. 

Selain fisik, persiapan mental juga perlu dilakukan agar ibadah yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik. Saat mental dalam keadaan baik, maka seorang muslim dapat mengatasi kemalasan saat beribadah. 

4. Memperdalam Ilmu Agama

Memperdalam ilmu agama perlu dilakukan agar ibadah yang dilakukan sesuai dengan syariat. Seorang muslim dapat mempelajari ibadah apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjalani puasa Ramadan, mencari tahu apa saja yang dapat membatalkan puasa, dan memperdalam ibadah sunah yang dapat dilakukan selama puasa. 

Selain itu, seorang muslim juga dapat mengikuti majelis ilmu agar ibadah puasa Ramadan dapat ditunaikan dengan afdal. 

Baca Juga: 8 Ciri Anak Stres Sendiri Karena Kurang Kasih Sayang Orang Tua

5. Membersihkan Lingkungan Rumah

Selain hati, rumah dan lingkungan juga diwajibkan bersih dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan keluarga saat menjalani puasa di bulan Ramadan.

Selain itu, membersihkan rumah juga bersama akan meningkatkan kedekatan dan kehangatan antar keluarga. Lingkungan yang bersih juga merupakan tuntunan Islam untuk berthaharah (membersihkan).

6. Mempersiapkan Kebutuhan Selama Ramadan

Mempersiapkan kebutuhan ibadah hingga dapur sangat penting. Pasalnya, persiapan yang cukup dapat mempermudah seorang muslim dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Kebutuhan ibadah yang dapat dipersiapkan meliputi seperangkat alat salat dan harta untuk disedekahkan. Sementara kebutuhan dapur diperlukan agar seorang muslim dapat memenuhi kebutuhannya saat sahur dan berbuka.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Stres Karena Dipaksa Belajar, Perhatikan Sikapnya Ya!

Itulah 6 tips agar bulan Ramadan penuh berkah bagi seorang muslim. Semoga tips tersebut dapat membantu Updaters dalam menjalani puasa di bulan Ramadan 1445 H dengan maksimal. Happy Ramadhan!

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram