10 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Kamis 05 Oktober 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi - ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang stres karena sering dimarahi orang tuanya. (Sumber : Pixabay.com/@sippakorn).

Ilustrasi - ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang stres karena sering dimarahi orang tuanya. (Sumber : Pixabay.com/@sippakorn).

SUKABUMIUPDATE.com - Anak stres akibat sering dimarahi oleh orang tua adalah masalah serius yang perlu ditangani dengan sensitif dan bijaksana. Orang tua memiliki peran yang penting dalam membantu anak mengatasi stres tersebut.

Anak yang terus-menerus mengalami stres memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, dan gangguan perilaku. Anak yang stres dan tidak diatasi dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan mental mereka.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu anak mengatasi stres akibat sering dimarahi:

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

1. Coba Bicara dengan Anak

Cobalah berbicara dengan anak Anda secara terbuka dan empati. Dengarkan perasaan dan pengalaman mereka tanpa menghakimi. Ini memberi mereka kesempatan untuk berbicara tentang apa yang membuat mereka stres.

2. Berikan Dukungan Emosional

Pastikan anak tahu bahwa Anda sebagai orang tua atau pengasuh mendukung mereka. Cobalah untuk memberikan dorongan positif dan ungkapkan cinta dan kasih sayang Anda. Ini adalah salah satu cara untuk mengatasi anak stres karena sering dimarahi

3. Ajarkan Keterampilan Mengatasi Stres

Ajarkan anak Anda cara mengatasi stres dengan baik, karena ini akan membuat anak merasa lebih diperhatikan. Ini bisa melibatkan latihan pernapasan dalam, meditasi, atau teknik relaksasi sederhana.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

4. Bantu Anak Memahami Emosi Mereka

Bantu anak Anda untuk memahami emosi mereka dan cara mengidentifikasi perasaan stres. Ini dapat membantu mereka mengelola emosi mereka dengan lebih baik dan bisa sebagai untuk mengatasi anak stres karena sering dimarahi.

5. Ajarkan Keterampilan Komunikasi

Ajarkan anak Anda keterampilan komunikasi yang sehat sehingga mereka dapat berbicara dengan orang tua mereka tentang perasaan mereka tanpa rasa takut. Ini adalah salah satu cara dalam mengatasi anak yang stres.

6. Beri Contoh yang Baik

Jadilah contoh yang baik dalam mengelola emosi dan konflik. Anak-anak sering meniru perilaku orang tua mereka. Dan ini juga menjadi cara dalam mengatasi anak stres karena sering dimarahi orang tua.

Baca Juga: 12 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

7. Kurangi Marah dan Kritik yang Berlebihan

Cobalah untuk mengurangi marah dan kritik yang berlebihan. Berbicaralah dengan lembut dan dengan kata-kata yang positif dan jangan menghukum anak secara berlebihan. Anak yang stres biasanya karena banyak dimarahi.

8. Ciptakan Lingkungan yang Aman

Pastikan rumah adalah tempat yang aman bagi anak Anda. Anak-anak perlu merasa nyaman dan aman di rumah karena ini merupakan salah satu kunci untuk mengatasi anak yang stres karena sering dimarahi.

9. Beri Waktu untuk Bersenang-senang

Pastikan anak Anda memiliki waktu untuk bersenang-senang dan bersantai. Aktivitas seperti bermain, berkumpul dengan teman-teman, atau mengejar hobi dapat membantu meredakan stres.

Baca Juga: 10 Ciri Kesehatan Mental Seseorang Alami Kekacauan, Kamu Juga Mengalaminya?

10. Pertimbangkan Bantuan Profesional

Jika anak Anda mengalami stres yang parah atau menunjukkan gejala gangguan kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang profesional kesehatan mental. Mereka dapat memberikan dukungan yang lebih khusus dan terstruktur.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola14 Mei 2024, 22:28 WIB

Hasil Leg 1 Championship Series Liga 1: Bali United vs Persib Berakhir Imbang 1-1

Laga sengit Persib Bandung vs Bali United di Leg 1 Championship Series Liga 1 berakhir imbang 1-1.
Striker Persib Bandung David da Silva cetak gol penyeimbang di injury time. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi14 Mei 2024, 21:58 WIB

Rahmat Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi Akan Diperiksa Kejiwaannya

Polisi bakal panggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri di Kalibunder Sukabumi.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi saat akan dimasukan ke sel. | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan14 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami, Yuk Biasakan!

Dengan membiasakan rutinitas malam yang sehat dan merawat kulit wajah secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bercahaya secara alami.
Ilustrasi. Mencuci Muka. Inilah Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:57 WIB

Ditusuk Nasabah, Debt Collector di Sukabumi Lapor Polisi Dalam Keadaan Pisau Menancap di Dagu

Berikut kronologi Debt Collector ditusuk nasabah nunggak di Sukabumi. Pelaku masih diburu polisi.
Korban penusukan di Sukabumi saat terbaring di rumah sakit. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Sehat14 Mei 2024, 19:30 WIB

Asam Urat: Jenis-jenis Ikan Laut Lengkap dengan Kandungan Purin Per 100 Gram

Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya.
Ilustrasi ikan laut mackerel - Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi14 Mei 2024, 19:29 WIB

Polisi Selidiki Kasus Belasan Murid SD Keracunan Jajanan di Sukaraja Sukabumi

Update kasus keracunan massal murid SD di Sukaraja Sukabumi, dua siswa masih belum masuk sekolah.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)