5 Amalan Sunnah Berbuka Puasa di Bulan Ramadan, Sesuai Anjuran Rasulullah

Jumat 07 April 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Sunnah Buka Puasa Bulan Ramadan yang Dianjurkan Nabi Muhammad (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Sunnah Buka Puasa Bulan Ramadan yang Dianjurkan Nabi Muhammad (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak amalan sunnah di bulan Ramadan yang bisa dilakukan. Sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, salah satu sunnah bulan Ramadan adalah menyegerakan buka puasa.

Setelah menahan haus, lapar dan hawa nafsu ketika berpuasa, waktu maghrib yang ditandai dengan kumandang adzan langsung membawa kedamaian dan ketenangan hati.

Namun tak hanya itu, saat berbuka puasa, ada sunnah-sunnah yang dianjurkan dan diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk umat muslim yang mengikutinya. Sunnah berbuka puasa ini sering dilakukan oleh Rasulullah SAW selama berpuasa di zamannya.

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Khas Lebaran: Ada Putri Salju hingga Kacang!

Meski berbeda zaman, Sunnah berbuka puasa di bulan Ramadan berikut tetap bisa dilakukan agar puasa semakin berkah serta menambah pahala di bulan puasa.

Berikut sunnah berbuka puasa di bulan Ramadan dan termasuk sunnah Rasul, seperti dikutip via Tempo.co!

5 Amalan Sunnah Berbuka Puasa di Bulan Ramadan, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Sunnah buka puasa yang dilakukan Rasulullah adalah dengan menyegerakan berbuka puasa. Ketika waktu adzan Maghrib berkumandang maka segeralah berbuka puasa dengan takjil yang sudah disediakan.

Selain sesuai dengan sunnah nabi, menyegerakan berbuka puasa juga bagus untuk kesehatan karena bisa mengembalikan energi pasca seharian berpuasa. Hal ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098).

2. Berdoalah Sebelum Berbuka Puasa

Sunnah yang dianjurkan nabi dan perlu kita lakukan adalah berdoalah sebelum berbuka puasa. Membaca doa dapat membuat puasa semakin berkah dan senantiasa diberikan rahamt sepanjang bulan Ramadan.

Baca Juga: Viral Pemalakan Uang ke Sopir Truk, Bandit Pelaku Premanisme Diringkus Polisi

Adapun doa yang harus dibaca yaitu doa berbuka puasa dan doa lainnya, yakni:

Doa Berbuka Puasa

Bismillaahirrahmaannirrahiim Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya : "Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Selain itu, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca saat berbuka puasa, yaitu:

Dhahaba azh-zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Artinya: "Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah,” (HR. Abu Daud No. 2357, Hasan).

3. Sunnah berbuka puasa dengan kurma dan air putih

Berbuka puasa dengan kurma dan air putih juga merupakan Sunnah Rasulullah SAW. Nabi Muhammad menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis seperti kurma atau jika tidak ada, bisa membatalkan puasa dengan minum segelas air putih.

Sebagaimana dengan hadis Anas bin Malik:

"Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.” [HR Abu Dawud (no. 2356), Ad-Daruquthni (no. 240) dan Al-Hakim (I/432 no. 1576).

4. Tidak berlebihan ketika berbuka puasa

Terkadang kita 'lapar mata' ketika berpuasa, apa saja pengen dibeli dan dimakan saat waktu adzan magrib tiba. Seakan 'membalas dendam' untuk menyantap seluruh makanan saat berbuka puasa padahal hal itu baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menimbulkan rasa kantuk sehingga waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk beribadah justru terlewat.

Baca Juga: 154 Kasus Kriminal di Sukabumi: Mayoritas Narkotika, Pencurian dan Penganiayaan

Padahal, salah satu sunnah Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidak berlebihan ketika berbuka puasa dan berbukalah secukupnya.

5. Memberi makan kepada orang yang berbuka puasa

Sunnah terakhir yang dianjurkan Rasulullah untuk kita lakukan adalah dengan memberikan makan kepada orang yang berbuka. Memberikan makan kepada orang yang berbuka sangat besar pahalanya dan keberkahannya.

