9 Alasan Seseorang Memilih Diam dan Memendam Masalahnya Sendiri

Kamis 14 September 2023, 19:45 WIB
Memilih untuk diam dan memendam masalah sendiri adalah respons yang dapat muncul dari berbagai alasan dan situasi. (Sumber : Freepik.com.)

Memilih untuk diam dan memendam masalah sendiri adalah respons yang dapat muncul dari berbagai alasan dan situasi. (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Seseorang dapat memilih untuk diam dan memendam masalahnya sendiri karena berbagai alasan yang berkaitan dengan perasaan, situasi, atau kepribadian individu.

Mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami situasi tersebut dan cenderung memilih untuk menghadapinya sendirian. Sebenarnya ini adalah hal umum yang dapat terjadi kepada siapa saja tak terkecuali kaum perempuan.

Alasan untuk memilih diam pun sangat beragam dan tidak bisa semua orang memahaminya. Namun, berikut ini ada beberapa faktor yang mungkin mendorong seseorang untuk melakukan ini meliputi:

Baca Juga: 7 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

1. Tidak Nyaman Untuk Berbicara

Seseorang mungkin merasa tidak nyaman atau takut untuk berbicara tentang masalah mereka. Mereka khawatir akan dihakimi, tidak dipahami, atau merasa malu. Ini akan membuatnya merasa masalahnya lebih baik dipendam.

2. Privasi

Beberapa masalah bersifat sangat pribadi dan pilihan individu untuk tidak membicarakannya bisa disebabkan oleh keinginan untuk menjaga privasi dan batasan pribadi mereka. Sebab, tidak semua masalah dapat diungkapkan kepada orang lain.

3. Tidak Mampu Menyampaikan Perasaan

Ada orang yang kesulitan menyampaikan perasaan atau berbicara tentang masalah emosional. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya keterampilan komunikasi atau rasa takut kehilangan kendali atas emosi mereka.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

4. Perasaannya Tidak Didengar

Jika seseorang merasa bahwa orang lain tidak akan mendengarkan atau memahami masalah mereka dengan baik, mereka mungkin lebih memilih untuk diam. Mereka akan berusaha untuk menyelesaikan masalahnya sendiri jika perasaannya tidak pernah dianggap.

5. Takut Memicu Konflik

Terkadang, masalah yang dibawa ke permukaan dapat memicu konflik atau ketidaksepakatan dengan orang lain. Ini bisa membuat seseorang memilih untuk memendam masalah daripada menghadapinya.

6. Mengendalikan Diri

Beberapa individu cenderung memproses masalah mereka secara internal terlebih dahulu sebelum berbicara dengan orang lain. Ini adalah cara mereka mencari pemahaman lebih dalam tentang masalah dan solusi yang mungkin.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Semakin Bahagia Setiap Harinya

7. Harapan untuk Menyelesaikan Sendiri

Ada yang merasa bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri tanpa melibatkan orang lain. Mereka ingin merasa mandiri dalam menghadapi masalah tanpa bantuan orang lain atau keluarga maupun sahabat dekatnya.

8. Serba Salah

Seseorang mungkin memilih untuk tidak membicarakan masalah mereka untuk melindungi perasaan atau kesejahteraan orang lain, terutama jika masalah itu terkait dengan orang yang mereka cintai.

9. Ketakutan

Ada yang takut bahwa jika mereka berbicara tentang masalah mereka, itu akan berdampak negatif pada hubungan atau situasi tertentu. Oleh karenanya mereka memilih diam daripada menimbulkan masalah dikemudian hari.

Baca Juga: 10 Sikap Sederhana yang Membuatmu Sangat Dirindukan Orang Lain

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel23 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Pilihan Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat

Berikut sederet pilihan minuman ideal bagi penderita asam urat, antara lain perbanyak minum air putih, kopi, susu rendah lemak, wine, dan teh hijau.
Air Lemon. Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Menyembuhkan Asam Urat Alami Tanpa Obat | Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company
Food & Travel23 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak!

Inilah Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Coba Pakai Daging Paha Fillet Agar Rasanya Lebih Enak!
Resep Membuat Ayam Katsu Simpel, Pakai Daging Paha Fillet Lebih Enak! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science23 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juni 2024, Sukabumi Cerah Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 29 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Rabu 23 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi22 Juni 2024, 22:37 WIB

Menteri LHK Bicara Soal Potensi Olahraga Trail Running di Cidahu Sukabumi

Menteri meminta Dirjen bersama para trail runner mengeksplorasi kawasan TNGHS.
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di acara Elang Jawa Trail Run di kawasan TNGHS, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sukabumi22 Juni 2024, 22:08 WIB

Terkubur! Penemuan Mayat Bayi Berhanduk Merah di Cidahu Sukabumi

Mayat bayi dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati Jakarta untuk diautopsi.
Mayat bayi yang ditemukan di tempat wisata Curug Dua Undak, tepatnya di Kampung Ciherang RT 04/02 Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Bola22 Juni 2024, 21:44 WIB

Tim Sepak Bola U-14 Kabupaten Sukabumi Raih Kemenangan Pertama di Kejurda

Kemenangan ini adalah modal dan semangat untuk pertandingan berikutnya.
Tim sepak bola U-14 Kabupaten Sukabumi di Stadion Wiradadaha Tasikmalaya pada Sabtu (22/6/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Juni 2024, 21:17 WIB

Semarakkan Idul Adha 1445 H, Srikandi PLN Sukabumi Tebar Berkah Daging Kurban

Kegiatan tebar berkah daging ini merupakan wujud nyata kepedulian PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi dan Srikandi PLN Sukabumi.
Srikandi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi menebar berkah daging kurban kepada masyarakat. | Foto: PLN
Film22 Juni 2024, 21:00 WIB

Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance

Drama korea bisa menjadi tontonan yang diminati banyak kalangan karena memiliki cerita menarik serta genre berbeda, sehingga bisa dinikmati oleh orang-orang. Salah satu genre paling disukai adalah kehidupan anak SMA.
Ada Permainan Mematikan, Berikut 11 Rekomendasi Drakor Anak SMA Non Romance (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi22 Juni 2024, 20:00 WIB

Tak Cukup Bukti Akibat Imunisasi, Penyebab Kematian Bayi di Sukabumi Masih Dikaji

Wita membantah bidan atau dokter yang melakukan imunisasi masih masa training.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kota Sukabumi drg Wita Darmawanti (kerudung biru) ketika mengikuti Zoom meeting dengan Komnas KIPI di Balai Kota Sukabumi pada Kamis, 20 Juni 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Musik22 Juni 2024, 20:00 WIB

Konser Dua Hari, Berikut Lagu yang Akan Dibawakan TREASURE di RELAY REBOOT TOUR

Boygrup TREASURE akan segera mendatangi Indonesia dengan menggelar konser bertajuk TREASURE RELAY REBOOT TOUR, di Indonesia GBK Senayan, Jakarta, selama dua hari.
Konser Dua Hari, Berikut Lagu yang Akan Dibawakan TREASURE di RELAY REBOOT TOUR (Sumber : instagram @/Yg_treasure_official)