5 Amalan Sunnah Berbuka Puasa di Bulan Ramadan, Sesuai Anjuran Rasulullah

Jumat 07 April 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Sunnah Buka Puasa Bulan Ramadan yang Dianjurkan Nabi Muhammad (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Sunnah Buka Puasa Bulan Ramadan yang Dianjurkan Nabi Muhammad (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak amalan sunnah di bulan Ramadan yang bisa dilakukan. Sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, salah satu sunnah bulan Ramadan adalah menyegerakan buka puasa.

Setelah menahan haus, lapar dan hawa nafsu ketika berpuasa, waktu maghrib yang ditandai dengan kumandang adzan langsung membawa kedamaian dan ketenangan hati.

Namun tak hanya itu, saat berbuka puasa, ada sunnah-sunnah yang dianjurkan dan diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk umat muslim yang mengikutinya. Sunnah berbuka puasa ini sering dilakukan oleh Rasulullah SAW selama berpuasa di zamannya.

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Khas Lebaran: Ada Putri Salju hingga Kacang!

Meski berbeda zaman, Sunnah berbuka puasa di bulan Ramadan berikut tetap bisa dilakukan agar puasa semakin berkah serta menambah pahala di bulan puasa.

Berikut sunnah berbuka puasa di bulan Ramadan dan termasuk sunnah Rasul, seperti dikutip via Tempo.co!

5 Amalan Sunnah Berbuka Puasa di Bulan Ramadan, Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Sunnah buka puasa yang dilakukan Rasulullah adalah dengan menyegerakan berbuka puasa. Ketika waktu adzan Maghrib berkumandang maka segeralah berbuka puasa dengan takjil yang sudah disediakan.

Selain sesuai dengan sunnah nabi, menyegerakan berbuka puasa juga bagus untuk kesehatan karena bisa mengembalikan energi pasca seharian berpuasa. Hal ini juga sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098).

2. Berdoalah Sebelum Berbuka Puasa

Sunnah yang dianjurkan nabi dan perlu kita lakukan adalah berdoalah sebelum berbuka puasa. Membaca doa dapat membuat puasa semakin berkah dan senantiasa diberikan rahamt sepanjang bulan Ramadan.

Baca Juga: Viral Pemalakan Uang ke Sopir Truk, Bandit Pelaku Premanisme Diringkus Polisi

Adapun doa yang harus dibaca yaitu doa berbuka puasa dan doa lainnya, yakni:

Doa Berbuka Puasa

Bismillaahirrahmaannirrahiim Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya : "Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Selain itu, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca saat berbuka puasa, yaitu:

Dhahaba azh-zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Artinya: "Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah,” (HR. Abu Daud No. 2357, Hasan).

3. Sunnah berbuka puasa dengan kurma dan air putih

Berbuka puasa dengan kurma dan air putih juga merupakan Sunnah Rasulullah SAW. Nabi Muhammad menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis seperti kurma atau jika tidak ada, bisa membatalkan puasa dengan minum segelas air putih.

Sebagaimana dengan hadis Anas bin Malik:

"Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.” [HR Abu Dawud (no. 2356), Ad-Daruquthni (no. 240) dan Al-Hakim (I/432 no. 1576).

4. Tidak berlebihan ketika berbuka puasa

Terkadang kita 'lapar mata' ketika berpuasa, apa saja pengen dibeli dan dimakan saat waktu adzan magrib tiba. Seakan 'membalas dendam' untuk menyantap seluruh makanan saat berbuka puasa padahal hal itu baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menimbulkan rasa kantuk sehingga waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk beribadah justru terlewat.

Baca Juga: 154 Kasus Kriminal di Sukabumi: Mayoritas Narkotika, Pencurian dan Penganiayaan

Padahal, salah satu sunnah Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidak berlebihan ketika berbuka puasa dan berbukalah secukupnya.

5. Memberi makan kepada orang yang berbuka puasa

Sunnah terakhir yang dianjurkan Rasulullah untuk kita lakukan adalah dengan memberikan makan kepada orang yang berbuka. Memberikan makan kepada orang yang berbuka sangat besar pahalanya dan keberkahannya.

Tak heran, di bulan puasa banyak orang yang berbondong-bondong memberikan takjil gratis kepada orang yang membutuhkan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang artinya:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

SUMBER: TEMPO.CO | DWI LUCY SUSETIOWATI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:59 WIB

Polisi Ungkap Alasan Tak Autopsi Mayat Wanita yang Ditemukan di Sungai Cicatih Sukabumi

Mayat wanita setengah telanjang, berinisal EKS (25 tahun), warga Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Cicatih tidak dilakukan autopsi
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi02 Mei 2024, 19:44 WIB

Mimpi Ketua DPRD, Kabupaten Sukabumi Jadi Pertahanan Pangan hingga Tujuan Wisata

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan dirinya punya mimpi bahwa Kabupaten Sukabumi kedepan harus menjadi (lokasi) pertahanan pangan nasional.
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara | Foto: Dok. SU
Sehat02 Mei 2024, 19:30 WIB

3 Penyebab Utama Asam Urat yang Sering Dianggap Sepele, Tiba-tiba Sakit!

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. (Sumber : Freepik.com)