Tak heran, di bulan puasa banyak orang yang berbondong-bondong memberikan takjil gratis kepada orang yang membutuhkan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang artinya:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

SUMBER: TEMPO.CO | DWI LUCY SUSETIOWATI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science01 Maret 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 1 Maret 2024, Cek Kondisi Langit di Awal Bulan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 1 Maret 2024
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 1 Maret 2024 (Sumber : Instagram/eptilu.id)
Life01 Maret 2024, 05:00 WIB

Pernah Terjebak dalam Situasi Sulit? Cobalah Baca Doa Ini Saat Mengalaminya

Doa dapat menjadi sumber kekuatan, kedamaian, dan harapan saat terjebak dalam situasi sulit.
Doa dapat menjadi sumber kekuatan, kedamaian, dan harapan saat terjebak dalam situasi sulit. | Sumber: Pixabay.com (derudyarra)
Inspirasi29 Februari 2024, 23:54 WIB

Budaya Kerja Jadi Rahasia Kesuksesan Netflix, Bikin Betah Karyawan!

Terungkap rahasia kesuksesan netflix, budaya kerjanya bikin betah karyawan.
Gambar logo netflix. (Sumber : Pinterest)
Sukabumi29 Februari 2024, 23:54 WIB

Rindu Atraksi Barongsai, Ribuan Pengunjung Padati Bazar Cap Go Meh Kota Sukabumi

Ribuan pengunjung yang rindu atraksi Barongsai tumpah ruah penuhi Bazar Cap Go Meh di Kota Sukabumi. Ada juga bazar UMKM dilokasi acara Cap Go Meh
Ribuan Pengunjung padati Jalan Pajagalan Kota Dukabumi dapam acara Vazar Cap Go Meh pada Kamis (29/2/2024) | Foto : Asep Awaludin
Food & Travel29 Februari 2024, 23:49 WIB

Daftar 21 Merek Kurma Produk Israel, Banyak Beredar saat Ramadan

Masyarakat mulai membeli kurma seiring jelang bulan Ramadan tahun 2024. Namun Anda bisa memilah kurma yang akan Anda beli karena kurma produk Israel tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia.
Daftar 21 kurma produk Israel yang banyak beredar saat Ramadan | Foto : Pixabay
Internasional29 Februari 2024, 23:38 WIB

Innalillahi, Korban Meninggal Akibat Serangan Israel di Gaza Tembus 30 Ribu Jiwa

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Kamis 29 Februari 2024 menyebut jumlah kematian di Jalur Gaza sejak serangan Israel pada 7 Oktober lalu telah melampaui 30 ribu jiwa
Jumlah kematian di Jalur Gaza sejak serangan Israel pada 7 Oktober lalu telah melampaui 30 ribu jiwa | Foto: YouTube/Chiosphotos.gr
Nasional29 Februari 2024, 23:30 WIB

Stok Jagung Langka dan Mahal, PINSAR Desak Pemerintah Turun Tangan

Kalangan peternak ayam petelur yang tergabung dalam Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Petelur Nasional mendesak pemerintah campur tangan
Stok Jagung langka | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih29 Februari 2024, 23:23 WIB

Golkar Rebut 2 Kursi, 9 Caleg Dapil 3 Diprediksi Lolos DPRD Kabupaten Sukabumi

Berikut daftar nama Caleg Dapil 3 yang diprediksi menduduki kursi DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029.
Daftar 9 Caleg Dapil 3 Kabupaten Sukabumi yang diprediksi lolos ke Jajaway. (Sumber : Sukabumi Update)
Nasional29 Februari 2024, 23:17 WIB

Ambang Batas Parlemen 4 Persen Tidak Berlaku Mulai 2029

Mahkamah Konstitusi (MK) menghapus ketentuan ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen yang selama ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
Hakim Mahkamah Konstitusi | Foto : Ist
Sukabumi29 Februari 2024, 23:03 WIB

Ratusan Warga Datangi Balai Desa Wanasari Sukabumi Pertanyakan Pemotongan BPNT

Ratusan warga Desa Wanasari Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi mendatangi kantor Desa Wanasari mempertanyakan kaitan adanya dugaan pemotongan BPNT, Kamis 29/2/2024.
Ratusan warga ontroh balai desa Wanasari Surade Sukabumi pertanyakan pemotongan BPNT | Foto : Ragil Gilang