9 Fakta Menarik Segitiga Bermuda, Salah Satu Tempat Paling Misterius di Bumi

Minggu 02 April 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi. Segitiga Bermuda menjadi tempat paling misterius di Bumi karena sering menjadi tempat menghilangnya kapal dan pesawat secara misterius | Foto: iStock

Ilustrasi. Segitiga Bermuda menjadi tempat paling misterius di Bumi karena sering menjadi tempat menghilangnya kapal dan pesawat secara misterius | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Segitiga Bermuda merupkan sebuah wilayah laut di Samudra Atlantik yang terletak di antara Bermuda, Puerto Rico, dan Florida.

Wilayah ini terkenal karena sering dianggap menjadi tempat hulangnya banyak pesawat, kapal tanpa alasan jelas sehingga menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Namun, tidak ada penjelasan yang pasti mengenai fenomena di Segitiga Bermuda. Hal tersebut memunculkan banyak teori konspirasi yang berkembang mengenai penyebabnya.

Beberapa teori konspirasi yang paling terkenal adalah adanya aktivitas paranormal, pusaran air yang kuat, atau bahkan penjajahan alien.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Pulau Socotra yang Disebut Jadi Tempat Sembunyi Dajjal

Meskipun demikian, banyak ilmuwan dan pakar yang percaya bahwa fenomena di Segitiga Bermuda dapat dijelaskan oleh faktor-faktor alami seperti badai, arus laut yang kuat, dan adanya area yang relatif dangkal di daerah itu yang dapat menyebabkan kapal dan pesawat kehilangan keseimbangan dan mengalami kecelakaan.

Namun ada beberapa fakta menarik tentang Segitiga Bermuda yang perlu diketahui. Berikut fakta Segitiga Bermuda dilansir dari Tempo.co.

1. Titik terdalam Samudra Atlantik

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, titik terdalam di Samudra Atlantik dinamakan Milwaukee Depth. Palung ini berada sekitar 100 mil barat laut dari Puerto Rico yang ternyata, letaknya berada tepat di wilayah Segitiga Bermuda. Palung ini berada di kedalaman 27.493 kaki atau 8.380 meter di kedalaman Milwaukee.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Game Troublemaker, Buatan Indonesia yang Dinantikan

2. Banyak Kapal dan Pesawat Hilang Secara Misterius

Segitiga Bermuda dikenal sebagai wilayah misterius karena banyak kapal atau pesawat menghilang di kawasan ini.

Masih dilansir dari sumber yang sama, laporan kejadian misterius seperti hilangnya kapal dan pesawat terbang di Segitiga Bermuda bukan hanya terjadi beberapa tahun belakangan saja melainkan sudah ada sejak pertengahan abad ke-19.

Menurut britannica.com, sekitar 50 kapal dan 20 pesawat hilang di Segitiga Bermuda. Meski begitu, jumlah pastinya tidak diketahui.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Plastik, Dalam Setahun Mampu Membunuh 1 Juta Hewan Laut

3. Pusat Badai

Dilansir dari britannica.com, wilayah Segitiga Bermuda ini sering terjadi badai tropis dan angin topan. Bahkan saat badai besar sedang melanda, ombak di Segitiga Bermuda bisa mencapai ketinggian 30.5 meter. Sehingga saat badai datang, wilayah ini cukup berbahaya untuk pesawat atau kapal yang melewatinya.

4. Wilayahnya Tidak Diakui

Seperti diketahui, wilayah Segitiga Bermuda diyakini berbentuk segitiga namun tidak terlihat jelas di peta dunia. Segitiga Bermuda memiliki bentuk segitiga yang samar-samar.

Meski terletak di Samudera Atlantik, namun Segitiga Bermuda juga tidak resmi diakui sebagai wilayah Samudera Atlantik.

Baca Juga: Pria Nekat Panggil Nyi Roro Kidul di Pinggir Laut Viral di TikTok, Begini Endingnya

5. Lalu Lintas Padat

Meski dianggap menakutkan bagi sebagian orang karena memiliki banyak misteri yang belum terpecahkan, namun justru Segitiga Bermuda memiliki situasi lalu lintas yang padat.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com Segitiga Bermuda menopang lalu lintas laut setiap hari, baik melalui laut maupun udara. Bahkan Segitiga Bermuda merupakan salah satu jalur pelayaran yang paling banyak dilalui di dunia.

6. Tidak Termasuk Perairan Berbahaya

Terlepas dari segala misteri yang adam ternyata Segitiga Bermuda tidak termasuk dalam perairan berbahaya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Lautan, Tempat di Bumi yang Menyimpan Banyak Misteri

Pada tahun 2013 World Wildlife Fund (WWF) melakukan studi mendalam tentang jalur pelayaran maritim, mereka kemudian menetapkan bahwa Segitiga Bermuda bukan salah satu dari 10 perairan paling berbahaya di dunia untuk pelayaran.

7. Tidak Memiliki Luas yang Pasti

Segitiga Bermuda berada di wilayah Samudra Atlantik dan diperkirakan dibatasi oleh pantai tenggara Amerika Serikat, Bermuda dan Puerto Rico.

Namun karena batas wilayahnya tidak jelas, maka luas wilayahnya pun tidak bisa diketahui. Selama ini luas Segitiga Bermuda hanya sebatas perkiraan saja.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Temuan Gunung Bawah Laut di Pacitan, Tumbukan Lempeng Indo-Australia

8. Berawal dari Christopher Columbus

Misteri tentang Segitiga Bermuda ternyata berawal sejak tahun 1492. Saat itu, penjelajah terkenal Christopher Columbus pernah berlayar melewati Segitiga Bermuda. Namun katanya jarum kompas miliknya berubah-ubah.

9. Legenda Populer

Legenda Segitiga Bermuda pernah ditulis oleh penulis Amerika bernama Charles Berlitz. Ia mempopulerkan legenda Segitiga Bermuda dalam buku terlarisnya The Bermuda Triangle (1974).

Dalam bukunya, Berlitz mengklaim bahwa pulau Atlantis kuno yang hilang, masih berhubungan dengan kasus penghilangan misterius di Segitiga Bermuda.

Sumber: Tempo.co/Rizki Dewi Ayu

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)